Betah So’on di Bondowoso, Seperti Inggris

Advertisement

Pernah dengar tentang Stonehenge yang ada di Inggris? Stonehenge adalah bangunan yang terdiri dari susunan batu-batuan, berdiri sejak zaman perunggu dan Neolitikum. Peninggalan ini begitu misterius, namun sekaligus sangat cantik. Siapa sangka jika di Jawa Timur, khususnya Bondowoso juga punya situs batu yang serupa. Yuk, lihat semirip apa.

Jadi Ikon Baru Bondowoso

Betoh Soon Bondowoso
Betoh Soon Bondowoso [image source]
Betoh So’on berarti batu sunggi atau susun dalam bahasa Indonesia. Nama ini adalah pemberian dari warga sekitar. Lokasi tepatnya adalah di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Bondowoso. Tampak berdiri dengan gagah sekaligus menakjubkan. Jika stonehenge di Inggris tampak indah di atas permadani rumput yang hijau, sedang Betoh So’on dikelilingi pepohonan. Sama-sama cantik.

Wisata Betoh Soon Bondowoso
Wisata Betoh Soon Bondowoso [image source]

Akses Masih Susah

Jalanan menuju Desa Solor
Jalanan menuju Desa Solor [image source]
Akses menuju tempat wisata Bondowoso ini masih terbilang susah. Jalanan arah Kecamatan Cermee memang mulus, namun setelah masuk ke Desa Solor, jalurnya tidak bagus. Jika menggunakan kendaraan beroda 4, maka perjalananmu akan sedikit nyaman. Kami bisa meminta warga desa untuk mengantarmu hingga ke lokasi. Jangan lupa memberi imbalan yang pantas, ya.

Jalanan terjal
Jalanan terjal [image source]

Jalur Sepeda atau Trail yang Keren

Bersepeda ke Desa Solor
Bersepeda ke Desa Solor [image source]
Jalur yang susah menuju Solor bisa jadi hal yang dibenci para traveler. Keinginan untuk menyaksikan sendiri stonehenge ala Inggris di tanah air pun jadi luntur. Namun, jalan rusak bisa menjadi hiburan dan tempat favorit para pecinta motor trail juga sepeda. Seperti yang terlihat pada foto berikut ini, rupanya beberapa pengunjung sudah mencoba menaklukkan jalanan tak ramah itu dengan roda duanya. Keren!

Gunakan motor trail
Gunakan motor trail [image source]

Masih Sepi

Wisata Betoh Soon
Wisata Betoh Soon [image source]
Akses yang susah, jalanan yang terjal, dan cukup jauh sekitar 3 jam dari pusat kota Bondowoso membuat Betoh So’on tidak mudah dijangkau. Karena ini pula, tempat indah ini masih sangat sepi. Di tahun 2015, belum ada pihak yang menanganinya secara khusus atau mengelolanya menjadi wisata resmi. Kini beberapa titik sudah diperbaiki secara swadaya oleh Pemerintahan Desa Solor. Masuknya pun masih gratis alias cuma-cuma. Bayarlah dengan tetap menjaga kebersihan setempat. ya. Kabarnya, Pemkab Bondowoso akan segera membangun infrastruktur sehingga pengunjung bisa lebih nyaman.

Betoh Soon masih sepi
Betoh Soon masih sepi [image source]

Sekitar yang Asri dan Instagramble

Pepohonan hijau di sekitar Betoh Soon
Pepohonan hijau di sekitar Betoh Soon [image source]
Meski menghadapi perjalanan panjang, tapi tidak akan membuatmu cemberut, atau bahkan mual. Tentu karena pemandangan yang disuguhkan sapanjang jalan menuju Betoh So’on sangatlah memukau. Pepohonan yang hijau tampak menyejukkan mata. Bahkan jalanan setapak pun terlihat sangat fotogenic. Datanglah pagi-pagi agar tak kepanasan dan bisa bebas berfoto-foto di setiap sudut yang indah.

Sekitar Betoh Soon
Sekitar Betoh Soon [image source]
Lokasi : Desa Solor, Kecamatan Cermee, Bondowoso.

Wah, ternyata Indonesia, khususnya Jawa Timur menyimpan keindahan yang tak ada habis-habisnya. Eksplor tanah air dulu, baru jalan-jalan ke luar negeri. Bagaimana, setuju kan?

Advertisement
Tags
Alam Explore Bondowoso Wisata Bondowoso
Share