Desa Tetebatu di Lombok NTB Mewakili Indonesia di Ajang Desa Wisata Internasional

Advertisement

Tanah Air kita memiliki ribuan desa wisata dengan keindahan alam menakjubkan, biasanya untuk destinasi liburan Teman Traveler. Seperti Desa Tetebatu di Lombok, NTB akan mewakili Indonesia di ajang desa wisata internasional. Berikut penjelasan lengkapnya.

Ajang Best Tourism Village UNWTO 2021

ajang best tourism village
Ilustrasi via instagram adribertolani

Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah direkomendasikan menjadi wakil Indonesia di ajang kompetisi ‘Best Tourism Village UNWTO 2021’. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H Yusron Hadi, tim kabupaten Lombok Timur telah menyiapkan berbagai kelengkapan data beserta film-film pendek yang menggambarkan daya tarik objek wisata desa.

Rekomendasi Gubernur NTB juga sudah disampaikan sebagai pelengkap dokumen pendaftaran demi bentuk komitmen provinsi NTB. Selain itu Yusron berharap hal ini bisa menjadi momentum kebangkitan pariwisata Indonesia di tengah pandemi covid-19.

Pantas Menjadi Wakil Indonesia

pantas menjadi wakil indonesia
Ilustrasi via instagram trzhkpmta

Selanjutnya menurut Ketua Asosiasi Desa Wisata NTB Ahyak Mudin, Desa Tetebatu pantas menjadi wakil Indonesia di ajang internasional tersebut. Selain karena alamnya indah adalah banyak menyimpan sejarah. Tetebatu dikenal menjadi destinasi wisata pertama kali oleh wisatawan asal Belanda pada tahun 1965. Desa ini menjadi pusat akomodasi wisatawan asing yang singgah di Lombok Timur. Lalu desa ini juga menjadi motivator berdirinya puluhan desa wisata di sekitarnya.

Keindahan Desa Wisata Tetebatu

keindahan desa wisata tetebatu
Ilustrasi via instagram matabokoqadventure

Desa yang menjadi salah satu jalur pendakian Gunung Rinjani ini telah dikenal menjadi destinasi wisata sejak kolonial Belanda. Berada di bawah pegunungan dengan ketinggian 700 meter, membuat suasananya sejuk dan tenang yang disukai para wisatawan zaman dahulu hingga saat ini.

Daya tarik wisata di sini terdapat sawah terasering, air terjun Sarang Walet atau Bat Cave, air terjun Kokok Duren. Kemudian ada hutan monyet hitam asli Tetebatu, selain itu para wisatawan bisa jalan-jalan di perkebunan kopi, coklat, vanili, dan cengkeh milik masyarakat desa. Bahkan bisa ikut menanam bibit jika musim tanam padi datang, lalu ada puluhan pilihan akomodasi yang tersedia untuk menginap.

Demikian penjelasan Desa Tetebatu di Lombok menjadi wakil Indonesia di kompetisi Internasional, kita nantikan hasilnya Teman Traveler! Jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan.

Advertisement
Tags
Desa Tetebatu desa wisata di indonesia desa wisata nusa tenggara barat NTB
Share