Hutan Bambu di Jawa Timur, Suguhkan Deretan Bambu Apik dengan Suasana Sejuk

Advertisement

Jawa Timur punya segudang wisata alam yang memesona. Seakan tak ada habisnya, kamu bisa berkunjung ke pantai, danau, gunung, sampai air terjun untuk menikmati pesona wisata alam. Salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah hutan bambu yang ada di Jawa Timur.

Ada beberapa hutan bambu yang akan menarik perhatianmu. Bukan hanya sekedar deretan bambu, tapi hutan-hutan ini menyuguhkan suasana sejuk dan spot foto instagenic.

Hutan Bambu Keputih Surabaya

Berada di tengah kota Surabaya yang begitu panas, Hutan Bambu Keputih menjadi angin segar bagi para wisatawan yang ingin merasakan suasana asri dan teduh. Salah satu hutan bambu yang ada di Jawa Timur ini, disebut mirip dengan hutan bambu yang ada di Jepang, yaitu Sagano Bamboo Forest.

Hutan Bambu Jawa Timur
Hutan Bambu Keputih Surabaya yang rindang. Foto via bookingtogo.com

Hutan bambu ini berjarak 30 menit dari pusat kota Surabaya, tepatnya ada di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. Tempat wisata ini buka selama 24 jam dengan tiket masuk gratis. Kamu hanya perlu membayar retribusi parkir motor sebesar Rp2.000 dan mobil sebesar Ro5.000

Ada kisah unik di balik hutan bambu ini. Sejak tahun 1970, tempat ini dulunya merupakan tempat pembuangan akhir (TPA). Pemerintah Surabaya kemudian memindahkan TPA tersebut ke daerah Benowo, Surabaya Barat, pada tahun 2000. Lahan kosong itulah yang dijadikan tempat wisata hutan bambu.

Boon Pring Andeman Malang

Boon dalam bahasa Inggris berarti anugerah, sedangkan Pring dalam bahasa Jawa adalah bambu. Tak heran jika lahan seluas 36,8 hektare ini dianugerahi 100 jenis tanaman bambu. Berada di lereng Gunung Semeru, hutan bambu di Malang ini memiliki udara yang begitu sejuk dan segar.

Hutan Bambu Jawa Timur
Foto via Welly Handoko/Travelingyuk

Selain hutan bambu, terdapat 6 mata air alami, ialah Sumber Adem, Sumber Towo, Sumber Gatel, Sumber Maron, Sumber Krecek, dan Sumber Seger. Keenam mata air tersebut membentuk danau yang luas. Dari atas danau, kamu bisa naik perahu dan menikmati keindahan hutan bambu.

Boon Pring Andeman Malang hanya berjarak sekitar 33 kilometer dari pusat kota Malang, atau kurang lebih 1 jam perjalanan. Lokasinya berada di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Setiap harinya, buka pukul 08.00-17.00 WIB dengan HTM sebesar Rp10.000.

Hutan Bambu Sumbermujur Lumajang

Hampir sama seperti yang ada di Malang, hutan bambu di Lumajang ini juga berada di kaki Gunung Semeru. Suasananya begitu khas pegunungan yang segar dan jauh dari perkotaan. Ada sekitar 20 jenis bambu yang dibudidayakan dan siap dijual di lahan seluas 14 hektare ini. Ada pula bambu langka, yaitu bambu petung hijau dan petung hitam.

Hutan Bambu Jawa Timur
Hutan Bambu via instagram/erfindk

Di Hutan Bambu Sumbermujur juga ada sumber air, yaitu Sumber Deling yang dimanfaatkan untuk kehidupan warga sekitar. Di sini juga ada kolam pemandian yang bisa dijadikan tempat refreshing. Bahkan, ada hewan yang ada di sini, mulai dari ikan hingga kera ekor panjang.

Lokasi hutan bambu ini ada di Jalan Kalpataru, Umbulrejo, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jarak dari kota Lumajang pusat adalah sekitar 30 kilometer. Setiap harinya, tempat wisata ini buka pukul 07.00-17.00 dengan HTM sebesar Rp5.000 untuk orang dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak. Ada retribusi parkir sebesar Rp3.000 untuk motor dan mobil Rp5.000.

Hutan bambu bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin berwisata alam saat ada di Jawa Timur. Tak hanya bisa menikmati keindahan alam, kamu juga bisa hunting foto.

Advertisement
Tags
Boon Pring Andeman Hutan Bambu Hutan Bambu di Jawa Timur Hutan Bambu Keputih Hutan Bambu Sumbermujur wisata alam jawa timur wisata bernuansa hutan bambu di Jawa Timur
Share