Bendungan Parang Gombong, Tempat Camping dengan View Sunset Purwakarta

Advertisement

Purwakarta istimewa, begitu masyarakat biasa menyebutnya. Kota yang terkenal dengan Sate Marangginya ini menyimpan banyak lokasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata minat khusus seperti panjat tebing di Gunung Parang, sampai destinasi romantis seperti Air Mancur Sri Baduga, yang merupakan air mancur termegah se-Asia Tenggara. Namun bagi Teman Traveler yang ingin liburan berbeda. Silahkan Bendungan Parang Gombong, tempat camping yang kece abis. Seperti apa pesonanya? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Aktivitas Seru di Parang Gombong

Camping di Parang Gombong
Camping di Parang Gombong via Instagram/@rentalalatcampingwanayasa

Meskipun hanya sekedar bendungan, di sini Teman Traveler bisa merasakan udara sejuk di alam terbuka sambil berkemah dan memancing. Pesona keindahan Parang Gombong tak kalah indahnya jika dibandingkan dengan wisata di Purwakarta lainnya. Birunya langit dan dikelilingi hamparan bukit berwarna hijau, bisa membuat pikiran kembali segar. Teman Traveler wajib datang, karena lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Menjadi Spot Camping Cantik

Yeaaaayyy...today is friday IG@akufidel
Keseruan wisatawan yang camping via instagram/@akufidel

Bendungan Parang Gombong merupakan bagian dari waduk Jatiluhur. Luasnya yang berhektar-hektar bisa membuat siapa saja berdecak kagum. Bendungan ini biasanya dimanfaatkan untuk lokasi camping maupun mancing. Teman Traveler juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi waduk. Pemandangan dengan perbukitan semakin lengkap menambah daya tarik buat pecinta camping. Karena viewnya yang menawan, tempat ini sering dijadikan camping ceria dari berbagai macam komunitas.

Pemandangan Matahari Terbenam yang Menawan

Parang Gombong, Jatiluhur, Purwakarta IG @benediktusbihp
Parang Gombong, Jatiluhur, Purwakarta via instagram/@benediktusbihp

Traveling bukan hanya mengunjungi objek wisata semata, tapi harus juga menikmati suasana berbeda di luar keseharian. Hal yang paling seru dalam kegiatan traveling adalah berburu fenomena matahari terbit maupun terbenam alias sunrise atau sunset. Di Parang Gombong, Teman Traveler bisa menantikan detik-detik matahari terbenam yang mengagumkan. Banyak juga datang hanya sekedar menikmati matahari terbenam.

Fasilitas yang Tersedia

Menikmati malam beratapkan langit IG @dedigunandar
Menikmati malam beratapkan langit via instagram/@dedigunandar

Jika ingin berlama-lama di sini tidak perlu khawatir, karena sudah banyak warung yang buka 24 jam. Warung tersebut siap menemani Teman Traveler yang ingin camping berhari-hari. Yang penting wajib membawa peralatan camping karena belum adanya penginapan ataupun hotel terdekat. Lahannya sangat luas bisa menampung ratusan tenda. Sementara untuk toilet dan mushola, sudah disediakan oleh para pemilik warung.

Bendungan Parang Gombong berlokasi di Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Untuk sampai ke lokasi, bisa ditempuh oleh kendaraan roda dua atau pun roda empat. Perjalanan kurang lebih 30 menit dari Kota Purwakarta menuju arah Jatiluhur. Jika bingung mencari lokasi, bisa menggunakan bantuan Maps atau bisa menanyakan ke penduduk sekitar. Lokasi camping ground Bendungan Parang Gombong, sudah di kenal luas masyarakat Purwakarta.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk camping di bendungan Parang Gombong Purwakarta? Yuk, segera ajak teman-teman untuk bermalam di tengah alam.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Barat Purwakarta Wisata wisata purwakarta
Share