Fenomenal, Pemuda Ini Jalan Kaki dari Indonesia Untuk Haji ke Arab Saudi

Advertisement

Muslim mana yang tidak rindu dengan tanah suci, Mekkah. Untuk bisa sampai di sana, beberapa orang menyisihkan sebagaian penghasilannya demi umroh dan haji. Namun, ada pula dari mereka yang memutuskan untuk melakukan ibadah dengan backpackeran. Ya, seperti Mohammad Khamim Setiawan yang menjalani Haji Backpackeran dengan berjalan kaki. Wah, bagaimana sih cerita lengkap perjalanannya? Yuk, simak uraian selengkapnya berikut ini!

Berangkat Haji dengan Jalan Kaki Semenjak Agustus 2016 Lalu

Perjalanan Khamim ke Tanah Suci
Perjalanan Khamim ke Tanah Suci [image source]
Mohammad Khamim Setiawan atau biasa disapa dengan Khamim ini merupakan pemuda asal Pekalongan. Berangkat dari kampung halamannya sejak tanggal 28 Agustus 2016 lalu, ia bertekad untuk menunaikan ibadah haji dengan jalan kaki. Awalnya, niat baik dari pria berusia 28 tahun ini sempat ditolak oleh ayahnya. Bukan tanpa alasan, hal tersebut karena medan yang ditempuh selama perjalanan tidaklah mudah. Namun, melihat keinginan mulia dari anaknya, ayah Khamim langsung merestui kepergiannya.

Mohammad Khamim Setiawan
Mohammad Khamim Setiawan [image source]

Persiapan Fisik dan Mental Selama 3 Tahun

Perjuangan Khamim Untuk Ke Tanah Suci
Perjuangan Khamim Untuk Ke Tanah Suci [image source]
Alumni dari Universitas Negeri Semarang ini sendiri memang tidak membawa uang cukup banyak. Bahkan sejak berangkat dari Pekalongan, Khamim hanya membawa kaos, dua celana dan dua pasang sepatu, kaos kaki, baju dalam, tenda dan sleeping bag, lampu senter, smartphone serta GPS sebagai bekal. Selain itu, bekal yang sudah lama ia siapkan agar ibadahnya berjalan dengan lancar adalah fisik dan mental. Ya, selama 3 tahun ia mempersiapkan tubuh untuk siap berjalan kaki. Bahkan ia juga pernah puasa selama 10 hari dan berbuka hanya dengan menggunakan air mentah. Hal tersebut ia lakukan untuk belajar hidup dalam kondisi ekstrim saat perjalanan.

Perjalanan Khamim
Perjalanan Khamim [image source]

Sempat Dirampok dan Susah Mencari Makanan Halal

Menikmati Sajian Kuliner Saat Perjalanan
Menikmati Sajian Kuliner Saat Perjalanan [image source]
Untuk sampai di tanah suci yang jaraknya jauh, banyak sekali tantangan yang didapatkan oleh Khamim. Seperti nyaris dirampok saat melakukan perjalanan di wilayah pantura Cirebon dan Palembang. Hal serupa juga ia alami saat berada di Thailand. Tidak hanya itu saja, Khamim juga pernah mendapatkan informasi rute yang salah hingga jalan cukup jauh ketika berada di India. Beruntungnya, hingga saat ini tidak ada barangnya yang hilang dan sudah mulai mendekati tanah suci.

Foto dengan Background Masjid
Foto dengan Background Masjid [image source]

Berkenalan dengan Traveler dari Berbagai Belahan Dunia

Dekat dengan Orang Baru di Belahan Dunia
Dekat dengan Orang Baru di Belahan Dunia [image source]
Meski beberapa kali mendapatkan cobaan, namun hal baik banyak di dapatkan oleh Khamim. Dalam perjalanannya, ia sering bertemu dan bertukar cerita dengan orang baru. Bahkan ia juga sering mendapatkan makanan gratis dari kenalannya. Tentu saja, hidangan yang ia makan halal dan lezat. Selain bertemu dengan penduduk di negara yang ia lewati, Khamim juga sempat bertemu dengan orang Indonesia saat perjalanan.

Bertemu dengan Kenalan Baru
Bertemu dengan Kenalan Baru [image source]

Senyum Manis Khamim yang Sudah Mendekati Tanah Suci

Khamim di Thailand
Khamim di Thailand [image source]
Selama berbulan-bulan Khamim berjalan kaki saat malam hari dan beristirahat di siang hari. Selain di masjid, ia juga sering melepas lelah sejenak di rumah warga. Perjuangan panjangnya selama ini mulai terlihat. Saat ini, pemuda asal Pekalongan ini telah sampai di Abu Dhabi, Dubai. Tentu saja kedatangannya di Tanah Suci diperkirakan tidak akan meleset dengan jadwal Lebaran Haji tahun ini.

Khamim Hampir Dekat dengan Tanah Suci
Khamim Hampir Dekat dengan Tanah Suci [image source]
Proses memang tidak akan mengkhianati hasil. Khamim membuktikan bahwa niat dan jerih payahnya akan membuahkan hasil yang manis. Nah, tertarik untuk menyusul calon haji ini? Tentu kamu wajib persiapkan fisik dan mental terlebih dahulu.

Advertisement
Tags
backpacker Indonesia Jawa Tengah Pekalongan
Share