12 Destinasi Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Siap Buat Mulut Menganga

Advertisement

Menjadi satu hal yang cukup aneh jika mau mengeluarkan uang berjuta-juta guna mengunjungi destinasi wisata di negara lain dan menganggap obyek wisata di Indonesia sangat terbatas atau hanya itu-itu saja. Jika Anda mau sedikit memeriksa di peta atau melalui Google Map, Indonesia memiliki ratusan bahkan ribuan pulau yang menawarkan keindahan alam nan eksotis, salah satunya adalah di Nusa Tenggara Timur (NTT).

NTT adalah sebuah provinsi di Indonesia yang memiliki 3 pulau utama, yaitu Flores, Sumba dan Timor Barat. Selain itu, provinsi yang beribukota di Kupang ini juga memiliki kurang lebih 550 pulau lainnya, seperti Alor, Lembata, Rote, Sabu, Adonara, Solor sampai dengan Palue.

Setiap pulau yang termasuk dalam kawasan NTT mempunyai banyak sekali obyek wisata alam, destinasi wisata bersejarah sampai dengan tempat untuk wisata kuliner. Berikut ini adalah spot-spot wisata menarik yang dapat Anda kunjungi jika berada di provinsi yang bersebelahan dengan Timor Leste yang memerdekakan diri dari Indonesia pada tahun 2002 lalu itu.

1. Danau Kelimutu

Terletak di Pulau Flores, Danau kelimutu berada tepat di dekat Gunung Kelimutu atau di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau Kelimutu ini terkenal karena air danaunya terbagi menjadi 3 warna. Bahkan dikarenakan hal tersebut, danau satu ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna Kelimutu.

Danau Kelimutu [image source]
Danau Kelimutu [image source]
Keindahan Danau Kelimutu sudah terkenal sejak zaman penjajahan dan banyak para petinggi Kerajaan Belanda yang pergi mengunjungi danau satu ini. Dikarenakan keindahannya, Danau Kelimutu pernah diabadikan oleh Pemerintah Indonesia sebagai hiasan di satuan uang kertas yang digunakan di Tanah Air.

2. Pulau Komodo

Dinamakan Pulau Komodo karena di pulau ini terdapat hewan prasejarah yang masih hidup sampai sekarang, yaitu komodo. Terletak di Kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat, Pulau Komodo berada di bagian paling barat NTT dan berbatasan langsung dengan NTB atau Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya sekarang saja, Pulau Komodo beserta komodo-nya sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia sejak tahun 1910-an. Yaitu ketika para tentara Belanda menerima laporan bahwa ada monster mirip kadal dengan ukuran besar berada di pulau tersebut.

Pulau Komodo [image source]
Pulau Komodo [image source]
Bahkan popularitasnya semakin menanjak setelah ada pemberitaan dari media Hindia Belanda yang mengulas tentang komodo dan keindahan pulau tersebut. Tertarik akan binatang itu, Douglas Burden melakukan ekspedisi ke Pulau Komodo dan menjadi orang pertama yang menamai binatang melata tersebut dengan sebutan Komodo Dragon.

Taman Nasional Komodo didirikan oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 1980-an dan oleh UNESCO diresmikan sebagai tempat konservasi khusus untuk melestarikan komodo. Selain komodo, di pulau ini juga memiliki keanekaragaman hayati di darat maupun laut. Setidaknya ada 1000 spesies ikan, ratusan karang koral dan banyak tanaman laut lain, beserta 19 spesies paus juga lumba-lumba yang menjadi penghuni bawah laut Pulau Komodo.

3. Pantai Nemberala

Terkenal dengan pesona alam pantainya yang indah serta ombaknya yang memiliki ketinggian standar internasional untuk selancar, Pantai Nemberala juga merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang patut Anda kunjungi ketika berada di Nusa Tenggara Timur. Berada di Pulau Rote atau pulau yang letaknya berada di paling ujung selatan Indonesia, Pantai Nemberala ternyata lebih dikenal oleh para wisatawan mancanegara dibandingkan dengan para turis lokal.

Pantai Nemberala [image source]
Pantai Nemberala [image source]
Anda tidak perlu khawatir memikirkan tempat istirahat ketika berada di tempat ini, karena pengembang dari Pantai Nemberala telah menyediakannya. Mulai dari penginapan biasa, homestay sampai dengan hotel yang memiliki tarif murah.

4. Batu Termanu

Batu Termanu [image source]
Batu Termanu [image source]
Ketika Anda mengunjungi obyek wisata Batu Termanu, maka ada 2 pilhan destinasi wisata lain, yaitu Batu Hun dan Batu Suelay. Di Batu Hun, Anda dapat melakukan aktivitas air, seperti menyelam, snorkeling sampai dengan memancing. Terdapat pula berbagai terumbu karang mutiara dan ikan kerapu yang berada di tempat tersebut.

5. Riung

Riung adalah sebuah taman wisata yang mencakup 17 pulau di dalamnya. Pulau-pulau yang masuk dalam kawasan Riung, antara lain Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Ontoloe (terbesar), Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima (Pulau Nani), Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa (Pulau Tampa atau Pulau Tembang), Pulau Tiga (Pulau Panjang), Pulau Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui dan Pulau Wire.

