Danau Biru, Bukti Indonesia Indahnya Luar Biasa

Advertisement

Sumatera Barat menyimpan daya tarik luar biasa berupa wisata yang ada di dalamnya. Ada Bukittinggi yang mempunyai deretan wisata bersejarah, sangat menarik untuk dikunjungi. Ada satu lagi destinasi liburan yang wajib didatangi saat kamu berada di Sumatera Barat. Di mana, ya?

Danau Biru Bekas Tambang

Danau Biru Sawahlunto, Sumatera Barat
Danau Biru Sawahlunto, Sumatera Barat [image source]
Sudah bukan rahasia lagi, sosial media memang punya andil besar dalam mempromosikan tempat-tempat indah yang ada di dunia. Danau Biru ini contohnya, letaknya sangat terpencil, yaitu di Parambahan, satu tempat wisata Sawahlunto yang keren. Namun, keindahannya yang diabadikan dalam gambar bisa menyebar begitu cepat membuat lokasi ini terus didatangi wisawatan. Tak kalah dengan Danau Toba yang menjadi andalan Sumatera Utara, kan?

Danau Biru Sawahlunto
Danau Biru Sawahlunto [image source]

Perlu Perjuangan untuk Sampai di Danau Biru

Danau Biru Sawahlunto jadi lokasi prewed
Danau Biru Sawahlunto jadi lokasi prewed [image source]
Seperti yang disebutkan di atas, lokasinya yang terpencil sehingga membutuhkan perjuangan ekstra untuk sampai di tempat ini. Danau Biru merupakan pegunungan bekas pertambangan batu bara. Kubangannya kemudian terisi air hujan yang ajaibnya malah terlihat seperti danau alami dengan air birunya. Jalanan menuju titik ini masih belum mulus. Namun, karena pengunjung yang datang terus bertambah, pemerintah setempat berjanji akan segera memperbaiki sarana dan prasarana agar wisatawan bisa liburan dengan nyaman.

Danau Biru Sawahlunto, Sumbar
Danau Biru Sawahlunto, Sumbar [image source]

Danau yang Dikelilingi Bebatuan

Danau Biru dikelilingi bebatuan
Danau Biru dikelilingi bebatuan [image source]
Sisa-sisa pertambangan di lokasi ini masih terlihat jelas dari gunung batu yang mengelilingi danau. Batu-batu dengan pepohonan yang ada di sekitar malah menjadikan keseluruhan pemandangan di sini sangat indah. Airnya pun jernih dan berwarna biru sekali. Kalau ada wisata alam secantik ini, tahu kan tugas kita apa? Yap, menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarangan ataupun mencoret-coret tebing yang ada.

Wisata alam, Danau Biru Sawahlunto
Wisata alam, Danau Biru Sawahlunto [image source]

Wisata Lainnya di Sawahlunto

Monumen kesetiaan
Monumen kesetiaan [image source]
Selain Danau Biru dan berbagai pesona Bukittinggi seperti Benteng Fort de Kock atau Lubang Jepang yang sarat cerita dan sejarah masa penjajahan, ada juga wisata alam lain di Sawahlunto. Adalah Monumen Kesetiaan yang dilengkapi dengan berbagai spot selfie, cocok untuk pasangan muda-mudi. Tempat ini terletak di Puncak Cemara, Barangin. Selain itu, ada juga Batu Runciang, di daerah Silungkang. Jangan lupa membeli oleh-oleh songket cantik dari daerah sini, ya.

Batu Runciang
Batu Runciang [image source]

Akomodasi Sawahlunto

Hotel Ombilin
Hotel Ombilin [image source]
Bermalam di Sumatera Barat merupakan ide yang bagus, lho. Tempat menginap di daerah sini tidak mematok tarif mahal. Hotel Ombilin di Jl. Ahmad Yani hanya berjarak 30 menitan dari Batu Runciang. Per malamnya mereka hanya memasang tarif sekitar 260 ribu rupiah. Atau bisa coba menginap di Parai Garden City Hotel di Jl.  Baginda Aziskan. Harga kamar di sini pun di bawah 500 ribu rupiah per malamnya.

Parai Garden Hotel
Parai Garden Hotel [image source]
Danau Biru Sawahlunto

Lokasi: Tumpuak Tangah, Talawi, Kota Sawah Lunto, Sumatera Barat 27443

Wah, wajib banget nih menyaksikan keindahan Danau Biru dengan mata sendiri. Mumpung sedang berada di Sumatera Barat, jangan lupa mencoba rendang di daerah asalnya, juga Teh Talua yang menjadi minuman khas Minangkabau. Bagaimana, jadi kapan nih?

Advertisement
Tags
Wisata sawahlunto wisata sumatera barat
Share