Garuda Indonesia Melakukan Uji Coba IATA Travel Pass Pertama di Indonesia

Advertisement

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan melakukan uji coba penerapan International Air Transport Association atau IATA Travel Pass untuk persyaratan perjalanan udara Internasional pertama di Indonesia. Uji coba akan dilakukan pada 30 Agustus 2021 sampai 13 September 2021. Berikut penjelasannya.

Maskapai Pertama

maskapai pertama
Ilustrasi via instagram 757spotter

Garuda Indonesia menjadi maskapai pertama yang melakukan uji coba IATA Travel Pass, dilakukan pada 30 Agustus – 13 September 2021 akan diterapkan pada penerbangan GA874/GA875 rute Jakarta-Haneda pergi dan pulang (PP). Uji coba ini sebagai aplikasi autentikasi dokumen kredensial kesehatan Covid-19 digital, nantinya akan mempermudah proses para penumpang terutama yang akan melakukan perjalanan Internasional.

Uji Coba Penting Dalam Industri Penerbangan

uji coba penting
Ilustrasi via instagram gccbusinessnews

Kemudian Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pihaknya bangga menjadi maskapai pertama di Indonesia yang menguji coba aplikasi tersebut. Lalu uji coba ini memiliki arti penting dalam mempersiapkan maskapai dan industri penerbangan, apalagi beberapa negara secara bertahap mulai melonggarkan pembatasan wilayah.

Selanjutnya uji coba ini merupakan upaya untuk bergerak adaptif di era yang penuh tantangan, salah satunya mengoptimalisasi layanan digital. Serta memberikan kemudahan, rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan perjalanan antarnegara. Selain itu sebagai bentuk dukungan terhadap pemulihan ekonomi nasional dan industri penerbangan global untuk memulai kembali konektivitas antarnegara.

IATA Travel Pass

iata travel pass
Ilustrasi via instagram gccbusinessnews

Lalu apa itu IATA Travel Pass? Merupakan sebuah aplikasi berbasis digital yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan mengelola hasil sertifikasi tes atau vaksin covid-19 dengan mudah dan aman. Melalui aplikasi ini dapat memperoleh informasi syarat dokumen covid-19 untuk destinasi tujuan, termasuk informasi tentang lokasi laboratorium pengujian covid-19 yang terakreditasi.

Aplikasi tersebut juga memungkinkan pengguna jasa memiliki paspor digital untuk mengelola dokumen perjalanan yang dibutuhkan. Aplikasi dapat diunduh melalui App Store bagi pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna Android.

Teman Traveler dapat membuat akun dengan mengisi data digital dan melampirkan foto serta paspor. Saat memasukkan informasi rencana perjalanan ke IATA Travel Pass, pengguna akan mendapatkan informasi lengkap perihal persyaratan dokumen covid-19 yang berlaku di destinasi tujuan. Pengguna juga memiliki kendali penuh atas informasi pribadi yang akan dicantumkan karena penyimpanan data dilakuka secara lokal pada ponsel, bukan pada database pusat manapun.

Demikian penjelasan informasi Garuda Indonesia akan melakukan uji coba aplikasi IATA Travel Pass baru pertama di Indonesia. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan Teman Traveler.

Advertisement
Tags
Garuda Indonesia IATA Travel Pass info terbaru Informasi maskapai indonesia maskapai penerbangan news
Share