Gempa Lombok, 40 Wisatawan Terjebak Longsor di Air Terjun Tiu Kelep

Advertisement

Gempa kembali mengguncang Lombok pada Minggu (17/03/19). Pukul 15.07 WITA, getaran berkekuatan 5,8 SR membuat warga berhamburan keluar rumah. Selang dua menit kemudian, gempa berkekuatan 5.2 SR kembali  terasa dan membuat masyarakat kembali panik.

Berdasarkan data BNPB, 13 orang warga terluka akibat gempa yang berpusat di Lombok Timur tersebut.  Salah satu kawasan yang juga terkena dampaknya adalah objek wisata air terjun Tiu Kelep di Desa Senaru, Lombok Utara.

Salah satu wisata di Lombok tersebut mengalami longsor akibat gempa bumi sehingga mengakibatkan puluhan wisatawan terjebak.

40 Wisatawan Terjebak Longsor, Mayoritas Warga Malaysia

Air Terjun Tiu Kelep via Instagram.com/kazimghafoor

Dilansir dari BNPB, sebanyak 40 orang wisatawan mancanegara dan domestik terjebak longor di wisata air terjun Tiu Kelep Lombok Utara. Longsor terjadi akibat dua kali gempa di wilayag sekitar. Para pelancong yang terjebak tersebut mayoritas merupakan warga negara Malaysia.

Dua Meninggal Tertimpa Longsoran

Ambulans untuk mengevakuasi korban via Facebook Endri E.F

Dari 40 orang wisatawan yang terjebak tersebut, seorang wisatawan asal Malaysia ditemukan meninggal. Sementara itu seorang remaja asal Lombok Utara juga ditemukan tak bernyawa akibat tertimpa material longsoran di Air Terjun Tiu Kelep.

Jumlah Korban dapat Bertambah

Proses evakuasi korban via Facebook Ka Wawan Herman Husdiawan

Banyak wisatawan masih belum berhasil dievakuasi hinga tulisan ini diturunkan, sehingga jumlah korban kemungkinan masih bisa bertambah. Aparat terkait bersama warga sekitar masih berusaha menyelamatkan para pelancong yang terjebak longsor di Air Terjun Tiu Kelep. 

Gempa Terjadi Saat Kunjungan Wisatawan Ramai

Salah satu korban longsor via Facebook Endri E.F.

Banyaknya korban terjebak longsor dikarenakan gempa terjadi pada hari minggu. Saat itu ada cukup banyak wisatawan berkunjung ke Air Terjun Kelep. Kala musibah terjadi, puluhan wisatawan asal Malaysia memadati obyek wisata yang dikenal dengan keindahan air terjunnya tersebut.

Tetaplah berhati-hati bagi Teman Traveler yang ingin berwisata ke objek wisata manapun. Cuaca tidak menentu dan gempa bumi yang bisa terjadi kapan saja, harus jadi sinyal bagi kalian untuk meningkatkan kewaspadaan. Patuhi himbauan pihak terkait ketika sedang traveling dan jangan lupa selalu berdoa agar diberikan ketenangan dan keselamatan.

Advertisement
Tags
kontributor Lombok Travelingyuk wisata lombok
Share