4 Lokasi Air Terjun di Desa Somosari Jepara

Advertisement

Kabupaten Jepara yang terkenal akan kecantikan kepulauan Karimunjawa ini ternyata menyimpan banyak wisata alam yang tak kalah indahnya. Seperti 4 lokasi air terjun di Desa Somosari, panorama alam masih alaminya tak akan mengecewakan. Yuk simak ulasannya.

1. Air Terjun Banyu Anjlok

air terjun banyu anjlok
Ilustrasi via instagram hamzzsn_

Air Terjun Banyu Anjlok ini memiliki jalur menuju air terjun yang cukup menantang. Teman Traveler harus trekking melalui jalan yang langsung jurang pada sisinya, jadi harus dibutuhkan ekstra hati-hati. Kurang lebih 30 menit atau 1 jam perjalanan hingga sampai tujuan.

keindahan air terjun ini akan melepaskan semua kelelahan usai trekking, aliran air yang segar mampu membuat Teman Traveler merasa tenang. Apalagi, tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmatinya, cukup sediakan uang parkir sebesar Rp 5.000-Rp 10.000 saja.

Air Terjun Banyu Anjlok berlokasi di Desa Somosari, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, buka setiap hari dan selama 24 jam.

2. Air Terjun Dong Paso

air terjun dong paso
Ilustrasi via instagram a.la_zamy

Selanjutnya ada Air Terjun Dong Paso atau Kedung Paso pada lokasi yang sama di Desa Somosari. Memiliki keindahan alami dengan pemandangan hijau pepohonan serta dua tebing yang menghimpit aliran air terjun. Secercah cahaya matahari dari ujung air menambah syahdu suasana sejuknya.

Akses menuju air terjun harus melewati perkebunan warga serta aliran sungai yang jernih. Setelah sampai Teman Traveler bisa berenang di sini dan aman karena kedalaman air sekitar 3 meter saja. Harga tiket gratis, hanya perlu menyiapkan biaya parkir Rp 5.000-Rp 10.000.

3. Air Terjun Kedung Bobot

air terjun kedung bobot
Ilustrasi via instagram phirinz

Air Terjun Kedung Bobot memiliki keindahan yang masih alami dan asri, memang tidak terlalu tinggi dari air terjun lainnya tetapi tetap panorama alamnya sangat menyejukkan hati. Akses menuju air terjun juga cukup mudah dengan melewati persawahan warga.

Air debit di sini sangat deras apalagi saat musim hujan, namun saat musim kemarau air yang mengalir kecil, terkadang kering juga. Untuk tiket masuknya masih gratis, cukup sediakan biaya parkir Rp 5.000-Rp 10.000 saja.

4. Air Terjun Setatah

air terjun setatah
Ilustrasi via instagram phirinz

Selanjutnya ada Air Terjun Setatah sama seperti Air Terjun Kedung Bobot yang masih asri dan alami, suasananya juga tenang. Sangat cocok sebagai lokasi refreshing sejenak dari rutinitas.

Air debitnya juga deras meskipun saat musim kemarau. Teman Traveler harus trekking melewati persawahan warga dan jalan setapak, nikmati keindahan sepanjang jalan yang juga menenangkan. Apalagi, tiket masuknya gratis lho!

Demikian ulasan air terjun di Desa Somosari, Kabupaten Jepara. Bisa dijadikan referensi wisata alam saat ke Jawa Tengah.

Advertisement
Tags
Air Terjun Banyu Anjlok Air Terjun Dong Paso Air Terjun Jepara Air Terjun Kedung Bobot Air Terjun Setatah Desa Somosari wisata jepara
Share