Gua Jegles di Kediri, Terkenal Angker Kini Menjadi Tempat Wisata Hits

Advertisement

Beberapa waktu lalu viral wisata baru pada media sosial yaitu Gua Jegles di Kediri. Konon lokasi wisata ini dahulu terkenal angker namun kini menjadi tempat wisata hits. Meski masih dalam tahap pengembangan, gua ini bisa menjadi tujuan liburan lebaran Teman Traveler. Yuk simak ulasannya.

Angker dan Diselimuti Mitos

masih dalam pengembangan1
Ilustrasi via instagram aditiananda_

Gua Jegles dahulu adalah sebuah tempat yang tak terawat dan tak terpakai, bahkan objek wisata ini dianggap angker oleh masyarakat sekitar. Selain itu gua ini diselimuti mitos, dipercaya bahwa ada seekor ular besar sebagai salah satu penunggu tempat ini. Kemudian gua ini juga menjadi lokasi bersejarah, dahulu merupakan tempat persembunyian tentara PKI.

Namun kini telah disulap menjadi ikon wisata instagramable yang mulai ramai didatangi wisatawan lokal dan luar kota. Bisa dijadikan lokasi ngabuburit Teman Traveler nih!

Tanah Bekas Longsor

tanah bekas longsor
Ilustrasi via instagram aditiananda_

Menurut Kepala Desa Keling Rofii Lukman, gua ini adalah bekas tanah longsor yang kemudian dilakukan penggalian pada tanah setinggi 2,5 sampai 3 meter dan ditemukan Gua Jegles ini dengan relief yang sudah terbentuk sebelumnya.

Gua ini memiliki keunikan seperti tebing yang saling berdempetan serta berbelok-belok, di bawahnya terdapat aliran mata air. Teman Traveler tidak perlu khawatir karena sudah ada jembatan pada wisata ini, jadi lebih mudah untuk melewatinya.

Masih Dalam Pengembangan

angker dan diselimuti mitos
Ilustrasi via instagram muhammadanwarrr_

Selanjutnya untuk fasilitas dan wahana masih dalam pengembangan, nantinya selain wisata gua akan ada paket wisata rafting. Melihat potensi alam sekitar gua dan aliran Sungai Keling cukup mendukung sarana tersebut. Perkiraan rampung dan resmi dibuka setelah Hari Raya Idul Fitri ini.

Gua Jegles berlokasi di Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dari pusat kota Kediri berjarak sekitar 36 km dapat ditempuh sekitar 57 menit perjalanan.

Rekomendasi Wisata Lain

rekomendasi kampung indian
Ilustrasi via instagram ggabriellans

Berikutnya ada rekomendasi wisata lain yang dapat Teman Traveler kunjungi yaitu Kampung Indian Ngancar, mengusung konsep desa suku Indian. Mulai dari rumah-rumahan tradisional hingga ornamennya bernuansa Indian.

Teman Traveler bisa mengajak buah hati bermain pada fasilitas kolam renang anak, spot foto instagenic, dan menikmati udara khas pegunungan serta refreshing sejenak dari kesibukan. Di sini juga disediakan tempat makan dengan konsep tradisional, bangunannya dari bambu beratap jerami. Kemudian untuk tiket masuk wisata per orang Rp 10.000 saja.

Kampung Indian Ngancar berlokasi di Desa Sempu, Kacamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, dari pusat kota berjarak sekitar 28,5 km dengan waktu tempuh sekitar 47 menit perjalanan. Jam operasional pukul 08.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan wisata Gua Jegles di Kediri serta rekomendasi lainnya, bisa dijadikan referensi libur lebaran Teman Traveler.

Advertisement
Tags
Gua Jegles Jawa Timur Kediri wisata kediri
Share