Bertualang ke Air Terjun Takapala, Saksikan Indahnya Pelangi di Malino

Advertisement

Malino merupakan salah satu daerah wisata di Sulawesi Selatan. Letaknya di daerah perbukitan, jadi iklimnya sejuk dan cocok dijadikan tempat liburan. Dari sekian banyak tempat wisata di Malino, salah satu yang pantang terlewat adalah Air Terjun Takapala.

Air Terjun Takapala berada di sebelah barat Gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobattang. Jika beruntung, pengunjung bahkan bisa melihat pelangi di sini. Penasaran seperti apa keseruannya? Simak penuturan kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia.

Indahnya Pelangi dan Batuan Alam

Melihat pelangi di Air Terjun Takapala via Instagram aziskuba
Melihat pelangi di Air Terjun Takapala via Instagram aziskuba

Air terjun Takapala dikelilingi tebing-tebing curam yang menjulang tinggi dan hutan rimbun. Tingginya mencapai 109 meter dengan debit air cukup tinggi. Ketika musim penghujan, aliran air bakal lebih deras lagi. Di bagian bawah terdapat kolam untuk bermain air atau berenang. Tapi disarankan tetap berhati-hati karena arus di sekitarnya cukup deras.

Tingginya debit air membuat Air Terjun Takapala ini sering dihasi kabut, hingga tak jarang pengunjung bisa melihat pelangi di bagian dasarnya. Bagi yang suka tantangan, bisa juga coba menjelajah goa di balik air terjun.

Tebing hasil pendinginan magma via Instagram ayodolan
Tebing hasil pendinginan magma via Instagram ayodolan

Daya tarik lain Takapala adalah bebatuan di sekitarnya. Batu-batu tersebut berjenis columnar joint dan berbentuk pilar. Menurut beragam sumber, batuan alam unik ini terbentuk dari leburan magma Gunung Lompobattang yang mendingin.

Bagi pecinta fotografi, kawasan ini cocok dijadikan tempat hunting foto bertema alam. Tangkap indahnya panorama air terjun berhiaskan pelangi atau abadikan ekostisnya hutan pinus di tengah perjalanan menuju Takapala.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala di Malino via Instagram seconderaofmoles
Air Terjun Takapala di Malino via Instagram seconderaofmoles

Takapala berada di Desa Bontolerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Makassar, kira-kira 90 kilometer.

Jika tak ingin tersesat, pengunjung dengan kendaraan pribadi bisa langsung mengandalkan panduan dari aplikasi Maps. Bagi yang ingin menggunakan kendaraan umum, berangkat saja dari terminal Mallengkeri, Makassar. Ambil jurusan ke Terminal Sungguminasa dan lanjutkan perjalanan dengan angkot menuju Malino.

Harga Tiket Masuk

Hutan pinus air terjun Takapala via Instagram markassyahriadi
Hutan pinus air terjun Takapala via Instagram markassyahriadi

Pengunjung cukup mengeluarkan uang tiga ribu rupiah untuk bisa masuk kawasan ini. Dengan harga yang begitu murah, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam dan kesejukan udara sekitar Air Terjun Takapala.

Fasilitas yang Tersedia

Pemandangan alam Air Terjun Takapala via Instagram arifin_wongso
Pemandangan alam Air Terjun Takapala via Instagram arifin_wongso

Fasilitas di kawasan wisata Malino ini lumayan lengkap. Terdapat area parkir memadai dan beragam pilihan warung makan. Bagi yang ingin bermalam, tersedia penginapan dengan harga lumayan terjangkau. Wisatawan yang membawa keluarga besar bisa menyewa villa jika membutuhkan akomodasi lebih luas.

Bagaimana, sudah tertarik berwisata ke Air Terjun Takapala? Tunggu apalagi, langsung ajak teman-teman dan keluarga jalan-jalan ke Malino di liburan kali ini.

Advertisement
Tags
Malino Wisata
Share