Indahnya Hamparan Bunga Lotus Penuhi Danau Rana Tonjong NTT

Advertisement

Keindahan alam Nusa Tenggara Timur memang patut diacungi jempol. Tak heran banyak traveler lokal hingga mancanegara selalu membanjiri kawasan tanah Flores. Selain indahnya Labuan Bajo ternyata juga memiliki destinasi wisata alam yang masih tergolong alami. Namanya Danau Rana Tonjong, salah satu pasokan air di area Kabupaten Manggarai ini kerap menjadi sorotan banyak traveler. Keunikan dari danau ini tak lain adalah tumbuhnya bunga lotus ketika mekar sangat memanjakan mata.

Danau Rana Tonjong dengan hamparan bunga lotus yang super cantik. Foto via pewefeed.com

Ketika bunga ini belum bermekaran, maka kamu hanya melihat daun laut bertebaran diatas air danau. Namun, jangan khawatir, meski hanya hamparan hijau daun lotus, panorama danau Rana Tonjong ini tetap menawan. Hadirnya perbukitan serta birunya langit menjadikan panorama terkolaborasi sangat sempurna. Namun ketika musim hujan tiba, danau ini terkadang diselimuti tipisnya kabut awan. Hingga menjadikan suasana semakin tenang nan syahdu.

Meski bunga lotus tidak berbunga, keindahan danau Rana Tonjong tetap menawan. Foto via ticmpu.com

Danau ini sejatinya jarang dijamah oleh banyak wisatawan, sehingga akses menuju danau cantik ini masih harus melewati semak belukar. Karena masih harus menembus susahnya jalanan hingga ke danau menjadikan danau ini termasuk hidden gem, dan tidak cocok untuk wisata keluarga yang membawa anak kecil ataupun orang tua. Keindahan danau memang ada pada hamparan bunga lotus ketika mekar, jadi untuk kamu yang ingin menikmati hamparan bunga lotus diatas danau ini datanglah disaat bulan September hingga Oktober.

Tampilan bunga lotus dari jarak dekat seperti bunga teratai. Foto via idntimes.com

Mengingat danau Rana Tonjong adalah kawasan jarang terjamah, maka bersabarlah untuk tidak mengharap adanya fasilitas. Bagi kamu yang ingin mengeksplore danau Rana Tonjong, persiapkanlah segala sesuatunya termasuk logistik makanan dan minuman, karena area danau tidak tersedia satu pun warung penjual makanan. Bawalah pakaian ganti untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjerembabnya kaki diair danau. Karena tumbuhnya bunga lotus ini menutupi hampir seluruh permukaan danau.

Akses menuju danau Rana Tonjong harus melewati semak belukar. Foto via metrodeadline.com

Teman traveler juga bisa bermalam disekitaran danau Rana Tonjong dengan mendirikan tenda. Namun tetaplah berhati-hati karena tidak adanya petugas keamanan, dan tetap waspada terhadap binatang melata seperti ular. Menariknya, wisata ke danau ini tidak dipungut biaya seperser pun. Kamu bisa menitipkan kendaraanmu di pemukiman terdekat dari danau. Jangan sekali kali meninggalkan sampah bekas aktivitasmu sehingga keberadaan danau ini akan tetap asri dan alami.

Advertisement
Tags
Wisata Air wisata alam Indonesia wisata danau wisata ntt wisata nusantara
Share