Foto-foto Jadul Stasiun Kereta di Indonesia, Menawan Sejak Dulu Kala

Advertisement

Kereta Api adalah transportasi yang termasuk bersejarah di Indonesia. Beberapa bangunan stasiun zaman dulu pun masih dipertahankan bentuk aslinya sejak dibangun oleh Belanda ratusan tahun silam. Melewatinya ketika naik kereta api seperti menjelajah lorong waktu. Seperti apakah suasana ketika gedung-gedung itu baru beroperasi. Agar kamu tidak menerka-nerka. Berikut ini Travelingyuk telah mengumpulkan beberapa foto stasiun kereta api dari zaman dulu. Sungguh menakjubkan.

1. Yang pertama adalah Stasiun Tanjung Priok di Jakarta. Beginal pesonanya pada tahun 1885. Masih sederhana tapi mewah pada zamannya.

Stasiun Tanjung Priok tahun 1885
Stasiun Tanjung Priok tahun 1885 via kaskus.co.id

2. Kemudian di Tahun 1930 bangunannya berubah menjadi lebih besar dan masih sama hingga saat ini.

Tanjung Priok tahun 1930
Tanjung Priok tahun 1930 via Pinterest

3. Tidak jauh berbeda dengan saat ini, Stasiun Jatinegara Jakarta Timur masih bernuansa klasik. Penumpang pun dibuat lebih nyaman di ruang tunggu, atasiun ini salah satu yang terbaik di zaman Belanda.

Stasiun Jatinegara Jakarta Timur
Stasiun Jatinegara Jakarta Timur via kaskus.co.id

4. Pernah naik kereta dari Stasiun Bogor? Beginilah bentuknya di tahun 1904. Meski waktu berlalu, wajahnya jauh berubah.

Stasiun Bogor
Stasiun Bogor via Indonesia Tempo Doeloe

5. Stasiun Tugu Jogja juga tidak kalah menawan. Foto berikut ini diambil tahun 1935. Memperlihatkan bagian depan stasiun dan beberapa delman yang mengantarkan penumpang.

Stasiun Tugu Jogja tahun 1935
Stasiun Tugu Jogja tahun 1935 via jogjig

6. Bukan hanya kereta antik yang terlihat di foto lama Stasiun Purwosari Surakarta ini, tapi juga ragam penumpang hingga mobil-mobil zaman dulu.

Stasiun Purwosari
Stasiun Purwosari via kaskus.co.id

7. Stasiun Bandung diresmikan pada 17 Mei 1884 dan hingga sekarang fasilitasnya masih bisa dinikmati. Foto berikut ini menunjukkan rupa stasiun pada tahun 1930.

Stasiun Bandung
Stasiun Bandung via Bandung tempo dulu

8. Termasuk Stasiun Malang Kota Baru yang yang sejak zaman Belanda telah ramai dikunjungi para penumpang.

Stasiun Malang Kota Baru
Stasiun Malang Kota Baru via akuBagus.com

Itulah beberapa foto zaman dulu stasiun kereta api di Pulau Jawa. Bangunannya yang khas bukan sekadar indah dipandang. Tapi juga merupakan pengingat akan perjuangan rakyat yang mati-matian membangun lintasan kereta api.

Advertisement
Tags
Akomodasi Indonesia Kereta api
Share