Bebas Macet di Bangkok dengan Sky Train

Advertisement

Hay guys yang ingin atau akan liburan ke Bangkok Thailand kalian perlu membaca artikel ini untuk sumber referensi. Bangkok banyak orang berpendapat mirip Jakarta yang identik dengan panas dan kemacetan. Apa benar ? Iya ternyata benar sekali. Kota Bangkok ini sangat panas dan kemacetan jalanannya sungguh luar biasa.

Dampak kemacetan ini sendiri bisa membuat jatah jalan-jalan jadi berkurang karena waktu banyak terbuang dijalan. Tapi tidak perlu khawatir Bangkok yang merupakan Kota metropolitan ini punya alat transportasi andalan yang bebas dari kemacetan jalanan.

Kemacetan di Bangkok

BTS Sky Train atau sebutan lainya adalah Bangkok Mass Transit System yang merupakan sistem angkutan masal yang terkenal di Bangkok. Mirip dengan MRT hanya bedanya kalau MRT beroperasi di bawah tanah sedangkan BTS ini beroperasi di jalur melayang yang melewati gedung-gedung.

Lintasan kereta melayang

Kenapa pilih BTS dari pada MRT ? karena jalur BTS ini melewati rute-rute destinasi wisata yang biasa didatangi turis saat di Bangkok. Transportasi masal ini sangat menjadi idaman bagi turis ataupun warga lokal untuk menghindari panas dan kemacetan jalanan. Jika saat jam sibuk jangan harap bisa dapat tempat duduk saat menaiki sky train ini karena berdiri pun harus berdesak-desakan.

Sky Train di Bangkok

Cara menaiki sky train ini cukup mudah. Untuk yang tidak mau ribet kalian bisa menggunakan kartu yang bernama rabbit card tinggal isi saldo saja lalu tinggal tab saja di mesin.

Informasi tentang rabbit card

Cara yang satu lagi adalah membeli tiket melalui mesin yang tersedia, kalian harus memasukkan uang koin untuk membeli tiket. Tidak perlu khawatir jika kehabisan koin karena ada counter yang melayani untuk menukar uang di dekat mesin tiket.

Tiket yang dibeli dengan koin

Banyak pengguna yang memilih membeli tiket ini secara langsung jadi akan banyak antrian di loket-loket tiket yang ada pada saat jam sibuk. Setelah tiket sudah terbeli tinggal tab dan masuk ke peron. Di peron akan ada petugas yang membatu mengatur keluar-masuknya penumpang dari kereta. Kerenya selalu datang tepat waktu dan pastinya bebas dari macet. Mudah sekali kan naik kereta ini.

Bagian belakang tiket yang menunjukan rute

Namanya juga sky train berarti kereta ini akan beroperasi di jalan melayang yang ada di atas. Nah kalian harus menyiapkan tenaga ekstra untuk menaiki setiap anak tangga untuk menuju peron.

Anak tangga menuju stasiun

Jangan berharap ada eskalator karena eskalator ini minim sekali hanya ada di beberapa stasiun BTS saja. Pengalaman yang paling saya kenang sampai sekarang ini adalah saya harus membawa koper menaiki 3 lantai karena peronnya berada di lantai 3 bisa dibayangin ya capeknya kayak apa. Saat naik kereta jangan makan atau minum disini karena hal tersebut dilarang. Durian juga dilarang masuk di kereta ini mungkin karena baunya menyengat bisa menganggu penumpang yang lain padahal Bangkok sendiri sangat terkenal dengan buah duriannya ya. 

Angkutan umum dibawah stasiun

Di bawah stasiun BTS ini biasanya akan ada angkutan lain yang siap membantu mengantar jika tempat tujuan jauh dari stasiun BTS. Biasanya akan terlihat tuk-tuk,  bus, mobil angkutan dengan tempat duduk dibelakang disekitar stasiun. Saya melihat banyak warga lokal yang begitu turun dari kereta langsung menaiki angkutan umum lagi untuk melanjutkan perjalanannya. Menurut saya Sky Train ini sangat membantu sekali bagi turis-turis yang akan berwisata di Kota Bangkok bebas macet, cepat dan dapat diandalkan.

Advertisement
Tags
wisata thailand
Share