Jelajah Jakarta Pusat Cuma 100 Ribuan, Kemana Saja?

Advertisement

Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan entertainment Indonesia sehingga tidak mengherankan punya beragam atraksi menarik. Kalau melihat sekeliling, kota ini punya banyak wisata dan kuliner populer yang sayang jika dilewatkan. Teman Traveler yang berniat liburan dengan budget murah, bisa ikuti itinerary jelajah Jakarta Pusat bermodal 100 ribuan berikut.

Sarapan di Soto Padang H. Mangkuto

Jelajah Jakarta Pusat 100 Ribuan
Seporsi Soto Padang Mangkuto (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Pada hari pertama penjelajahan, dari Depok menuju Jakarta disarankan menggunakan commuter line. Setibanya di Stasiun Juanda, kamu bisa mencari sarapan di Soto Padang H. Mangkuto. Letaknya berada di Jalan Pintu Air Raya No.26 Pasar Baru, Jakarta Pusat. Harga tiket commuter line Depok-Juanda adalah Rp4 ribuan.

img_20190806_110727_Tsy.jpg
Lauk tambahan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Soto Mangkuto merupakan kuliner Jakarta di kawasan Pasar Baru. Restoran legendaris di Jakarta ini sudah eksis sejak tahun 1966. Sedangkan dari kota asalnya, Padang, Soto Mangkuto sudah berjualan sejak tahun 1942. Jadi, Teman Traveler tak perlu ragu dengan cita rasa Soto Padang khas Mangkuto. Untuk semangkuk soto dihargai Rp38 ribuan.

Wisata Edukasi di Museum Nasional

Jelajah Jakarta Pusat 100 Ribuan
Bagian depan Museum Nasional (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kenyang sarapan Soto Mangkuto, selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Museum Nasional. Museum Nasional ini seringkali dijadikan lokasi pameran dan kegiatan penting karena punya banyak sejarah Nusantara. Agar lebih cepat, kamu bisa menggunakan jasa transportasi online. Dengan promo yang disediakan, cuma bayar Rp6 ribuan dari Soto Mangkuto ke Musnas.

img_20190827_115908_wLp.jpg
Turis asing di ruang arca (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Biaya masuk ke Museum Nasional adalah Rp5 ribuan. Kamu pun bisa puas melihat langsung peninggalan sejarah zaman dulu seperti arca-arca, prasasti, fosil zaman pra-sejarah, benda-benda perkembangan ilmu pengetahuan, emas, keramik, dan lainnya. Wisatawan asing saja banyak yang mampir ke sini, lho. Untuk jam kunjungan museum ini buka antara pukul 08.00-16.00 WIB, kecuali hari Senin.

Makan Siang di Lenggang Jakarta

Jelajah Jakarta Pusat 100 Ribuan
Deretan pedagang kuliner di Lenggang Jakarta (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Setelah lelah berkeliling dari Museum Nasional, makan siang bisa datang ke Lenggang Jakarta. Letaknya cuma sekitar satu kilometer dari Museum dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Lokasi tersebut merupakan area food court yang terletak di pelataran Monas.

Menu yang ditawarkan ada berbagai macam, mulai dari nasi goreng, soto, mie ayam, bakso, sate, ketoprak, gado-gado, dan masih banyak lagi. Harga makanan dan minuman di Lenggang Jakarta dibanderol sekitar Rp5 ribuan sampai Rp30 ribuan.

Menjelajah Monas

img_20190806_153952__1NE.jpg
Pemandangan dari puncak Monas (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Ini dia tujuan utama dari jelajah jakarta yaitu Monas. Bukan cuma main di sekitar Tugu Monas saja, kamu wajib membeli tiket untuk sampai ke puncak. Tiket masuk puncak Monas adalah Rp15 ribuan dengan JakCard. Untuk JakCard sendiri bisa dibeli di loket penjualan tiket seharga Rp15 ribuan.

img_20190806_174344__GnU.jpg
Monas dari kejauhan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Hal yang perlu diperhatikan, Teman Traveler harus siap sabar mengantre. Sebab untuk ke puncak Monas, lift yang tersedia hanya satu buah. Biasanya, menjelang sore hari wisatawan yang datang ke wisata di Jakarta ini akan semakin banyak, walau saat weekday sekalipun. Namun semua itu akan terbayar dengan indahnya panorama dari puncak Monas.

Meneropong Benda Langit di Planetarium

Jelajah Jakarta Pusat 100 Ribuan
Planetarium kala senja (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Setelah bersenang-senang di Monas, sempatkan juga untuk datang ke Planetarium yang berada di kawasan Cikini. Di malam-malam tertentu, Planetarium ini mengadakan kegiatan peneropongan benda langit secara gratis. Kapan lagi bisa lihat bulan dan planet dari indahnya langit Jakarta?

Jelajah Jakarta Pusat 100 Ribuan
Sesi peneropongan bulan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Namun, sebelumnya Teman Traveler harus update jadwal peneropongan dahulu di akun media sosial Planetarium. Biasanya dalam satu bulan Planetarium akan menyediakan 8 kali peneropongan dengan jadwal yang berbeda-beda, mulai pukul 18.30 hingga selesai.

Makan Malam di Sepanjang Jalan Cikini Raya

Jelajah Jakarta Pusat 100 Ribuan
Saatnya pulang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Menutup hari penjelajahan, Teman Traveler bisa bersantap malam di warung-warung atau resto yang ada di sepanjang Jalan Cikini Raya. Menunya beragam, mulai dari fast food, nasi padang, hingga street food yang mengenyangkan.

Nah, itulah tadi itinerary singkat kalau Teman Traveler berniat jelajah Jakarta Pusat cuma 100 ribuan. So, segera agendakan karena banyak spot menarik menanti kehadiranmu. Selamat Traveling!

Advertisement
Tags
Indonesia Itinerari Jakarta Pusat Jelajah Jakarta Pusat 100 Ribuan kontributor Travelingyuk
Share