Bukit Batu Idung, Sajikan Pemandangan Menawan di Atas Ketinggian Lombok Barat

Advertisement

Lombok Barat memang memiliki destinasi wisata yang beragam dan tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Selain Ekowisata Mangrove Lembar, di Kecamatan Lembar juga terdapat destinasi wisata yang bisa Teman Traveler kunjungi. Namanya Bukit Batu Idung yang merupakan bukit dengan panorama memesona dan memanjakan mata. Seperti apa keindahan Bukit Batu Idung? Berikut ulasannya dari Kontributor Travelingyuk, Sidik Al-Anshori.

Perjalanan Menuju Destinasi Eksotis

Bukit Batu Idung
Bukit Batu Idung (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Bukit Batu Idung berada di Desa Jembatan Kembar, Kecamatan Lembar, Lombok Barat. Untuk sampai di tempat wisata ini, Teman Traveler membutuhkan waktu sekitar 40 menit perjalanan dari Kota Mataram menggunakan kendaraan. Jika datang dari Pelabuhan Lembar, jarak perjalanan hanya 2 km. Teman Traveler bisa memanfaatkan google maps untuk mencapai lokasi, namun disarankan juga sambil bertanya jalan terbaik yang dapat dilalui kepada warga sekitar. Pasalnya, beberapa jalur tidak bisa dilalui kendaraan.

Sajikan Panorama yang Menawan

Panorama dari Bukit Batu Idung
Panorama dari Bukit Batu Idung (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Bukit ini memiliki ketinggian 250 mdpl dan menyuguhkan pesona alam yang memanjakan mata. Dari puncak, kita dapat melihat pemandangan sekitar kabupaten Lombok Barat hingga Kota Mataram. Ada sawah, rumah warga, pabrik, masjid-masjid yang menjulang hingga pura pun terlihat indah dari ketinggian. Tak hanya itu, garis pantai pun dapat terlihat dari sini. Nah, di Batu Idung juga terdapat spot foto ayunan. Tempat sempurna untuk menikmati keindahan alam.

Spot foto yang instagenic
Spot foto yang instagenic (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Cocok Untuk Soft Trekking

Pintu masuk Bukit Batu Idung
Pintu masuk Bukit Batu Idung (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Ada rencana untuk naik gunung? Yuk, latihan dulu di Bukit Batu Idung. Pasalnya, untuk sampai di puncak Teman Traveler perlu mendaki dan membutuhkan sedikit tenaga. Tanjakan yang tidak terlalu tinggi membuat tempat ini sangat cocok untuk soft trekking. Cocok bagi Teman Traveler yang ingin merasakan sensasi mendaki walaupun masih pemula. Di puncak juga terdapat beberapa fasilitas seperti toilet, warung dan gazebo, dan toilet.

Panorama Bukit Batu Idung
Panorama Bukit Batu Idung (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Nama Unik dari Bentuk Batu

Batu seorang pengembala
Batu seorang pengembala (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Menurut warga sekitar, terdapat legenda tentang tempat wisata ini. Konon, ada seorang pengembala yang mengawasi kerbau-kerbaunya dari atas batu idung. Jumlah kawanan kerbau tersebut dapat terlihat dari ketinggian. Bekas tempat duduk pengembala di batu pun masih terlihat hingga kini walaupun sudah mulai terkikis. Disebut Bukit Batu Idung, karena di puncak bukit tersebut terdapat batu yang dari kejauhan mirip hidung manusia. Kalau menurut Teman Traveler, mirip nggak?

Batu yang mirip hidung manusia
Batu yang mirip hidung manusia (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Spot Menikmati Sunset Sekaligus Sunrise

Salah satu spot foto berlatar sunrise
Salah satu spot foto berlatar sunrise (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Pemandangan alam yang ditawarkan bukit ini makin sempurna ketika matahari mulai terbit atau terbenam. Yap, Batu Idung memiliki spot untuk sunset di ufuk barat dan sunrise di ufuk timur. Jika ingin menikmati matahari terbit, Teman Traveler sebaiknya datang di pagi buta. Sedangkan untuk mendapatkan keindahan panorama matahari tenggelam, Teman Traveler disarankan untuk datang pada sore hari. Jika memungkinkan, sebaiknya sekalian untuk mendirikan tenda dan bermalam di sini.

Panorama dari ketinggian yang memikat
Panorama dari ketinggian yang memikat (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Itu tadi ulasan tentang Bukit Batu Idung, wisata yang menyajikan keindahan memesona di Lombok Barat. Kalau Teman Traveler datang ke sini, jangan lupa untuk menyiapkan kamera dengan baterai penuh. Siapkan pula bekal agar tidak kelaparan saat perjalanan.

Advertisement
Tags
Indonesia Lombok Lombok Barat Nusa Tenggara Barat Travelingyuk wisata lombok Wisata Lombok Barat
Share