Cuci Mata dengan Foto-Foto Bangunan Unik, Mulai dari yang Berbentuk Ikan Hingga Kloset

Advertisement

Anda pasti sudah sering melihat foto berbagai bangunan terindah dunia yang didesain oleh para arsitek terkenal. Lalu bagaimana dengan bangunan-bangunan unik dengan bentuk tak biasa seperti ikan, nanas, hingga kloset? Ternyata ada lho, orang-orang yang sengaja mengaplikasikan bentuk-bentuk tersebut dalam sebuah bangunan.

Kebanyakan bentuk bangunan ini sangat berhubungan erat dengan benda-benda yang ada di dalamnya. Hmm, coba intip, yuk!

1. The Big Pineapple, Afrika Selatan

Di sebuah desa kecil bernama Bathurst, Anda akan menemukan nanas raksasa setinggi 16 meter. Nanas raksasa berwarna kuning cerah ini merupakan bagian dari Summerhill Estate Pineapple Plantation, sebuah tempat untuk membudidayakan berbagai jenis nanas.

The Big Pineapple, Afrika Selatan [image source]
The Big Pineapple, Afrika Selatan [image source]
Bangunan ini terdiri dari 3 lantai dan memiliki auditorium dengan kapasitas 60 orang. Ada juga museum nanas dan toko yang menjual berbagai olahan dari buah nanas. Bangunan ini berdiri pada tahun 1990, dan terbuat dari baja serta fiberglass.

2. Toilet Museum, Korea Selatan

Hmm, bagaimana rasanya jika Anda harus masuk ke dalam sebuah toilet raksasa? Hal ini rupanya bukan cuma sekedar imajinasi semata. Ada bangunan berbentuk kloset raksasa yang terletak di Suwon, Korea Selatan. Bangunan yang diciptakan pada tahun 2007 ini merupakan sebuah toilet museum yang diresmikan oleh Ketua World Toilet Association , Jack Sim.

Toilet Museum, Korea Selatan [image source]
Toilet Museum, Korea Selatan [image source]
Bangunan unik ini terletak di dalam Restroom Cultural Park dan memiliki luas 300 meter. Di dalam museum ini, Anda bisa menemukan berbagai benda seni bertemakan toilet, bentuk-bentuk kloset unik, hingga tanda toilet dari berbagai belahan dunia.

3. Meitan Tea Museum, Cina

Meitan yang terletak di provinsi Guizhou merupakan daerah yang terkenal sebagai penghasil teh hijau terbaik. Jadi tak mengherankan jika di daerah ini Anda bisa menemukan poci teh raksasa setinggi 74 meter. Di sebelah bangunan unik ini, Anda akan menemukan bangunan lain berbentuk gelas untuk minum teh.

Meitan Tea Museum, Cina [image source]
Meitan Tea Museum, Cina [image source]
Di dalamnya, Anda bisa mengenal berbagai jenis teh yang ada dan juga cara penyeduhannya. Ada juga hotel dan restoran yang menyajikan teh terbaik di Cina. Museum ini meraih gelar dunia sebagai bangunan berbentuk poci terbesar, mengalahkan bangunan serupa bernama The Chester Pot di Inggris.

4. National Fisheries Development Office, India

Gedung perkantoran biasanya memiliki bentuk yang membosankan, tapi beda halnya dengan National Fisheries Development Office di India ini. Sesuai dengan fungsinya sebagai kantor pengembangan perikanan nasional, gedung ini dibentuk menyerupai ikan raksasa.

National Fisheries Development Office, India [image source]
National Fisheries Development Office, India [image source]
Bangunan ini dibuat pada tahun 2012 dan terinspirasi dari golden fish sculpture karya Farank Gehry yang ada di Barcelona, Spanyol. Hingga saat ini, National Fisheries Development Office menjadi salah satu bangunan terunik dunia yang menarik minat para wisatawan.

5. Grand Guitar, Amerika

Gedung Grand Guitar yang terletak di Bristol, Tennessee , merupakan satu-satunya bangunan berbentuk gitar raksasa yang ada di dunia. Bristol dikenal sebagai kota musik karena menjadi lokasi rekaman lagu country pertama di Amerika oleh Carter Family dan Jimmy Rogers di tahun 1927.

Grand Guitar, Amerika [image source]
Grand Guitar, Amerika [image source]
Bangunan sepanjang 21 meter ini merupakan toko gitar yang juga menjadi museum. Dibangun pada tahun 1983, Grand Guitar benar-benar memiliki lubang suara yang sekaligus berfungsi sebagai jendela dan senar yang terbuat dari tali nilon.

Meski bukan merupaka. tempat wisata, namun bangunan-bangunan ini banyak dikunjungi turis lantaran keunikannya. Kalau berkesempatan mengunjunginya juga, jangan lupa abadikan dalam foto, ya!

Advertisement
Tags
Afrika Selatan amerika bangunan unik Cina India Korea Selatan
Share