Sejuta Keunikan Bonsai di Kampung Bonsai Lamongan

Advertisement

Inovasi tanaman hias memang sangat menjamur dikala pandemi ini. Banyak sekali jenis tanaman yang membuat penikmat merasa takjub dan bahagia akan pemilikan jenis tanaman. Salah satunya adalah bonsai, salah satu tanaman ini merupakan sedi mengecilkan tanaman yang dibentuk secara unik dan estetik didalam pot. Bonsai awalnya muncul dari kebudayaan Jepang, lalu berkembang pesat ke berbagai negara-negara di dunia, hingga Indonesia sendiri. Jenis pohon yang diproses bonsai biasanya jenis pohon beringin, alaman, atau jenis pohon yang besar besar.

Bonsai berbagai bentuk di Lamongan yang cukup terkenal di Indonesia. Foto via pikiranrakyat.com

Adanya penanaman yang dilakukan di pot dangkal ini disebut bon. Tanaman ini seperti replika dari pohon besar yang dikerdilkan, namun pada dasarnya pohon dibonsai asli alias hidup. Beberapa warha Lamongan mulai berinovasi dengan membuktikan peluang usaha bonsai yang kian hari makin menjanjikan. Hingga mulai banyak beralih profesi ke pertanaman. Hal ini membuat salah satu wilayah di Kabupaten Lamongan menjadi kampung wisata bonsai.

Terletak di Dusun Tulung, Desa Wanar, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Kampung wisata bonsai ini sangat terkenal dengan hasil bonsai yang unik dan indah. Berawal dari salah seorang pelanggan meminta jasa pembuatan bonsai agar tanamannya lebih bagus. Namun seiring berjalananya waktu muncul ide untuk mengembangkannya sendiri, hingga menjalar ke seluruh pejuru dusun.

Salah satu Bonsai di Kmapung Bonsai Lamongan. Foto via tokopedia.com

Lebih dari 200 Kepala Keluarga yang berprofesi menjadi usaha bonsai. Tampak bonsai dengan berbagai ukuran dan bentuk terpampang indah didepat setiap rumah warga. Para masyarakat Dusun Tulung ini mendapatkan bahan bonsai dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari alam liar sampai budiddaya cangkok seperti pohon Kelampis, Serut, Cedar, Beringin, Alaman, dan lain lain yang disulap menjadi tanaman kerdil yang indah. Alhasil suasana kampung pun cukup segar, asri, rindang, dan hijau.

Bonsai dengan struktur yang ebsar mencapai belasan juta rupiah. Foto via tokopedia.com

Nah, teman traveler mungkin bertanya- tanya akan harga dari bonsai bonsai ini. Tiap bonsai pasti memiliki harga yang berbeda tergantung dari tingkat kerumitan, lamanya proses cangkok, dan keunikan ragam bentuk. Untuk bonsai istimewa ukuran kecil biasanya dipatok sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun bonsai yang besar bisa laku mulai dari jutaan hingga belasan juta rupiah.

Kunjungan ke wisata Kampung Bonsai Lamongan. Foto via bangsaonline.com

Di Kampung Tulung ini emmang terkenal dengan bonsai yang tertata rapi, bagus, dan variasi yang bermacam macam. Selain sangat banyak untuk dipilih, para pengunjung juga bisa memesan berdasarkan selera yang diminta. Penjualnnya tak hanya didaerah sekitar melainkan hingga penjuru Indonesia bahkan Luar negeri seperti pengiriman ke Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan negara negara lainnya.

Advertisement
Tags
Budidaya Bonsai Kampung Bonsai wisata kampung Wisata Lamongan wisata nusantara
Share