5 Kegiatan Seru di Kota Tua Jakarta, Bikin Libur Natal Semakin Asyik

Advertisement

Detik-detik menuju liburan Natal dan Tahun Baru 2023 hanya beberapa hari saja. Banyak kalangan masyarakat sepertinya mulai antusias menyambut liburan dengan suka ria. Bagi warga Jakarta yang sekedar ingin relaksasi bersama buah hati, berlibur menikmati destinasi sejarah tidak ada salahnya. Salah satunya adalah kawasan Kota Tua, Jakarta. Suasana vintage serta menjadi pilihan paling populer bagi warga ibukota. Bahkan tak sedikit dari traveler dari berbagai luar kota menikmati Kota Tua selagi mampir ke Ibukota.

Kota Tua Jakarta menjadi kawasan pedestrian yang ramah lingkungan
Kota Tua Jakarta menjadi kawasan pedestrian yang ramah lingkungan. Foto viorami.coma

Kota Tua Batavia memang terkesan semrawut, dan beberapa tahun lalu pemerintah Jakarta merevitalisasi dengan desain pedestrian yang epik dan elegan sangat ramah untuk pejalan kaki dan para pesepeda. Sehingga mampu mengurangi polusi udara, kemacetan, getaran, hingga kebisingan. Nah, bagi kamu yang berada di kawasan Kota Tua Jakarta, bisa banget melakukan berbagai aktivitas seru. Yuk simak dibawah ini apa saja keseruannya!

Berjalan Kaki dan Bersepeda

Kegiatan santai di Kota Tua memang tak jauh dari jaan-jalan santai dan bersepeda. Menyusuri kawasan kota tua memang menyenangkan, suasana kolonial menjadi spot unik dan instagramabel banget! Bila kamu ingin menikmatinya dengan bersepeda, banyak persewaan sepeda ontel atau sepeda jadul untuk mengitari kawasan heritage ini.

Persewaan sepeda dilingkungan Kota Tua Jakarta
Persewaan sepeda dilingkungan Kota Tua Jakarta. Foto via traveloka.com

Harga sewanya cukup Rp. 20.000 sudah termasuk topi ala Belanda. Cocok sekali untuk kaum perempuan. Waktu sewa hanya selama 30 menit saja, namun kamu sudah dapat menikmati seluruh kawasan Kota Tua. Jangan lupa berfoto cantik dengan latar belakang gedung-gedung tua ya!

Berkunjung ke Museum

Selama di kawasan Kota Tua pastinya bisa menikmati berbagai museum peninggalan Belanda hingga masa kemerdekaan. Museum ini meliputi Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Magic Art 3D dan Museum Wayang.

Museum 3D di kawasan kota tua Jakarta
Museum 3D di kawasan kota tua Jakarta. Foto via pewefeed.com

Tarif tiket yang dipatok diberbagai museum ini sangatlah ramah dikantong. Harga berkisar mulai dari Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000 saja untuk satu orang. Hanya satu museum yang memiliki tarif sedikit lebih mahal adalah Museum Magic Art 3D dengan tarif Rp. 60.000 untuk dewasa dn Rp. 40.000 untuk anak-anak.

Kuliner dan Belanja Cidera Mata

Urusan kuliner, Kota Tua Jakarta memang menjadi pusat pedagang kaki lima. Namun sejak revitalisasi para pedangan kaki lima ini sudah tidak terlihat lagi. Kebersihan dan kerapihan kawasan Kota tua Jakarta menjadi lebih baik. Para pedagang ini dipindah didalam satu gedung bekas Kantor Pelayaran Belanda.

interior cafe Batavia di kawasan kota tua Jakarta. Foto via pinterest.com

Namun untuk cafe Batavia, Padang Merdeka, Sunyi Coffee, dan Acaraki Cafe menjadi pilihan kuliner dan tempat bersantai dengan sahabat. Cafe-cafe ini memiliki konsep yang unik dan tetap mengedepankan desain heritage. Harganya mulai dari Rp. 20.000 hingga Ro. 120.000.

Spot Unik Sebagai Objek Foto

salah satu spot foto di kawasan kota tua Jakarta dengan latar belakang tembok merah. Foto via advontura.com

Jangan khawatir, selama kamu berlibur ke kota tua jakarta akan disuguhkan berbagai spot unik. Seperti patung manusia, mobil dan motor unik serta antik. Kamu bisa membayar seikhlasnya ketika berfoto dengannya. Selain itu beberapa figur pewayagan juga dapat kamu temui seperti Gatotkaca dan figur-figur lainnya.

Cocok Untuk Tempat co-Working Space dan Creative

Beberapa gedung kawasan kota tua juga dijadikan sebagai ruang pertemuan hingga co-working space, auditorium hingga tenpat galeri hasil karya kreatif. Tepatnya didalam gedung Rotterdamsche Lloyd. Jadi bagi kaum UMKM dan para start up sangat cocok untuk mengembangkan kreativitasannya selama bekerja.

gedung Rotterdamsche Lloyd menjadi tempat UMKM kreatif
gedung Rotterdamsche Lloyd menjadi tempat UMKM kreatif. Foto via twitter.com

Bagi kamu yang bingung mengenai akses menuju kota tua Jakarta, jangan khawatir, kamu bisa menggunakan commuter line ataupun transjakarta dengan pemberhentian terkahir di Stasiun Jakarta Kota untuk commuterline dan halte busway Stasiun Kota.

Advertisement
Tags
wisata jakarta Wisata kota wisata nusantara wisata sejarah
Share