Go International! Pengumuman di Bandara Ini Gunakan Bahasa Jawa

Advertisement

Kabar masuknya Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dalam daftar 100 bandara terbaik di dunia menjadi kabar baik bagi rakyat Indonesia. Bandar udara satu ini memang tengah giat-giatnya berinovasi dan menambah fasilitas untuk penumpang. Tak hanya Soetta, ternyata bandara di Yogyakarta juga banyak melakukan perubahan loh. Kerennya, mereka juga dikabarkan memberikan pengumuman untuk penumpang dalam bahasa Jawa. Nah, penasaran kan?

Bandara Jogja dengan Fasilitas Jempolan

Adi Sucipto Airport
Adi Sutjipto Airport [image source]
Salah satu bandara yang saat ini masih beroperasi di Jogja adalah Bandara Internasional Adi Sutjipto. Kendati daerah istimewa ini akan memiliki bandara baru di Kulon Progo, Adi Sutjipto masih terus berbenah. Tidak hanya di segi keselamatan, mereka juga mengutamakan keamanan serta pelayanan kepada penumpang. Bukan hanya di dalam bandara, mereka juga telah memasang kanopi di sepanjang akses jalan kaki dari terminal A ke terminal B atau sebaliknya. Belum lagi dengan penambahan kursi tunggu, reading corner hingga playground. Keren kan?

Bandara Adi Sutjipto
Bandara Adi Sutjipto [image source]

Pengumuman Berbahasa Jawa yang Menarik Perhatian Dunia
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=UiGRZjWxdAM]

Selain pembenahan hingga penambahan fasilitas, ternyata bandara Adi Sutjipto yang berada di bawah PT. Angkasa Pura I (Persero) juga membuat kejutan untuk traveler. Yap, apalagi kalau bukan pengumuman atau penyampaian informasi announcement yang menggunakan menggunakan 3 bahasa, yaitu Inggris, Indonesia serta Jawa. Bukan tanpa alasan, pemakaian bahasa Jawa ini sebagai salah satu langkah untuk mengenalkan dan mempromosikan bahasa daerah kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Acara di Bandara Adi Sutjipto
Acara di Bandara Adi Sutjipto [image source]

Fotoboth di Adi Sutjipto yang Bikin Kangen Jogja

Shuttle Car di Bandara Adi Sucipto
Shuttle Car di Bandara Adi Sutjipto [image source]
Selain penyampaian informasi yang dibuat berbeda dari bandara lainnya, Adi Sutjipto juga menyediakan shuttle car gratis untuk memudahkan aksesibilitas dari terminal A ke terminal B yang berjarak 200 m. Nah, sebelum naik mobil satu ini, jangan lupa untuk berfoto di 4 area fotoboth. Dua di antaranya menonjolkan ciri khas kota Gudeg yaitu becak serta replika kereta kencana. Sedangkan dua lainnya spot foto dengan latar kokpit pesawat.

Spot Foto di Adi Sutjipto
Spot Foto di Adi Sutjipto [image source]

Bandara Dubai Juga Ikuti Adi Sutjipto

Bandara internasional Dubai
Bandara internasional Dubai [image source]
Dilansir dari Good News From Indonesia, ternyata pemakaian Bahasa Jawa untuk penyampaian informasi tidak hanya ada di Jogja. Ternyata di bandara internasional Dubai juga menggunakan bahasa Jawa ini. Perlakuan khusus bagi penumpang dari atau menuju ke Indonesia ini sendiri berada di bandara internasional Dubai. Wah, Bahasa Jawa menakjubkan ya!
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=WFAdon43oFY]
Wah, unik juga kan cara Bandara Adi Sutjipto untuk menarik perhatian wisatawan. Tidak heran jika pengunjung yang datang ke tempatnya cukup banyak.

Advertisement
Tags
bandara Jogjakarta Yogya
Share