Air Terjun Watu Lumpang dengan Aliran Air Berundak yang Eksotis

Advertisement

Tahura atau Taman Hutan Raya Raden Soerjo yang berada di kawasan Kota Batu berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto, tepatnya di Desa Sumber Brantas memang terkenal akan keasrian tempatnya. Tahura R. Soerjo menyimpan satu destinasi wisata air terjun yang masih begitu asri, yaitu Watu Lumpang.

Dengan suasana sejuk dan asri, tempat ini begitu cocok buat kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan menyegarkan diri. Tidak cuma suasana alamnya, kamu juga bisa mendapatkan banyak spot foto menarik hingga tempat nongkrong di sini.

Area Wisata Air Terjun Watu Lumpang Makin Terawat

Untuk kamu yang berwisata ke Kota Batu, sempatkan untuk datang ke objek wisata Air Terjun Watu Lumpang. Dari luar saja, sekarang sudah terlihat pembenahannya dan semakin terlihat terawat. Datang ke destinasi wisata ini bisa kita tempuh dengan waktu sekitar 40 menit dari pusat Kota Batu.

Welly Handoko/Travelingyuk

Lokasi wisata ini berada setelah Air Terjun Watu Ondo. Kamu tidak akan kesulitan menemukannya karena ada sebuah gapura besar di depan area wisata. Sampai di air terjun ini, kamu akan disambut dengan area parkir yang rapi dengan paving dan taman-taman bunga di sekelilingnya.

Welly Handoko/Travelingyuk

Tepat di sebelah kanan pintu masuk, bisa ditemukan loket untuk pembayaran. Dengan hanya membayar Rp10 ribu per orang, Rp50 ribu untuk turis asing, Rp3 ribu untuk parkir motor, dan Rp5 ribu untuk parkir mobil, kamu sudah bisa masuk ke area wisata ini. Harga tiket masuk yang tergolong terjangkau ini dimanfaatkan pengelola untuk terus membenahi dan merawat segala fasilitas yang ada di objek wisata ini.

Banyak Spot Foto Mulai dari Area Depan Objek Wisata

Untuk Teman Traveler yang suka berfoto, kawasan air terjun ini akan sangat memanjakan. Dari mulai pintu masuk utama pun sudah disuguhi spot-spot foto yang sangat menarik, salah satunya ada di sisi kiri pintu masuk.

Welly Handoko/Travelingyuk

Di area ini, kamu akan mendapati banyak sekali spot foto, diantaranya yang paling menyita perhatian adalah spot foto berupa perahu layar yang terbuat dari bambu lengkap dengan layar dan bendera di ujungnya. Kamu bisa berfoto di sini langsung menghadap pemandangan hutan liar di depannya.

Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan sedikit ke arah dalam area parkir kendaraan, juga akan banyak ditemukan spot-spot foto yang berupa rumah-rumah kurcaci kecil yang berwarna-warni. Sayangnya, karena rumah-rumah ini sangat kecil kamu tidak bisa menaikinya. Jadi hanya diperbolehkan untuk berfoto di depan ruman-rumah kurcaci ini.

Welly Handoko/Travelingyuk

Masih di area yang sama, kamu akan menemukan jembatan kayu dengan banyak hiasan ranting dengan bintang-bintang kertas warna-warni di atasnya. Jembatan ini selain bisa digunakan sebagai spot berfoto juga bisa membawa kita ke spot foto yang lebih banyak lagi di seberangnya. Kebanyakan spot fotonya masih berupa rumah-rumah kurcaci dan juga rumah-rumah pohon.

Welly Handoko/Travelingyuk

Selain banyak spot foto yang memang sudah disediakan di area depan wisata air terjun, di tengah perjalanan menuju arah air terjun kita juga akan menemukan sebuah bangunan gazebo unik. Gazebo ini tidak punya atap, tapi punya banyak hiasan yang akan melambai-lambai sangat cantik saat tertiup angin. Ini menjadikan tempat ini juga cocok untuk kita jadikan tempat berfoto.

Jalan Makin Nyaman di Paving

Kalau buat pengunjung Air Terjun Watu Lumpang yang sudah pernah ke tempat ini beberapa kali, pasti akan menyadari banyak sekali perubahan di area wisata ini. Yang paling terlihat adalah jalanan menuju area air terjun yang sudah dipaving rapi. Tentu ini akan sangat memudahkan pengunjung untuk berjalan tanpa takut becek seperti dulu.

