Mengenal Lebih Dekat Curug 7 Cibolang di Kabupaten Ciamis, Indahnya Magis

Advertisement

Ciamis, kota kecil yang terletak di provinsi Jawa Barat. Berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan Kuningan di Utara serta Tasikmalaya di bagian barat, Ciamis menyimpan satu destinasi wisata cantik yang sayang untuk dilewatkan. Curug Tujuh Cibolang, begitulah namanya. Apa istimewanya dari objek wisata di Jawa Barat ini? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Mamah Fatimah berikut.

Si Cantik dengan Tujuh Tingkatan

Curug cantik di Ciamis
Curug cantik di Ciamis via instagram/@hendi23moto

Berlokasi di Kawasan Panjalu. Dari jauh, tempat ini sangat istimewa karena memiliki tujuh tingkatan yang menakjubkan. Ada Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh. Menurut legenda, Curug Tujuh dikenal sebagai curug air mata seorang raja.

Diceritakan, zaman dahulu ada seorang raja yang bersedih karena tidak ada mata air di daerah tempat tinggalnya. Hal tersebut mengakibatkan warga menderita. Sang raja pun sedih dan air mata yang keluar melimpah dan jatuh deras ke tebing hingga membentuk Curug Tujuh.

Istimewa Curug Satu dengan Berbagai Keindahan

Curug Tujuh di Ciamis
Curug Tujuh di Ciamis (c) Mamah Fatimah/Travelingyuk

Destinasi wisata ini tidak hanya istimewa dengan keindahan jatuhan air. Pengunjung juga bakal menikmati udara segar dari pepohonan di sekitarnya. Namun, untuk mendapatkan paket lengkap itu tidaklah mudah. Teman Traveler harus mendaki jalanan yang cukup terjal dan melelahkan. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk jalan karena lokasi ke tujuh curug yang berbeda-beda.

Curug Satu tak jauh dari pintu gerbang dan berjarak sekitar 50 m. Air terjun ini yang besar dengan ketinggian mencapai 120 meter dan lebar 20 meter. Biasanya, destinasi ini jadi spot favorit wisatawan.

Air Terjun Lain yang Memesona

Jatuhan air terjun di Ciamis
Jatuhan air terjun di Ciamis (c)Mamah Fatimah/Travelingyuk

Untuk menuju curug dua, pengunjung tinggal berjalan kaki sejauh 1 km. Begitu pula ketika ingin mengunjungi curug empat, tiga dan juga lima. Sementara curug enam dan tujuh, tidak terlalu besar. Pun demikian keindahannya tak kalah memukau. Sayang, lagi-lagi medannya sangat sulit dengan jalanan licin dan terjal.

Curug Tujuh Cibolang sendiri memberikan pengalaman yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Suasananya lebih sejuk dan suhu air yang dingin tapi menyegarkan. Di sini, pengunjung dibolehkan berenang, tapi harus tetap menjaga kelestarian alam. Mau berkunjung saat kemarau? Tak perlu khawatir, airnya tak akan surut dan tetap menyegarkan. Teman traveler juga bisa kemping di sekitaran jatuhan air.

Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke Curug Tujuh Cibolang ini kan? Jangan lupa jelajah destinasi wisata Ciamis lainnya yang tak kalah manis.

Advertisement
Tags
Ciamis Indonesia Jawa Barat Kabupaten Ciamis Travelingyuk Wisata Ciamis
Share