Ajak si Kecil ke Festival Dolan Anak 2019, Nostalgia dengan Permainan Jadul yang Seru

Advertisement

Siapa nih Teman Traveler yang berencana liburan di Jogja bersama dengan anak-anak? Siap-siap ya. Akan ada Festival Dolan Anak 2019, yaitu ajang bersenang-senang bagi anak dengan media permainan tradisional dan berbasis alam. Bisa langsung datang saja ke lokasi acara. Penasaran seperti apa? Yuk dibaca ulasan berikut.

Festival Dolan Anak 2019

Festival Dolan Anak 2019 via Instagram @jogja_green_school
Festival Dolan Anak 2019 via Instagram @jogja_green_school

Festival Dolan Anak 2019 ini diprakarsai oleh Jogja Green School, sekolah berbasis alam di dusun Jambon, desa Trihanggo, kecamatan Gamping, kabupaten Sleman, Jogja. Dapat ditempuh selama sekitar 20 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Event yang ditujukan untuk anak-anak ini akan diselenggarakan pada hari Minggu, tanggal 6 Januari 2019, dimulai pukul 9 pagi. Kegiatan dengan slogan “Budaya Kita Keren” ini tidak dipungut biaya.

Praktik Membuat Permainan Tradisional

Ilustrasi Anak-anak Bermain Egrang via Instagram @eyanghangcokrobung
Ilustrasi Anak-anak Bermain Egrang via Instagram @eyanghangcokrobung

Festival Dolan Anak 2019 akan berisi beragam agenda yang dikemas menyenangkan sehingga anak-anak tidak merasa bosan. Ada pertunjukan permainan tradisional, seperti egrang, gasing, kelereng yang juga biasanya diajarkan kepada siswa di Jogja Green School.

Ilustrasi Anak Bermain Gasing via Instagram @werigraphic
Ilustrasi Anak Bermain Gasing via Instagram @werigraphic

Workshop membuat permainan tradisional di mana anak-anak secara langsung praktik membikin mobil-mobilan dari bahan alam. Ada juga workshop pembuatan wayang kancil, anak-anak dapat mengasah kreativitas di agenda ini. Teman Traveler bisa mengunjungi bazaar di lokasi, sembari si kecil bermain.

Mengenal Wayang Kancil

Ilustrasi Wayang Kancil via Instagram @wisnu_sri
Ilustrasi Wayang Kancil via Instagram @wisnu_sri

Salah satu agenda Festival Dolan Anak 2019 adalah pertunjukan Wayang Kancil. Kesenian nusantara ini tidak jauh berbeda dengan wayang kulit pada umumnya. Sama-sama terbuat dari kulit kerbau dan dimainkan dengan iringan gamelan, walau terkadang tanpa gamelan juga bisa.

Keistimewaannya adalah wayang kancil serupa dengan fabel, tokoh dan ceritanya mengenai hewan-hewan. Ada juga cerita anak-anak lain dengan tokoh manusia. Pertunjukan wayang kancil tidak lagi populer, tergeser oleh permainan berbasis gadget. Oleh karena itu, event ini merupakan upaya memperkenalkan pada anak-anak bahwa permainanan tradisional ini juga keren.

Istirahat Sejenak dari Permainan Berbasis Gadget

Ilustrasi Anak Bermian Gadget via Instagram @vincentius_kuori
Ilustrasi Anak Bermian Gadget via Instagram @vincentius_kuori

Sudah bukan rahasia lagi bahwa gadget merupakan media ‘bermain’ yang tidak hanya untuk orang dewasa, bahkan anak-anak sekalipun. Hal itu terjadi karena semua mengikuti perkembangan zaman. Namun terkadang ada perlunya beristirahat sejenak dari permainan berbasis gadget, terutama bagi anak kecil. Sesekali memperkenalkan permainan tradisional yang juga seru. Festival Dolan Anak 2019, dapat menjadi wadah bermain mengasyikkan berbasis seni nusantara.

Berhubung acara dimulai pagi hari, sebaiknya persiapkan anak atau adik Teman Traveler. Jangan sampai kelewatan ya. Kalau sudah selesai bermain di Festival Dolan Anak 2019, bisa lanjut jelajah wisata di Jogja. Sudah siap untuk acaranya?

Advertisement
Tags
Agenda DIY Festival Dolan Anak 2019 Indonesia Jogja Wisata
Share