Bandara Sam Ratulangi Dibanjiri Warga Tiongkok, Ada Apa?

Advertisement

Wisatawan asing yang datang ke Indonesia sejak awal tahun 2017 mengalami peningkatan cukup drastis. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan turis asing pada Mei 2017 naik 1,49 persen dari bulan sebelumnya. Sebanyak 1,14 juta orang tersebut masuk lewati 9 pintu dan berniat untuk liburan ke beberapa destinasi wisata Indonesia yang mendunia seperti Bali dan Lombok.

Berbeda dari tahun kemarin, pergerakan jumlah wisatawan yang masuk Indonesia terlihat bebeda dari Bandara Sam Ratulangi, Manado. Sejak bulan Januari kemarin, bandar udara internasional ini dipadati oleh turis Tiongkok yang datang dan kembali pulang ke negaranya. Bahkan, dalam situs resmi BPS, lonjakan tersebut mencapai 449,03 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado
Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado [image source]
Berdasarkan pernyataan kepala BPS, Suhariyanto yang dilansir dari Katada, tingginya wisatawan Tiongkok di Manado disebabkan adanya pembukaan penerbangan langsung menuju 8 kota di Negeri Tirai Bambu. Kota yang melayani penerbangan langsung ini terdiri dari Shanghai, Shenzhen, Guangzhou, Macau, Wuhan, Chengdu dan Chongqing dan sudah berlangsung sejak tanggal 3 juli 2016 lalu. Wah, tidak heran bukan jika banyak turis Tiongkok di Manado?

Peningkatan jumlah wisatawan ini menjadi kesempatan tersendiri bagi pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk mempromosikan daerahnya. Sejak tahun lalu, mereka melakukan pembenahan infrastruktur seperti jalan, dermaga dan fasilitas-fasilitas menuju destinasi wisata. Bahkan mereka juga menyiapkan banyak sumber daya manusia seperti pemandu wisata, koki dan tenaga lainnya untuk menyambut para wisatawan agar kembali libur ke tanah air lagi.

Taman Wisata Bunaken di Manado
Taman Wisata Bunaken di Manado [image source]
Nah, berniat liburan ke Manado? Ada beberapa rekomendasi tempat wisata Manado yang dapat kamu kunjungi. Salah satunya adalah Taman Laut Bunaken yang sudah dikenal oleh turis asing. Dari Bandara Sam Ratulangi, kamu bisa menyewa kendaraan roda empat menuju Pelabuhan Manado. Perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal selama 30 menit menuju pulau Bunaken. Sekedar tips, datang saja bulan Mei – Agustus karena udaranya masih ideal untuk snorkeling menikmati keindahan alam di sini. Wah, tertarik menyusul wisatawan dari negera tetangga kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Manado Sulawesi Utara
Share