Musim Hujan? Waktunya Dolan ke Curug Banyunibo

Advertisement

Musim hujan kerap jadi momen yang dinanti-nanti pecinta air terjun. Pada saat inilah debit air bakal meningkat. Pemandangan dan kesejukan luar biasa akan tersaji untuk melepas penat. Bagi Teman Traveler yang tinggal di Jogja, ada banyak air terjun yang mengandalkan hujan sebagai sumber air utama, termasuk Curug Banyunibo.

Curug Banyunibo / sumber: instagram @dian_prz

Air Terjun Banyunibo atau kerap dikenal dengan nama Curug Banyunibo berada di Desa Pajangan, Bantul. Wisaata ini bisa jadi tempat menghilangkan kepenatan, sembari menikmati keindahan alam di kala senggang.

Lokasi Curug Banyunibo

Menyepi di Curug Banyunibo via instagram.com/onyone96

Curug Banyunibo berlokasi di Desa Wisata Krebet, Pajangan, Bantul. Untuk menuju sini, Teman Traveler sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi roda dua karena jalannya cukup sempit.

Sepanjang perjalanan kalian takkan menemukan banyak papan petunjuk jalan dan hal ini bisa cukup menyulitkan. Untungnya, lokasi Air Terjun Banyunibo sudah tercatat di Google Maps. Jika masih ragu, kalian bisa menanyakan petunjuk arah pada warga sekitar.

Air Terjun Menyegarkan

Fotografer sedang mengabadikan keindahan curug via instagram.com/fahriisa

Banyunibo berasal dari kata dalam Bahasa Jawa. Banyu berarti air dan Nibo yang berarti jatuh atau menjatuhkan. Air terjun ini sendiri memang
sedikit berbeda dibanding destinasi sejenis. Jika arus di air terjun umumnya langsung jatuh dari atas ke bawah, air di sini seakan mengalir mengikuti kontur batuan menurun di sekitarnya.

Suasana tenang dan menyegarkan via instagram.com/ratztegar

Aliran air jernih, pepohonan rindang, dan bebatuan besar jadi pemandangan yang tersaji di Curug Banyunibo. Suasana hening dan tenang, serta hawa sejuk membuat pengunjung makin betah berlama-lama lama di sini. Tak sedikit yang berfoto dengan latar belakang air mengalir di atas batuan berwarna putih kecoklatan.

Sebaiknya pikir dua kali jika Teman Traveler berniat naik ke puncak air terjun, sebab batuan di sekitar sini cukup licin. Kalian wajib ekstra hati-hati dalam melangkah dan jangan lupa gunakan alas kaki nyaman sesuai medan.

Destinasi Murah Meriah

Menikmati ketenangan di Banyunibo via instagram.com/shagyto

Curug Banyunibo bisa jadi salah satu pilihan destinasi murah untuk mengisi akhir pekan. Untuk masuk kawasan wisata ini, Teman traveller tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp3.000 untuk biaya parkir kendaraan roda dua. Menurut warga sekitar, ke depannya destinasi ini bakal lebih dikembangkan karena memiliki potensi cukup besar.

Itulah sekilas ulasan mengenai keindahan Air Terjun atau Curug Banyunibo di Kabupaten Bantul. Jika Teman Traveler kebetulan sedang berada di area Jogja, jangan sampai lewatkan kesempatan mengunjungi destinasi alam ini.

Advertisement
Tags
curug banyunibo Indonesia Jogja kontributor wisata jogja
Share