Gili Asahan, Surga Mungil Para Diver di Lombok Barat

Advertisement

Memandang keindahan menakjubkan dari Lombok, membuat mata seolah takkan akan ada bosan-bosannya. Apalagi juga sudah berada di pulau-pulau kecil, atau gili dalam bahasa setempat. Masing-masing lokasi tersebut selalu menawarkan keiistimewaan tersendiri. Salah satunya adalah Gili Asahan.

Barisan diver siap jelajahi bawah laut Gili Asahan (c) Rosita/Travelingyuk

Pulau kecil di sebelah barat Lombok ini merupakan surga para penyelam alias diver. Popularitas Asahan memang masih kalah dari Trawangan, namun si mungil nan elok cukup terkenal di kalangan penyelam dan wisatawan mancanegara.

Surganya para Penyelam

Senja di sekitar Asahan (c) Rosita/Travelingyuk

Gili Asahan merupakan salah satu spot menyelam favorit di Lombok. Tak heran jika banyak wisatawan pecinta keindahan bawah laut berkunjung
ke pulau kecil. Asahan sendiri termasuk destinasi yang masih jarang dikunjungi pelancong Nusantara. Padahal arus di sini relatif tenang, cocok untuk diving, karena berbatasan langsung dengan daratan Lombok.

Teman Traveler yang ingin menjelajah keindahan bawah laut Gili Asahan bisa menggunakan bantuan diving guide lokal. Mereka akan merekomendasikan spot-spot terbaik untuk kalian. Beberapa titik menyelam di Asahan yang sudah cukup terkenal di kalangan diver antara lain secret garden, snorkeling point, dan belongan.

Gili di Kawasan Sekotong

Perkampungan warga sekitar (c) Rosita/Travelingyuk

Gili Asahan terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat. Sekotong merupakan kawasan yang berbatasan langsung dengan perairan sejumlah gili lain di sisi barat Lombok. Beberapa di antaranya adalah Gili Gede, Penyu, Lontar, Poh, Rengit, Layar, Asahan, Goleng, Nanggu, Tangkong, Sudak dan Kedis.

Menawarkan pantai dengan hamparan pasir putih dan suasana syahdu, Pulau Asahan cocok bagi kalian yang ingin berlibur dengan atmosfer tenang. Jika ingin menginap, pulau mungil kecil ini memiliki beberapa bungalow serta campground area.

Selain berenang dan menyelam, di sini Teman Traveler juga bisa sedikit bertualang di darat. Asahan memiliki sebuah bukit yang cocok untuk melakukan soft tracking. Begitu sampai di puncak, kalian bisa duduk santai sembari menanti indahnya pemandangan matahari terbenam.

Aksesnya Cukup Mudah

Pemandangan matahari terbenam di Gili Asahan (c) Rosita/Travelingyuk

Akses menuju Gili Asahan tergolong mudah, didukung dengan kondisi jalan yang cukup baik. Dengan jarak sekitar 60 km dari Mataram, Teman Traveler akan butuh waktu perjalanan kira-kira dua jam untuk menuju Pelabuhan Tawun di Sekotong. Pelabuhan ini sekaligus jadi pintu gerbang menuju beberapa pulau kecil di sebelah barat Lombok.

Teman Traveler akan dengan mudah menemukan perahu-perahu nelayan yang biasa mengantar wisatawan menuju Gili Asahan. Ongkosnya relatif terjangkau. Bisa lebih murah jika kalian pandai menawar.

Kegiatan paragliding di puncak bukit sekitar Asahan (c) Rosita/Travelingyuk

Dari Pelabuhan Tawun, Teman Traveler hanya butuh waktu sekitar 10 menit sebelum akhirnya mendarat di Gili Asahan. Lautan tenang dan hamparan pasir putih akan siap menyambut kedatangan kalian di pulau mungil surga para diver ini.

Itulah sekilas ulasan mengenai Gili Asahan. Yuk segera realisasikan liburan ke Lombok Barat dan jangan lupa mampir ke sini. Selama berlibur Teman Traveler.

Advertisement
Tags
indonesia wisata kontributor Lombok Lombok Barat Travelingyuk Wisata
Share