Jalur Bersepeda di Jogja Dengan Pemandangan Indah Bisa Sekalian Wisata

Advertisement

Semenjak pandemi kegiatan olahraga satu ini sangat digemari masyarakat Indonesia, selain sehat bisa sekalian wisata. Berikut jalur bersepeda di Jogja dengan pemandangan indah menyejukkan mata dan pikiran menjadi tenang. Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Waduk Sermo

Waduk sermo
Ilustrasi via instagram vhentynoventina

Pertama ada Waduk Sermo, Teman Traveler dapat mencoba jalur menuju waduk ini yang cukup menantang, dari pusat kota Jogja berjarak 34 km. Dengan variasi jalan aspal lurus, menanjak, turun serta tikungan sangat menguji nyali dan seru. Setelah sesampainya di Waduk Sermo akan terlihat pemandangan indah menyejukkan mata dan pikiran, selain beristirahat Teman Traveler bisa mengabadikan momen pada latar panoramanya.

Waduk Sermo berlokasi di Sremo Tengah RT. 63/23, Sremo Tengah, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Jogja. Jam operasional pukul 07.00-17.00 WIB, buka setiap hari. Tiket masuk terjangkau yaitu Rp 6.000 per orang.

2. Puncak Gebang

Puncak gebang
Ilustrasi via instagram bansmarwanto

Kemudian ada Puncak Gebang yang menjadi lokasi favorit para pesepeda, jarak dari pusat kota Jogja 15 km. Jalur menuju lokasi tidak terlalu panjang dan sudut kemiringan masih aman, jalan juga cenderung datar lalu ketika hampir sampai jalanan sedikit menanjak. Selain itu setelah sampai akan disambut panorama yang menenangkan, hamparan sawah hijau serta perbukitan akan terlihat.

Puncak Gebang berlokasi di Jalan Dadap Kulon, Tegalrejo, Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul, Jogja. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

3. Puncak Sosok

Puncak sosok
Ilustrasi via instagram dikaravita

Berikutnya jika Teman Traveler masih kurang tertantang di jalur sebelumnya, bisa mencoba jalur menuju Puncak Sosok berada di atas Puncak Gebang. Dengan jalan yang menanjak cukup menguras keringat, pemandangan di sini tentu lebih indah dan menyegarkan. Teman Traveler bisa istirahat sambil ngopi ditemani gorengan di warung-warung sekitar, sambil menikmati viewnya.

Puncak Sosok berlokasi di Jambon, Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul, Jogja. Jam operasional wisata pukul 15.00-00.00 WIB hari Senin-Jumat dan hari Sabtu-Minggu pukul 05.00-00.00 WIB.

4. Bukit Klangon

Bukit klangon
Ilustrasi via instagram herdianbp_

Selanjutnya ada jalur menuju bukit Klangon juga menjadi favorit para pesepeda karena jalurnya menantang menguras keringat. Berada di kaki Gunung Merapi, jalur didominasi dengan jalanan yang menanjak. View perbukitan serta Gunung Merapi akan menyapa Teman Traveler, selain itu lokasi ini juga merupakan jalur sepeda trail, downhill dan enduro.

Bukit Klangon berlokasi di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Jogja. Jam operasional wisata pukul 07.00-17.00 WIB, buka setiap hari. Tiket masuk WNI Rp 5.000 per orang dan WNA Rp 15.000 per orang.

Demikian ulasan jalur bersepeda di Jogja yang indah menguras keringat, bisa Teman Traveler coba. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan.

Advertisement
Tags
Jalur Bersepeda Jogja tempat wisata di jogja Wisata Alam Jogja
Share