Jelajah Goa Lawa Songgom Brebes, Luas Nan Eksotis

Advertisement
Goa Lawa Songgom Brebes yang eksotis. Foto via youtube.com

Sebuah Goa sarang kelelawar dikawasan pegunungan kapur Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini menyimpan banyak potensi alam yang cukup eksotis. Goa ini memiliki beberapa gugus lubang yang masih belum tereksplor. Pada awalnya memang tempat ini dikenal dengan sebutan Goa Lawa dan lokasinya berada di kawasan pegunungan kapur Desa Songgom Lor, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes. Sebelum dikelola menjadi destinasi wisata, goa ini merupakan sarang dari ribuan kelelawar. Makanya tidak heran, goa ini dinamai Goa Lawa.

Baca Juga : Aplikasi Software Gratis

Pintu masuk goa lawa Songgom dengan jembatan khas bambunya yang membuat nyaman pengunjung. Foto via instagram @ryandelonge_

Kawasan goa ini dikelola oleh masyarakat sekitar Goa sendiri. Sebuah kelompok atau paguyuban yang sadar wisata pesona goa dilingkungan Kabupaten Brebes sehingga menjadikan obyek ini sebagai tujuan wisata. Gotong royong warga ini melakukan pembenahan dan pembangunan sehingga tempat tersebut sangat a,man untuk dikunjungi oleh wisatawan

Pembangunan antara lain membuat tangga yang menuju mulut goa, menyiapkan tempat parkir dan lapak lapak warung. Goa ini memiliki potensi yang luar biasa untuk dijadikan pengetahuan umum. Tak lain dari itu, di dalam goa ini memiliki tempat yang eksotik untuk berfoto foto ria.

Tanjakan demi tanjakan perjalanan yang harus ditempuh menuju pintu goa lawa. Foto via instagram @boypratama07

Untuk tiket wisata masuk ke Goa Lawa ini masih gratis untuk pengunjung yang mengunjungi goa saat hari kerja. Dan untuk weekend cukup membayar seikhlasnya yang sudah disediakan kardus dipintu masuk goa. Dan tarif parkir dikenakan tarif Rp. 3.000 untuk satu kendaraan roda 2. Belum adanya tiket masuk akrena tempat wisata ini belum sepenuhnya resmi dari Pemerintah.

Memang menuju muliut goa perlu perjuangan besar karena harus menitih dianak tangga yang lumayan banyak dan cukup menanjak. Namun setelah masuk ke dalam goa akan disuguhi beberapa pemandangan yang menakjubkan dan juga hawa adem dan khas bau tanah yang semerbak membuat pengunjung bakal takjub. Didalam goa terdapat sebuah jembatan kayu dan bambu yang menghubungkan beberapa bagian goa lawa ini. Jembatan ini menghubungkan bagian jurang didalam goa yang dalamnya sekitar 2 sampai 4 meter.

luasnya ruangan utama goa dengan akar akar yang bergelantungan. Foto via jelajahlagi.id

Tetaplah berhati hati karena ada beberapa kontur batuan yang licin saat berada didalam goa. Semakin kedalam pengunjung bakal menemukan tempat yang lebih luas seperti ruangan utama dengan pencahayaan matahari yang menerobos lubang atas goa. Tak hanya satu lobang, 3 lobang sekaligus membuat daya tarik tersendiri dimana lobang lobang ini memiliki akar pohon yang bergelantungan. Luasnya ruang utama ini dapat menampungpengunjung hingga ratusan.

Advertisement
Tags
pesona alam nusantara wisata brebes wisata goa
Share