Balkondes Sakapitu, Wisata Desa Buat Anak Milenial

Advertisement

Balai Ekonomi Desa atau kerap disebut Balkondes merupakan wadah bagi masyarakat sekitar untuk berkreasi, sekaligus meningkatkan perekonomian daerah. Tiap bangunan Balkondes dikemas dengan cantik dan menarik, seperti Balkondes Sakapitu Tegalarum.

pintu masuk
Gapura balkondes sakapitu (c) Pradina Anugraheny/Travelingyuk

Teman Traveler bisa mengunjungi Balkondes kawasan sekitar Candi Borobudur. Meski tema yang disinggung masih seputar desa, tampilan yang diusung di kawasan ini sungguh cantik dan Instagenic lho. Pas buat para milenial maupun penghobi foto-foto.

Usung Falsafah Jawa

view depan kamar
Kawasan Sakapitu (c) Pradina Anugraheny/Travelingyuk

Sesuai namanya, Balkondes Sakapitu Tegalarum mengusung filosofi Jawa yang dikenal dengan istilah ‘sakapitu’. Saka atau soko memiliki arti tiang atau penyangga, sementara Pitu dalam Bahasa Indonesia berarti tujuh.

Teras pintu masuk
Teras pintu masuk Balkondes (c) Pradina Anugraheny/Travelingyuk

Pemandangan di Balkondes Sakapitu Tegalarum sangat memesona Teman Traveler. Kalian bisa menikmati indahnya kawasan perbukitan dan sawah, dengan jarak hanya sekitar enam 6 kilometer dari Candi Borobudur. Udara di sini terasa sangat segar. Nuansanya benar-benar alami dan asri. 

area kawasan
Indah bukan Teman Traveler? (c) Pradina Anugraheny/Travelingyuk

Balkondes ini merupakan ke-18 yang telah terealisasi. Kawasannya dilengkapi 17 kamar dengan kapasitas total 34 orang, serta beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Mudah Dijangkau

view area
Instagenic, pas buat foto-foto (c) Pradina Anugraheny/Travelingyuk

Balkondes Sakapitu beralamat di Jalan Raya Salaman – Borobudur, km 5, Prembuan, Tegalarum, Magelang. Sangat mudah dijangkau Teman Traveler. Jaraknya kurang lebih hanya sekitar lima kilometer dari komplek Candi Borobudur. Jalan menuju sini juga sudah mulus, mudah dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Fasilitas Penunjang Lengkap

area balkondes
Area selfie (c) Pradina Anugraheny/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin menginap, kawasan ini sediakan home stay kecil dan dan besar. Selain itu masih ada fasilitas umum seperti toilet umum, toilet untuk penyandang disabilitas, hingga Internet WiFi.

Oh ya, Balkondes belakangan juga ditetapkan sebagai digital village Teman Traveler. Artinya, semua kegiatan yang berkaitan dengan seni budaya, pendidikan, dan agro wisata di sini akan memadukan uniknya suasana pedesaaan dan teknologi.

Murah Meriah

Untuk memasuki area Balkondes ini Teman Travelr tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis. Kalian hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000. Wow, super murah kan?

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, pengunjung juga bisa menginap di dalam Balkondes. Tak perlu ragu, interior dalam kamarnya cukup unik dan terkesan simple, namun sangat nyaman dihuni.

Ada Produk Unggulan

selfi
Selfie di depan home stay (c) Pradina Anugraheny/Travelingyuk

Tak hanya kaya pesona alam, kawasan ini juga memiliki aneka produk unggulan yang pantang dilewatkan. Salah satunya adalah jamur tiram. Tak hanya enak, hampir mirip daging ayam, produk ini juga memiliki kandungan khusus yang diyakini mampu menghancurkan sel kanker. Selain itu kandungan proteinnya juga sangat tinggi.

Jika Teman Traveler ingin bersantai-santai sambil ngemil, kalian bisa pesan aneka makanan ringan maupun gorengan. Selesai mengisi perut, boleh banget lanjutkan perjalanan untuk menjajal permainan kuda goyang, atau melihat aneka miniatur dan lukisan kayu.

duduk - duduk di teras
Teras home stay (c) Pradina Anugraheny/Travelingyuk

Oke Teman Traveler, begitulah pengalaman saya menjelajah area sekitar Balkondes Sakapitu Tegalarum. Jika penasaran, sebaiknya kalian datang ke sini pagi atau sore hari agar tak kepanasan. Jangan lupa mampir jika sedang liburan di Magelang atau Jogja ya.

Advertisement
Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Magelang Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta wisata magelang
Share