Gulai Melung Bu Hadi, Kuliner Purbalingga yang Menggoyang Lidah

Advertisement

Purbalingga dikenal karena memiliki bahasa dan logat yang cukup unik, yaitu Ngapak. Di balik cara berbicara tersebut, kota ini memiliki beragam makanan lezat yang tentu saja bakalan memanjakan lidah dan juga perut. Salah satu kedai yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Purbalingga adalah Gulai Melung Bu Hadi. Nah, penasaran dengan kelezatan kuliner satu ini kan? Yuk, simak uraian selengkapnya berikut ini!

Cita Rasa Unik dari Gulai Purbalingga

Gulai Lezat Khas Purbalingga
Gulai Lezat Khas Purbalingga [image source]
Gulai Melung merupakan salah satu kuliner berbahan dasar olahan daging kambing yang terkenal di Purbalingga. Kelezatan dari menu satu ini dapat kamu nikmati di Warung Gulai Melung Bu Hadi yang terletak di dusun Melung, desa Larangan, Pengadegan. Buka sejak tahun 1980-an, kuliner tersebut memiliki cita rasa unik dengan daging empuk serta kuahnya yang kaya akan rempah. Tentu saja, hidangan enak satu ini membuat pecinta kuliner jatuh cinta.

Kuliner Enak di Purbalingga
Kuliner Enak di Purbalingga [image source]

Hidangan Tradisional yang Menggugah Selera

Balungan Lezat di Purbalingga
Balungan Lezat di Purbalingga [image source]
Tidak jauh beda dengan lainnya, Gulai Melung juga disajikan dalam bentuk kuah hangat yang kaya akan bumbu sedapnya. Sementara isinya terdiri dari daging, balungan, kikil, serta kepala kambing yang dihidangkan secara terpisah. Keistimewaan dari kuliner di Purbalingga ini bukan hanya karena rempah lengkapnya, tapi juga pemilihan bahan yang ternyata menggunakan daging kambing betina. Nah, kamu yang hobi menyantap gulai, wajib mampir ke sini nih!

Kuah Gulai Serta Daging Empuk yang menggugah selera
Kuah Gulai Serta Daging Empuk yang menggugah selera [image source]

Kuliner Lezat Langganan Tokoh Penting

Kedai Gulai Melung
Kedai Gulai Melung [image source]
Warung yang dimiliki oleh Bu Hadi ini memang tidak berada di pusat kota. Pun demikian, kedai makanan yang berjarak 28 km dari pusat kota ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Bahkan tokoh penting seperti keluarga besar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Siti Atiqah langganan mampir ke tempat makan ini. Selain mencoba gulainya, mereka juga jatuh cinta dengan rasa dari Tengkleng serta sumsum kambing. Nah, kamu yang tida suka dengan ketiga menu tersebut, bisa memiliki makanan lain seperti buntut (ekor kambing), balungan, iga dan cawang.

Kuliner Langganan Gubernur Jawa Tengah
Kuliner Langganan Gubernur Jawa Tengah [image source]

Keliling Objek Wisata Alam Purbalingga

Jembatan Cinta Pring Wulung
Jembatan Cinta Pring Wulung [image source]
Usai mengisi perut di kedai Gulai Melung Bu Hadi, waktunya untuk menjelajah alam Purbalingga. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi adalah Desa Wisata Panusupan yang berjarak 16 km dari kedai Bu Hadi. Di objek wisata ini kamu bakalan dimanjakan dengan keindahan alam super eksotis mulai dari pepohonan hingga spot selfie yang kekinian. Salah satunya adalah Jembatan Cinta yang hingga saat ini masih digandrungi oleh anak mudah.

Desa Wisata Panusupan
Desa Wisata Panusupan [image source]

Jajal Makanan Khas Purbalingga Lain yang Legendaris

Soto Misdar
Soto Misdar [image source]
Nah, untuk kembali mengisi tenaga setelah menikmati keindahan Desa Wisata Panusupan adalah menyantap menu makanan di warung Soto Misdar. Kedai yang terletak di depan Kantor Pengadilan Negeri Purbalingga ini menyediakan sajian soto lezat dengan taburan potongan daging sapi atau ayam yang lezat. Tidak kalah legendaris, tempat makan ini juga sudah ada sejak tahun 1981.

Soto Misdar Purbalingga
Soto Misdar Purbalingga [image source]

Nama : Gulai Melung Bu Hadi
Alamat : Dusun Melung, Larangan, Pengadegan, Purbalingga, Jawa Tengah
Telepon : 0813-2747-8922
Jam Buka : 09.00-21.00
Harga : mulai dari Rp20.000

Wah, makin banyak daftar tempat makan yang sudah kamu miliki? Belum lagi dengan destinasi wisata Purbalingga yang keren banget. Nah, kapan nih mencoba makanan lezat di kota ini?

Advertisement
Tags
Gulai Indonesia Jawa Tengah Purbalingga
Share