Goa Pucok Krueng, Keindahannya Bikin Takjub

Advertisement

Mungkin teman traveler bakal tak menyangka jika ujung barat Indonesia ini menyimpan pesona alam yang begitu mengagumkan. Aceh Besar misalnya, dengan sejuta panorama alam yang cukup menyita perhatian para pelancong dari mancanegara, terutama di bagian barat Kota Banda Aceh yang sangat terkenal dengan wisata bahari dan pegunungannya. Salah satunya Goa Pucok Krueng yang terletak di Kecamatan Lhoknga.

Pesona air telaga yang hijau toska sangat indah sekali. Foto via disparpora.acehbesar.go.id

Nama Goa Pucok Krueng ini diambil berdasarkan letak geografis destinasi wisata ini yang merupakan di sudut bebukitan yang memeluk pemukiman warga. Konon asal usul Pucok Krueng ini berasal dari bahasa lokal yang berarti ujung atau muara sungai. Pucok krueng berada dibalik bebukitan yang memeluk kawasan Lhoknga Aceh. Destinasi wisata ini merupakan keindahan tersembunyi yang nggak henti-hentinya menimbulkan decak kagum bagi wisatawan yang datang ke tempat ini.

Pucok krueng menawarkan wisata dengan kejernihan airnya yang berwarna biru menggenangi telaga, serta dinding-dinding batu cadas yang membentengi kawah. Selain itu tempat ini juga sangat asri karena dikelilingi pepohonan hijau yang rimbun sehingga membuat segar mata memkamung.

Goa Pucok Krueng dengan telaga yang indah. Foto via travelingindonesia.com

Kalau Teman Traveler mengunjungi telaga ini terdapat sebuah gua yang berdiri gagah dengan kelelawar sebagai penghuninya. Tak jarang kepak sayap kelelawar serta bunyi kelelawar menjadi harmoni tersendiri yang didengar oleh para pengunjung.

Untuk sampai ke lokasi, silahkan melewati jalur barat selatan dengan menyusuri jalan nasional Banda Aceh – Meulaboh selama 30 menit perjalanan. Selanjutnya perjalanan melewati jalan berupa jalan tanah dan bebatuan selama 30 menit. Perjalanan melewati jalan tanah dan bebatuan akan lebih terasa berat karena akses jalan yang dibilang masih seadanya. Namun perjuangan untuk sampai ke tempat ini akan terbayarkan setelah kamu sampai di Pucok krueng yang keindahannya tidak mengecewakan dan pastinya seru!

bebatuan goa yang seperti karang sangat kontras dengan warna air telaga. Foto via sepenuhnya.com

Selama perjalanan di tengah hutan, kemungkinan besar wisatawan akan bertemu binatang-binatang liar yang jumlahnya cukup banyak, seperti babi, anjing, ular dan monyet. Tetapi, semua kelelahan perjalanan tersebut akan terbayar lunas jika sudah sampai di Pucok Krueng dengan pemkamungannya yang luar biasa indah.

Namun yang jelas Pucok Krueng adalah salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga atau teman untuk melepas penat. Sungai yang airnya jernih, alam yang masih asri menjadikan pucok krueng sangat cocok untuk jadi destinasi liburan.

Tebing Goa Pucok Krueng yang sangat terjal. Foto via flickr.com

Rasa lelah kamu pastinya akan hilang dengan sajian panorama alam yang begitu memanjakan mata. Sungai dengan air kehijauan membuat rasa lelah langsung buyar. Bersebelahan dengan sungai telaga yang dibatasi dengan perbukitan yang curam dan bebatuan membuat rasa takjub mendera hati

Advertisement
Tags
Wisata aceh besar Wisata Alam Nusantara wisata nusantara
Share