5 Atraksi Wisata Di Berlin Yang Wajib Anda Kunjungi

Advertisement

Berlibur ke Jerman tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Berlin, terutama untuk Anda yang mengaku suka seni. Kota ini memang dikenal dengan galeri seninya yang keren. Selain itu, Berlin juga memiliki arsitektur bangunan yang menawan, sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mengabadikan keindahan itu dengan kamera.

Eits bukan cuma itu lho. Sejak abad ke-13, Berlin sendiri telah menjadi pusat budaya di Jerman. Itulah mengapa banyak sekali monumen dan landmark yang bisa Anda temukan di kota ini. Nah, agar momen liburan Anda jadi lebih lengkap, berikut adalah lima atraksi wisata di Berlin yang wajib dikunjungi.

1. Gerbang Brandenburg

Gerbang Brandenburg merupakan salah satu atraksi wisata yang paling sering dikunjungi di Jerman. Landmark ini memang sangat terkenal di Berlin, sehingga selalu dipadati oleh wisatawan. Usut punya usut, gerbang ini dibangun atas perintah Raja Prusia Frederick William II sebagai tanda perdamaian.

Gerbang Brandenburg [Image source]
Gerbang Brandenburg [Image source]
Saat itu, Frederick memerintahkan seorang arsitek bernama Carl Gotthard Langhans untuk menyelesaikannya. Dan pembangunan gerbang ini pun kemudian dimulai dari tahun 1788 sampai 1791. Namun, gerbang ini sempat mengalami kerusakan parah selama Perang Dunia II. Sampai akhirnya, pemerintah Jerman kembali melakukan renovasi menyeluruh pada gerbang tersebut, mulai dari tahun 2000 hingga 2002.

2. Tembok Berlin

Bicara tentang Jerman, siapa pun pasti akan langsung teringat pada Tembok Berlin. Ya, Tembok Berlin memang menjadi salah satu landmark Jerman yang bukan hanya ikonik, tapi juga sarat sejarah. Tembok ini sengaja dibangun untuk memisahkan antara Jerman bagian barat dan timur. Namun pada November 1989, pergolakan politik yang terjadi di Jerman berhasil menjatuhkan Tembok Berlin, yang kemudian menandai penyatuan negara tersebut.

Tembok Berlin [Image source]
Tembok Berlin [Image source]
Meski sebagian besar dari tembok itu sudah diratakan, para wisatawan masih bisa melihat sisa runtuhannya di sepanjang sungai Spree di Muhlenstrasse, Friedrichshain. Sisa reruntuhan Tembok Berlin yang masih berdiri itu kini dikenal sebagai East Side Gallery. Dan tembok itu sekarang dipenuhi dengan lukisan-lukisan indah yang dibuat oleh seniman lokal Jerman.

3. Checkpoint Charlie

Checkpoint Charlie juga merupakan salah satu landmark dari Berlin yang banyak dipadati oleh wisatawan. Atraksi ini berada di perbatasan Berlin Mitte dan Kreuzberg. Sebenarnya apa sih Checkpoint Charlie itu? Ini adalah sebuah persimpangan yang dulunya didesain untuk warga non-Jerman dan anggota tentara sekutu.

Checkpoint Charlie [Image source]
Checkpoint Charlie [Image source]
Bisa dibilang, Checkpoint Charlie adalah situs yang sangat penting dalam Perang Dingin, sehingga itu sangat layak untuk dikunjungi. Sekarang, tempat ini telah dipenuhi oleh vendor-vendor yang tak terhitung jumlahnya, yang menjual suvenir dan makanan untuk para wisatawan.

4. Fernsehturm Atau Menara Televisi

Ketika menginjakkan kaki di Berlin, mata Anda pasti akan langsung terpaku pada sebuah menara yang menjulang tinggi di kota tersebut. Itu adalah Fernsehturm atau dalam bahasa Indonesia disebut Menara Televisi. Menara ikonik itu dibangun antara tahun 1965 dan 1969.

Fernsehturm Atau Menara Televisi [Image source]
Fernsehturm Atau Menara Televisi [Image source]
Pembangunan menara ini memang dimaksudkan sebagai simbol Berlin. Dan hingga hari ini, menara itu tetap berdiri kokoh dan bisa dilihat dari segala sisi Berlin. Dengan tinggi mencapai 368 meter, Fernsehturm pun dianggap sebagai struktur tertinggi di Jerman dan yang kedua di Uni Eropa.

5. Gendarmenmarkt

Gendarmenmarkt adalah salah satu area terbuka yang paling menakjubkan di Kota Berlin, yang berada di dekat Friedrichstraße, pusat perbelanjaan eksklusif di Berlin. Tempat ini umumnya didatangi oleh wisatawan yang memiliki hobi fotografi. Sebab, di sini Anda bisa menemukan berbagai arsitektur keren yang sangat pas untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Gendarmenmarkt [Image source]
Gendarmenmarkt [Image source]
Di tengah-tengah Gendarmenmarkt, berdiri sebuah patung monumental dari seorang penyair ternama Jerman, Friedrich Schiller. Tempat ini dibangun pertama kali pada tahun 1688 oleh Johann Arnold Nering. Dari tempat ini, Anda bisa menikmati keindahan arsitektur dari Franzoesischer Dom, Deutscher Dom, dan Konzerthaus. Itulah keistimewaan dari Gendarmenmarkt, yang banyak diburu oleh para wisatawan.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda semakin tertarik untuk berkunjung ke Berlin? Tentunya, ada banyak hal seru yang bisa Anda lakukan di ibukota Jerman itu. Jadi, tunggu apalagi? Yuk masukkan kota ini ke dalam daftar jalan-jalan Anda selanjutnya!

Advertisement
Tags
Berlin jerman Luar negeri Wahana Wisata
Share