Keindahan DiBalik Heningnya Danau Sanusi Maros

Advertisement

Siapa sangka ternyata Maros memiliki wisata alam tersembunyi yang jarang di ekspose oleh banyak wisatawan. Padahal destinasi wisata di Maros sangatlah banyak dan indah, terlebih banyak wisatawan lokal maupun mancanegara sungguh semangat untuk menikmati. Dan yang pasti destinasi biasanya tidak cocok bagi kamu yang ingin healing atau menghilangkan rasa penat dan bosan ketika akhir pekan.

Keindahan danau sanusi yang tergolong asri dilingkungannya. Foto via serikatnews.com

Lalu, apakah ada tempat wisata di Kabupaten Maros yang jauh dari keramaian ? tentu saja ada! salah satunya adalah Danau Sanusi yang letaknya berada di pinggiran Kabupaten Maros, bahkan letaknya cukup dekat dengan Kota Makassar. Lokasinya tepat berada di Jalan Garuda, Tanralili Kabupaten Maros, sekitar 7 Km atau sekitar 15 menit dari pusat Kabupaten Maros. Dan berjarak sekitar 12 Km atau 30 menit dari Bandara Sultan Hasanuddin, dan 27 Km dari pusat Kota Makassar.

Danau Sanusi dengan keindahan hutan sekitarnya. Foto via rimbaadventures.com

Danau Sanusi ini terbentuk dari bekas galian pertambangan yang ditinggalkan dan digenangi air kian hari menjadi sebuah danau. Namun warga sekitar pun memanfaatkan danau ini menjadi sumber irigasi pertanian warga setempat. Walaupun masih terletak di sekitar pemukiman warga, Danau Sanusi sendiri cukup terawat kealamiannya dan kebersihannya. Para warga sekitar biasanya berkunjung untuk memancing maupun menikmati sore hari di sekitar danau, sementara anak-anak mereka menikmati berenang di salah satu bagian danau yang dangkal.

Danau Sanusi Maros yang dilihat dari atas. Foto via youtube.com

Lingkungan danau Sanusi juga sangat asri dan rindang. Terdapat beberapa pohon rindang yang bisa dijadikan tempat berteduh maupun memasang hammock bagi para pengunjung. Air danau yang tenang dan berwarna kehijauan, angin sejuk yang bertiup, suara kicau burung, akan menemani kalian saat berkunjung di Danau Sanusi. Tak hanya itu saat waktu tertentu kamu dapat melihat burung bangau sedang mencari ikan diantara rerumputan, hal ini semakin menambah kesan damai dan menyegarkan disekitar danau.

Keindahan Danau Sanusi yang terlihat syahdu. Foto via instagram @mhmmadhamm @indha_f.u @ridwansyahiwan69

Untuk fasilitas jangan berharap lebih ya teman traveler. Tidak ada satu pun fasilitas seperti toilet atau lainnya untuk penunjang pengunjung disini. Sehingga tidak ada tarif yang berlaku untuk memasuki kawasan Danau Sanusi ini. Untuk parkir kendaraan, titipkanlah disekitar rumah warga dengan biaya seikhlasnya.

Advertisement
Tags
alam indonesia wisata alam sulawesi selatan wisata nusantara
Share