Riung [image source]
Riung [image source]
Selain menikmati pemandangan hutan bakau di sepanjang pesisir pantai dari setiap pulau di Riung, Anda juga akan mendapati berbagai fauna yang mendiami daerah-daerah itu. Ke-17 gugus pulau di Riung juga memiliki keindahan alam bawah laut.

6. Pantai Kolbano

Jika Anda melihat dari kejauhan, maka sepanjang pesisir Pantai Kolbano yang terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), ini akan nampak berkilauan. Hal ini disebabkan hamparan batu dengan warna-warni indah yang sangat indah dan terbentuk secara alami.

Pantai Kolbano [image source]
Pantai Kolbano [image source]
Selain memiliki beragam warna, mulai dari merah, hijau, kuning sampai yang memiliki corak khusus, bentuk dari batu-batuan yang tersebar merata di sepanjang pesisir Pantai Kolbano juga bermacam-macam, bahkan pantai seperti ini tidak ditemui di manapun di Indonesia.

7. Taman Laut Selat Pantar

Mungkin bukan suatu hal yang berlebihan jika menyandingkan keindahan Taman Laut Selat Pantar dengan Taman Laut Komodo, Bunaken di Sulawesi Selatan sampai dengan Raja Ampat di Papua. Karena memang keindahannya dapat diacungi jempol. Taman Laut Selat Pantar adalah sebuah taman laut yang terletak di Kabupaten Alor dan memiliki keindahan bawah laut yang mempesona, serta keragaman terumbu sampai hewan yang mendiaminya. Bahkan ada beberapa fauna yang berada di bawah lautnya tersebut masuk dalam kategori langka dan endemik.

Taman Laut Selat Pantar [image source]
Taman Laut Selat Pantar [image source]
Taman Laut Selat Pantar selalu menjadi jujukan para peselam kelas dunia. Selain itu, ketika menyelam ke bagian tertentu dari Taman Laut Selat Pantar, Anda akan berjumpa dengan hiu dasar laut yang cukup bersahabat dengan para penyelam.

8. Kampung Megalitik

Kampung Megalitik [image source]
Kampung Megalitik [image source]
Salah satu destinasi wisata menarik di NTT adalah Kampung Megalitik yang disebut juga dengan nama Kampung Bena. Kampung ini terletak di Desa Tiwuriwu, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada. Disebut megalitik karena memang di tempat tersebut terdapat peninggalan zaman megaltikum berupa susunan batuan yang dibentuk menjadi jalan secara rapi. Bahkan menurut masyarakat sekitar, jalan batu itu dibangun oleh Dhake dari Aimere atau orang pertama yang membangun jalan megalit tersebut.

9. Gua Liang Bua

Gua Liang Bua [image source]
Gua Liang Bua [image source]
Gua Liang Bua adalah sebuah gua yang terletak di Kabupaten Manggarai atau 14 kilometer dari Ruteng, Ibu Kota Manggarai. Gua Liang Bua menjadi terkenal sampai penjuru dunia karena di tempat ini pernah ditemukan tengkorak manusia purba berukuran pendek yang disebut dengan nama Homo floresiensis. Selain itu, di dalam gua besar ini, Anda dapat menikmati pemandangan stalagmit yang terbentuk secara alami dalam kurun waktu puluhan tahun.

10. Labuan Bajo

Labuan Bajo [image source]
Labuan Bajo [image source]
Ketika berada di Labuan Bajo atau pintu masuk ke Taman Nasional Komodo, Anda dapat juga mengunjungi beberapa pulau eksotis lainnya. Seperti Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kukusan Kecil dan Pulau Serayu. Selain itu, yang membuat Labuan Bajo direkomendasikan untuk dikunjungi adalah karena terdapatnya sebuah gua nan eksotis bernama Batu Cermin.

11. Pulau Kanawa

Satu lagi destinasi wisata pantai yang dimiliki provinsi Nusa Tenggara Timur, yaitu Pulau Kanawa. Di pulau yang terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo ini memiliki luas sekitar 32 hektar dengan pasir berwarna putih, serta air lautnya yang sangat jernih.

Pulau Kanawa [image source]
Pulau Kanawa [image source]
Bahkan ketika Anda menyelam, Anda dapat langsung melihat ‘surga’ bawah laut yang dipenuhi ikan dan penghuni laut lainnya. Terdapat juga ikan-ikan besar seperti manta, hiu sampai laut di kawasan laut Pulau Kanawa.

12. Pink Beach

Jika Anda pernah melihat gambar atau foto sebuah pantai berwarna merah muda, maka tidak perlu jauh-jauh berpikiran bahwa pantai tersebut hanya terdapat di luar negeri saja, karena provinsi NTT juga memiliki pantai seperti itu bernama Pink Beach.

Pink Beach [image source]
Pink Beach [image source]
Disebut dengan nama Pink Beach karena memang pasir pantainya jika dilihat dari kejauhan berwarna merah muda dan hal ini terbentuk oleh proses alam atau secara alami. Pantai dengan pasir merah muda ini hanya dapat ditemukan di 7 negara saja selain di NTT, yaitu di Filipina, Italia, Karibia, Bahamas, Yunani dan Bermuda.

Tertarik untuk berkunjung ke NTT dan menjelajah ke semua destinasi wisata yang disediakannya?

Advertisement
Tags
Flores Indonesia NTT Pulau Komodo Wahana Wisata
Share