Welly Handoko/Travelingyuk

Perbaikan akses yang dilakukan di Watu Lumpang ini sudah sangat menyeluruh bahkan hingga ke area plataran air terjun pun sudah mulai dipasang paving. Mungkin memang sebagian orang akan berpikir dengan dipaving rapi seperti sekarang akan sedikit menghilangkan kesan alami.

Welly Handoko/Travelingyuk

Tapi sangat wajar kalau pengelola memperbaiki fasilitas yang ada di objek wisata ini, karena yang datang berkunjung adalah orang-orang dengan segala umur yang membutuhkan kemudahan akses untuk menikmati keindahan air terjun dari dekat.

Air Terjun Watu Lumpang yang Sejuk dan Segar

Air Terjun Watu Lumpang
Welly Handoko/Travelingyuk

Ketika sampai di depan air terjun, mungkin memang kamu tidak akan melihat air terjun yang sangat tinggi. Tapi Air Terjun Watu Lumpang punya debit air sangat deras dan megah karena lumayan luas. Air yang jatuh pun sangat jernih yang semakin membuat indah pemandangan air terjun ini jika dilihat dari jauh, ditambah lagi rimbun dan hijaunya pepohonan di sekitarnya.

Air Terjun Watu Lumpang
Welly Handoko/Travelingyuk

Tepat di bawah air terjun, kamu akan menemukan aliran air yang berundak-undak rapi dan sangat bening airnya. Walaupun tidak bisa digunakan untuk mandi karena kedalaman aliran air ini sangat dangkal, tapi kita akan dibuat takjub dengan jernihnya air yeng mengalir deras di sini. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa sekedar bermain air walaupun tanpa mandi menceburkan diri ke sungai.

Fasilitas yang Banyak Pembaruan

Welly Handoko/Travelingyuk

Pembenahan yang sangat terlihat di objek wisata Air Terjun Watu Lumpang ada pada perbaikan fasilitas umum atau infrastruktur. Salah satu bangunan yang masih terlihat baru dan sangat terawat adalah toilet. Toilet dengan dinding cokelat bernuansa kayu ini berdiri di antara tanaman bunga dan pepohonan hijau. Di dalam kamar mandi juga disediakan tempat sampah agar pengunjung sadar untuk selalu menjaga kebersihan.

Welly Handoko/Travelingyuk

Selain toilet, pembaruan dan juga penambahan fasilitas ada di sebuah bangunan musala sebagai tempat ibadah. Letak bangunan ini berada di sisi jalan berpaving menuju area air terjun dan lokasinya tidak jauh dari bangunan toilet.

Welly Handoko/Travelingyuk

Selain fasilitas umum toilet dan juga sarana ibadah, penambahan beberapa tempat duduk dan juga beristirahat menjadi perhatian tersendiri. Ini membuat kamu bisa dengan mudah menemukan beberapa gazebo atau tempat untuk sekedar duduk-duduk santai.

Ada Tempat Ngopi Asik

Saat mengunjungi wisata Air Terjun Watu Lumpang, kamu tidak hanya disuguhi keindahan air terjunnya saja. Objek wisata ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat nongkrong.

Welly Handoko/Travelingyuk

Tepat di sisi kiri pintu masuk ke area wisata air terjun ini, ada sebuah bangunan terbuat dari kayu yang difungsikan sebagai kedai kopi. Tentu saja ngopi di tempat ini sangat mengasikkan karena kita disuguhi pemandangan hijaunya pepohonan hutan, ditambah dengan pemandangan hilir mudik kendaraan yang melewati jalanan berliku di depan area wisata Watu Lumpang.

Wisata alam yang berada di antara Kota Mojokerto dan Kota Batu ini, wajib banget kamu kunjungi. Cocok buat Teman Traveler yang ingin melipir dan beristirahat sejenak dari kesibukan di perkotaan. Suasana alam yang asri nan sejuk selalu bisa membuat pikiran dan badan segar kembali.

Advertisement
Tags
Air Terjun di Batu Air Terjun di Malang air terjun di Mojokerto air terjun jawa timur Air Terjun Watu Lumpang wisata alam di batu wisata alam di Malang Raya wisata alam jawa timur Wisata Alam Mojokerto
Share