Klangon, Uniknya Gerbang Berbentuk Kapal Bercadik di Kulon Progo

Advertisement

Jika umumnya sebuah gerbang antar kota atau provinsi dibatasi dengan gapura besar, lain halnya dengan Gerbang Klangon di Kulon Progo yang berbentuk kapal besar sebagai penanda masuk ke kawasan Candi Borobudur. Klangon menjadi pembatas antara daerah Kulon Progo dengan Magelang. Mau tau keunikannya?

Wisata Dadakan di Kulon Progo

Gerbang Klangon via ig/@gerbangsamudraraksa

Belum benar-benar diresmikan sebagai kawasan wisata, namun gerbang berbentuk kapal bercadik di Jembatan Progo sudah mendapat antusias luar biasa dari wisatawan maupun masyarakat sekitar. Pasalnya, Gerbang Klangon yang baru saja selesai dibangun ini memiliki daya tarik bentuk yang unik dan berbeda dari gerbang perbatasan pada umumnya, yakni kapal bercadik bertuliskan aksara jawa. Wisatawan berbondong-bondong datang untuk mengabadikan momen dengan bangunan besar tesebut. Menuruk mereka, Gerbang Klangon cocok dijadikan spot foto instagramable.

Sementara, bagian kanan jalan terdapat bangunan yang masih berupa samudra bertuliskan “Selamat Datang Di Kawasan Borobudur”.  Bukan hanya gerbang, tapi juga wisata kuliner dari penjaja makanan kaki lima yang mulai bermunculan memenuhi area sekitar gerbang. Selain menikmati makan dan berfoto, pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan Sungai Progo, hamparan sawah dan Perbukitan Menoreh. Jika sore, pengunjung akan disuguhi pemandangan sunset yang menawan. Karena panorama dan keunikannya lah Gerbang Klangon kini jadi wisata dadakan yang viral di Kulon Progo.

Fakta-Fakta Gerbang Klangon

Proses pengerjaan Gerbang Klangon via ig/@atnafery

Gerbang bertema Samudra Raksa sebenarnya merupakan bagian dari program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang digarap oleh Kementrian PUPR. Harapannya, gerbang tersebut mampu menjadi atraksi wisata yang sekaligus dapat meningkatkan perekonomian warga. Nantinya, lokasi tersebut juga akan menjadi rest area bagi wisatawan dari Candi Borobudur yang menuju Bandara YIA. Proyek pengerjaan Gerbang Klangon ditaksir mencapai 27 miliar dan akan dirampungkan akhir Desember 2020 ini oleh PT Sari Gunung Mataram Sakti.

Pembangunan tersebut diharapkan juga menjadi pusat informasi wisata dan sculpture Klangon. Sayangnya, wisatawan kurang hati-hati saat berada di area taman sehingga banyak tanaman terinjak-injak. Pedagang kaki lima yang kurang tertib juga menambah kesan tak rapi di kawasan gerbang tersebut. Padahal Gerbang Klagon belum benar-benar diresmikan oleh pemerintah.

Lokasi dan Aktivitas

Via ig/@erlinariza

Gerbang Klangon terletak persis di Jembatan Kali Progo di Jalan Naggulun Mendut, Karang Reso, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain melakukan akivitas foto dengan icon kapal bercadik, warga juga biasanya melakukan aktivitas memancing di Sungai Progo. Beberapa wisatawan juga menjadikan sungai sebagai spot foto karena airnya yang bersih.

Rekomendasi Wisata Sekitar Gerbang Klangon

Bukit Klangon via ig/@pesona_klangon

Selain menikmati wisata gerbang dadakan, teman traveler juga bisa mengunjungi beberapa wisata sekitar Gerbang Klangon yang jadi rekomendasi seperti Bukit Klangon di daerah Cangkringan. Ada pula Museum Kapal Samudraraksa di kawasan Candi Borobudur dan juga wisata ikonik Jogja yakni Candi Borobudur.

Wah, teman traveler yang bakal mengunjungi Jogja bisa memasukkan Gerbang Klangon ke daftar kunjungan nih. Selain gratis, teman traveler juga bakal dapat spot foto unik dan instagenik.

Advertisement
Tags
gerbang klangon gerbang klangon kulon progo info terbaru infro wisata klangon tempat wisata baru di kulon progo
Share