Talamau, Gunung dengan Telaga Terbanyak di Indonesia

Advertisement

Indonesia terkenal dengan alamnya yang menawan mulai dari pantai hingga gunung, semuanya keren. Tinggal di manapun, selalu ada objek wisata untuk dieksplorasi. Kali ini, Travelingyuk mengajakmu mendaki gunung Talamau. Di sana ada belasan tenaga jernih bukti bahwa negeri kita gemah ripah loh jinawi. Penasaran dengan tempat wisata alam satu ini:

Talamau merupakan gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat. Tepatnya di Kabupaten Pasaman Barat. Tingginya 2.920 meter dan masuk ke dalam kategori gunung api tidak aktif.

puncak gunung talamau
puncak gunung talamau [image source]

Yang membuatnya istimewa tidak hanya pepohonan hijau dan oksigen murni yang segar saat dihirup, tapi juga ada 13 telaga yang berada di ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut. Mengalahkan gunung-gunung lain di Indonesia.

Telaga di Gunung Talamau
Telaga di Gunung Talamau [image source]

13 telaga tersebut memiliki nama yang istimewa. Kenapa bisa begitu? Rupanya, menurut legenda setempat 13 telaga ini punya kisahnya masing-masing.

Salah Satu Telaga dari Dekat
Salah Satu Telaga dari Dekat [image source]

Mendaki ke Gunung Talamau, Kamu bakal disuguhi pemandangan luar biasa dari 13 telaga di atas. Berikut nama lengkapnya: Biru, Buluah Parindu, Cindua Mato, Imbang Langik, Lumuik, Mandeh Rubiah, Puti Bungsu, Puti Sangka Bulan, Rajo Dewa, Satwa, Siuntuang Sudah, Tapian Puti Mambang Surau dan Tapian Sutan Bagindo.

Satu dari Telaga di Gunung Talimau dari Atas
Satu dari Telaga di Gunung Talimau dari Atas [image source]

Tidak hanya telaga dengan air jernih dan segar, ada air terjun juga. Namanya Puti Lenggo Geni. Tingginya mencapai 100 meter lho!

Air Terjun Puti Lenggo Geni
Air Terjun Puti Lenggo Geni [image source]

Untuk akses menuju Gunung kebanggaan warga Sumatera Barat ini, bisa dari Kota Padang dan Rao (perbatasan Sumatera Barat dan Utara). Silakan dipilih dari jarak terdekat di mana kamu berada ya!

Taman Alami di Gunung Talamau
Taman Alami di Gunung Talamau [image source]

Jika berangkat dari Padang, ada angkutan umum menuju Kabupaten Pasaman Barat. Lama perjalanannya adalah 6 jam, biayanya juga murah lho tidak sampai 50ribu rupiah. Di kaki Gunung Talamau belum ada penginapan tapi kamu bisa menyewa kamar di rumah penduduk sekitar, dilansir dari wisatasumbar.

Para Pendaki Mulai Menuju Puncak Gunung
Para Pendaki Mulai Menuju Puncak Gunung [image source]

Jika sudah sampai di sana, ada titik pendakian yang bisa dipilih. Titik pertama bisa dimulai dari desa Pinagar, titik kedua bisa menggunakan pintu rimba yang dimulai di desa Malampah, dan titik ketiga dimulai dari Desa Kinali. Lama perjalanan menuju puncak sekitar 12 jam.

Titik Favorit Pendaki di Gunung Talamau
Titik Favorit Pendaki di Gunung Talamau [image source]

Papan petunjuk arah sudah tertata rapi di sana. Ada beberapa pos juga, siapa tahu bisa mendaki bareng traveler lainnya. Makin rame tambah seru.

Ramai-Ramai Lebih Seru
Ramai-Ramai Lebih Seru [image source]

Travelingyuk sarankan kamu pakai pemandu jika baru pertama mendaki atau baru pendaki pemula. Hal ini untuk menghindari kesasar dan sesuatu yang tidak diinginkan. Karena keselamatan adalah segalanya bukan?

Pendaki Gunung Talamau
Pendaki Gunung Talamau [image source]
Lokasi : Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat

Mumpung tenaga masih penuh di usia muda, jangan ragu untuk mendaki. Apalagi kalau punya hobi bertualang. Wisata Sumatera Barat tidak cuma itu-itu saja, ada Gunung Talamau yang indahnya tidak ketulungan. Setuju kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Pasaman Barat Sumatra Barat Telaga
Share