4 Hal yang Selalu Dirindukan dari Bali

Advertisement

Bali,  ketika dengar nama itu yang terlintas dipikiran adalah liburan.  Yupz,  Bali merupakan destinasi wisata baik untuk lokal maupun manacanegara.  Tapi,  jujur kalau liburan di Bali itu berasa liburan ke luar negeri. Karena banyak banget turis mancanegara yang memang setiap waktu tak kunjung henti berdatangan ke Bali belum lagi mereka yang menetap di Bali. Terutama sebelum Pandemi Covid-19.

img_20190620_wa0372_jw2.jpg
Pantai Pandawa yang merupakan salah satu pantai yang banyak dikunjungi (c) Sity Maryati/Travelingyuk

Memang banyak hal yang membuat Bali dikenal banyak orang, salah satunya adalah keindahan alam nya.  Begitu banyak daerah yang wajib di eksplor kalau ke bali,  terutama keindahan-keindahan pantai nya yang selalu menjadi perbincangan para traveler.  Bukan hanya keindahan alam nya saja, tapi keindahan budaya lokal yang selalu membuat kagum dan menarik perhatian untuk mempelajarinya. 

Bali,  sangat kental dengan budaya Hindunya. Tidak heran jika kita melihat banyak bangunan Pura di sepanjang jalan dan juga patung-patung para dewa di sekitar tempar wisata dan tempat-tempat tertentu.

img20190620155503_01_o5R.jpeg
Patung Para Dewa (c) Sity Maryati/Travelingyuk

Selain keindahan alam dan budayanya,  masih banyak hal yang membuat rindu dan ingin kembali ke Bali.

1. Makanan Khas

img20190620114424_CWz.jpg
Nasi Campur Warung Bu Oki (c) Sity Maryati/Travelingyuk

Kalau traveling, memang wajib banget mencoba makanan khas tempat yang dikunjungi.  Begitu juga dengan Bali. Yang benar-benar membuat rindu lidah saya yaitu nasi campur di Warung Oki dan Ayam Betutu khas Gilimanuk.

img20190620200309_GWI.jpg
Picture 4. Ayam Betutu Khas Gilimanuk (c) Sity Maryati/Travelingyuk

2. Oleh-Oleh

img20190620193207_Vbz.jpg
Krisna Pusat Oleh-Oleh Khas Bali (c) Sity Maryati/Travelingyuk

Kalau liburan tanpa oleh-oleh, berasa gak liburan. So,  kalau habis traveling diusahakan membeli oleh-oleh walaupun hanya untuk diri sendiri dan keluarga.  Di Bali, banyam sekali pusat oleh-oleh yang sangat terkenal.  Salah satunya yaitu Krisna.  Di Krisna itu banyak sekali jenis oleh-oleh yang bisa kita temui. Dari mulai makanan,  minuman,  kerajinan tangan,  kain tradisional, baju-baju dan masih banyak yang lain nya.

img_20190620_wa0257_8Ri.jpeg
Baju betuliskan Bali (c) Sity Maryati/Travelingyuk

Nasi campur Bali di Warung Oki, itu yang terbaik buat saya sejauh ini.  Nasi yang lauk pauk nya terdiri dari sate ayam lilit, tumis sayuran kacang panjang,  ayam suir bumbu, ayam kuah dan kacang tanah goreng.  Rasanya yang luar biasa berempah dan pedas itu membuat nafsu makan dan lidah tak henti mengunyah.  Jangan coba-coba pesan pedas banget,  karena yang pedasnya sedang pun terasa pedas sekali.

Dan untuk ayam betutunya,  buat Saya yang juara di lidah adalah Ayam Betutu khas Gilimanuk.  Rasa rempah ayam betutu kuah nya benar-benar memanjakan lidah ditambah plecing kangkung,  Sambal matah dan Kacang Tanah goreng membuat semakin nikmat menyantapnya. Dari banyak oleh-oleh yang dipajang,  baju yang bertuliskan dan menggambarkan Bali menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli.

3. Kopi

img20190621213730_ahw.jpg
Salah Satu Cafe dengan ciri khas kopi buatan cafe tersebut (c) Sity Maryati/Travelingyuk

Bagi para pecinta kopi,  Bali menjadi destini yang wajib dikunjungi untuk berburu kopi. Di Bali banyak sekali terdapat Coffee Shop atau Cafe-cafe yang menyuguhkan berbagai macam jenis kopi dari yang khas cafe itu sendiri sampai kopi-kopi khas nusantara.

4. Sunset

img20190621173359_ZJH.jpg
Sunset di Pelabuhan Sanur (c) Sity Maryati/Travelingyuk

Mungkin ini cukup aneh dimasukan kedalam hal yang dirindukan di Bali.  Tapi, dilihat dari banyak nya postingan traveler ketika berada di Bali,  Sunset merupakan hal yang amat sangat dinanti setiap berkunjung ke Bali.  Bukan hanya postingan para traveler yang mengabadikan moment Sunset,  setiap tempat wisata di Bali pun selalu menyediakan spot untuk menikmati Sunset.  Tapi memang,  Sunset di Bali tuh amat sangat indah. Warna langit yang berubah menjadi jingga bahkan terkadang membiaskan cahaya seperti warna pelangi.  Benar-benar memanjakan mata dan membuat kagum selalu.

img20190620183632_6DN.jpg
Sunset di Tengah Kota (c) Sity Maryati/Travelingyuk

Itu si beberapa hal yang membuat Rindu Bali, mungkin tiap orang berbeda-beda pendapat tergantung passion dan gaya traveling kalian. 

Advertisement
Tags
wisata bali
Share