Es Duren Pak Aip Sakinah di Bandung, Sensasi Segar Nikmat Sejak Tahun 1980-an

Advertisement

Buat kamu durian lovers, ada salah satu rekomendasi tempat yang perlu banget untuk dikunjungi jika sedang berada di Kota Kembang. Adalah Es Duren Pak Aip atau Sakinah yang begitu melegenda dan tenar dengan menu duriannya. Buat yang tidak terlalu gemar menikmati buah durian, ada pula menu lainnya yang bisa dicicipi. Lihat yuk bagaimana menggodanya es satu ini.

Es Durian Pak Aip yang Sudah Dirintis Sejak 1980-an

Es Durian Pak Aip, via Instagram/duniakulinerbdg
Es Durian Pak Aip, via Instagram/duniakulinerbdg

Es Durian Pak Aip ini sudah ada sejak tahun 1987. Bisa dibilang Pak Aip ini merupakan pelopor Es Durian di Bandung. Untuk penamaa Sakinah di belakannya, karena memang lokasi berjualannya di Kantin Sakinah. Selain itu, juga bertujuan supaya para pelanggan tidak tertukar dengan para penjual lain yang menjajakan dagangan serupa.

Pelanggan Datang dari Berbagai Kalangan

Pilihan menu yang beragam, via Instagram/dian_purnama_cantik
Pilihan menu yang beragam, via Instagram/dian_purnama_cantik

Memiliki cita rasa yang begitu nikmat, tak salah jika Es Duren Pak Aip begitu digemari. Banyak orang ataupun wisatawan yang berkunjung hanya untuk menikmati seporsi es durian. Artis dan juga pakar kuliner sekelas almarhum Bondan Winarno juga pernah berkunjung. Hal tersebut bisa dilihat dari kolase foto yang dipajang oleh pemilik di dalam tempat berjualnya.

Varian es durian kelapa alpukat, via Instagram/eatoutbdg
Varian es durian kelapa alpukat, via Instagram/eatoutbdg

Menu-menu yang Ditawarkan

Es yang begitu menggiurkan, via Instagram/lamakbanagallery
Es yang begitu menggiurkan, via Instagram/lamakbanagallery

Menu utama yang ditawarkan di tempat makan Bandung ini adalah es durian. Terdapat kurang lebih 20 varian yang bisa dicoba. Mulai dari rasa original, lovely pink, durian alpukat, chocholava, dan masih banyak lagi yang lainya. Variannya memang beragam, tapi tetap saja yang menjadi favorit banyak orang adalah es duren original. Duriannya begitu terasa, dan rasa susu vanilannya bikin makin legit menggigit.

Satu porsi es durian ada daging durian, es serut, gula putih, dan susu vanila yang menciptakan perpaduan rasa segar, legit, dan gurih dari daging buahnya. Jangan lupa pula mencoba mie ayam yang ditawarkan.

Lokasi Es Durian Pak Aip yang Melegenda

Menyegarkan, via Instagram/makanminumid
Menyegarkan, via Instagram/makanminumid

Es Durian Pak Aip ini sekarang sudah begitu melegenda dan memiliki banyak cabang, baik di Bandung sendiri atapun di Jakarta. Pusatnya terdapat di Jl. Tubagus Ismail raya No. 5, Bandung. Sementara itu aca 7 cabang di bandung dan 3 cabang di Jakarta. Rata-rata buka mulai jam 10:00 hingga 22:00 WIB. Harganya seporsi Es Duren Pak Aip berkisar antara Rp24.000-Rp27.000.

Durian memang merupakan salah satu buah yang penuh kontroversi. Satu sisi, banyak pencintanya, di lain pihak tidak sedikit yang membencinya karena aromanya. Bagi yang suka, pastikan singgah di Es Duren Pak Aip, ya.

Advertisement
Tags
Bandung Es durian pak aip Indonesia Jawa Barat kuliner bandung
Share