Cara Membuat Kopi Dalgona, Ngaduknya Sampai Lebaran Cina!

Advertisement

Dibalik sekian banyaknya pemberitaan terkait virus corona yang membuat sekian banyak pekerja khususnya di Indonesia harus bekerja dan belajar di rumah. Dibalik kegiatan di rumah, banyak juga yang menyembatkan waktu untuk membuat kreasi baru dari kopi yang dipercaya sebagian orang dapat menghilangkan kantuk saat bekerja. Kesempatan itulah yang menghasilkan varian kopi baru yang kini telah viral di media sosial yaitu Dalgona. Bagaiama cara membuatnya dan siapa saja artis serta selebgram yang berhasil membuat minuman ini? Yuk simak ulasan berikut ini.

Awal Mula Dalgona

Dalgona Coffee via Shutterstock

Dalgona adalah sebuah jajanan ringan tradisional asal Korea Selatan yang kerap juga dikenal dengan Ppopgi. Jajanan ini dibuat dari campuran gula dan minyak yang dijadikan sirup yang kemudian dicampur dengan baking soda kemudian diaduk hingga memiliki warna coklat keemasan. Kemudian dibentuk bulat datar dan disantap setelah mengeras. Namun berbeda dengan Dalgona Coffee yang kini sedang tranding. Siapkan bahan serta cara membuat dalgona coffee dibawah ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Ingredients Dalgona Coffee via Shutterstock

Bahan-bahan untuk membuat dalgona coffee sangat sederhana dan mudah untuk ditemui di berbagai tempat bahkan toko klontong sekalipun. Beberapa bahannya yaitu :

1. Kopi Instan

2. Gula

3. Susu

4. Es Batu

5. Air Panas

6. Wadah

7. Mixer atau Whisk

8. Gelas

Cara Membuat Dalgona Coffee

Processing Ingredients via Shutterstock

Selain bahan yang sangat mudah ditemukan, membuat Dalgona Coffee sangat mudah dan sederhana namun memiliki tampilan menarik serta daya jual yang tinggi. Setelah menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan, cara membuatnya ialah :

Tahap 1 Membuat Foam

Siapkan Wadah

Masukkan 2 sendok makan kopi instan

Masukkan 2 sendok makan gula

Masukkan 3 sendok air panas

Aduk menyatu hingga membentuk foam kecoklatan

Tahap 2 Penyajian

Siapkan gelas

Masukkan es batu ke dalam gelas

Masukkan susu 3/4 gelas

Masukkan dalgona foam ke dalam gelas

Sajikan dalam keadaan dingin, aduk, kemudian siap dinikmati setelah dibuat. Warna kontras antara susu dan kopi foamnya membuat siapa pun tergiur untuk meminumnya.

Selebgram yang Sukses Membuatnya

Dalgona Coffee with Donut via Shutterstock

Minuman yang tengah buming ini membuat banyak selebgram hingga artis yang coba membuatnya. Dua diantaranya adalah Tasya Farasya dan Rachel Vennya yang sukses membuat Dalgona Coffee di rumah. Selain dalam negeri, artis Korea Selatan juga ikut membumingkan Dalgona Coffee ini, salah satunya adalah Byeongkwan A.C.E yang merupakan MC Pop di Seoul, Korea Selatan. Bagaimana denganmu? Sudah coba buat dalgona ini di rumah?

Ternyata Ada yang Tidak Tahu Dalgona Coffee

Raisa Andriana, penyangi kondang Indonesia ini pada tanggal 2 April 2020 lalu mempertanyakan kepada netizen di Twitter tentang apa sih Dalgona Coffee itu. Beberapa orang yang berkomentar di twittnya ini bahkan menjelaskan apa sebenarnya minuman yang viral ini. Salah satu akun Twitter bernama @siapaaloe bahkan berkomentar “bawahnya susu, atas nya kopi dikasi gula sama air panas terus diaduk aduk sampe lebaran”. Komentar tersebut kemudian memicu penyanyi lagu Serba Salah ini kembali mempertanyakan “apakah sesulit itu ngaduknyaa?”. Ternyata masih ada juga yang belum tau Dalgona Coffee ya.

Sudah siap membuat Dalgona Coffee mu sendiri di rumah? Siapkan berbagai bahan yang dibutuhkan dan buatlah sesuai dengan cara membuat uang sudah di sampaikan. Semoga sukses membuat minuman viral ini ya. Stay home and make a delicious drink Dalgona Coffee!

Advertisement
Tags
Bahan Membuat Dalgona Coffee Cara Membuat Dalgona Cara Membuat Dalgona Coffee Dalgona Coffee
Share