Kuah Pliek U, Gulai Nikmat Khas Aceh Berbahan Ampas

Advertisement

Membicarakan kekayaan kuliner Indonesia takkan ada habisnya. Uniknya lagi, sejumlah hidangan lezat khas Nusantara dibuat dari bahan yang tak terduga sama sekali. Di Aceh, ada sebuah gule nikmat bernama Kuah Pliek U.

Jika dilihat sepintas, Kuah Pliek U memiliki tampilan mirip gulai. Namun hidangan populer asal negeri Serambi Mekkah ini punya ciri khas tersendiri. Selain bahan dasarnya yang unik, kuliner Aceh tradisional ini juga punya peran tersendiri dalam budaya di negeri Rencong tersebut.

Menggunakan bahan ampas kelapa

Gule Kuah Pliek
Gule Kuah Pliek via Instagram wisataaceh

Nama Kuah Pliek U berasal dari bahan dasarnya, yang tak lain adalah pliek u. Sejumlah masyarakat Aceh juga mengenalnya dengan nama Patarana. Pada dasarnya adalah ampas kelapa yang sudah minyaknya sudah diperas.

Dalam budaya masyarakat Aceh, minyak kelapa atau minyak reutik sering digunakan untuk memasak. Agar tidak sampai ada bahan yang terbuang percuma, sisa kelapa kemudian dijemur hingga kering. Hasilnya, terciptalah pliek u yang kemudian digunakan untuk membuat masakan anyar.

Sangat bergizi dan baik untuk kesehatan

Gulai terbuat dari ampas kelapa
Gulai terbuat dari ampas kelapa via Instagram bandaacehtourism

Meskipun dibuat dari ampas, Kuah Pliek U diyakini punya nilai gizi tinggi. Tak sedikit masyarakat Aceh yang percaya makanan ini memberi manfaat bagus untuk kesehatan. Terutama untuk menambah gairah dan kekebalan tubuh.

Selain menggunakan Pliek U sebagai bumbu utama, masakan ini juga dihidangkan dengan beragam isian sayuran. Oleh karena itu rasa yang dihasilkan begitu unik dan khas. Aromanya begitu menggoda, dan begitu kuahnya menyentuh lidah, sensasi rasa yang muncul berbeda dengan gulai pada umumnya.

Memasaknya cukup mudah

Gulai Kuah Pliek punya tampilan sederhana
Gulai Kuah Pliek punya tampilan sederhana via Instagram love_by_lovin

Tak heran jika masakan Kuah Pliek U cukup populer di Aceh. Selain rasanya lezat, memasaknya juga mudah. Bahan-bahan tidak sulit didapatkan, seperti daun melinjo, nangka muda, kacang tanah, dan juga kacang panjang. Ada juga yang menciptakan variasi dengan menambahkan daun singkong, udang kecil, daun pepaya, dan lain-lain.

Dari segi bumbu, tidak ada yang aneh-aneh. Cukup menggunakan ketumbar, cabai, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lain. Semuanya kemudian dihaluskan dan dimasukkan ke dalam belanga. Sementara bahan yang sifatnya keras direbus dulu agar lebih cepat empuk.

Gulai pliek dalam mangkuk
Gulai pliek dalam mangkuk via Instagram echisofwan

Aduk terus sampai bumbu benar-benar meresap dan siram dengan santan, tunggu hingga matang. Kuah Pliek U semakin nikmat jika disantap bersama nasi hangat dan ikan asin. Namun dimakan tanpa lauk pendamping pun juga tak kalah sedap.

Bagian dari tradisi Aceh

Ibu-ibu memasak kuah pliek
Ibu-ibu memasak kuah pliek via Instagram ceritabireuen

Tak hanya sebagai makanan biasa, Kuah Pliek U adalah kuliner yang punya peran dalam tradisi masyarakat Aceh. Biasanya dimasak khusus untuk disajikan di acara-acara adat tertentu. Namun belakangan hidangan ini semakin mudah ditemui.

Banyak sekali restoran di negeri Serambi Mekkah yang menawarkan menu ini. Sangat direkomendasikan untuk dicoba. Terutama jika sudah bosan dengan makanan khas Aceh populer lain, seperti pempek atau Mie ala Aceh.

Itulah tadi sekilas mengenai keiistimewaan dan hal unik di balik masakan berkuah khas Aceh, Kuah Pliek U. Bagi yang kebetulan berkunjung ke negeri Serambi Mekkah dan ingin mendapat pengalaman kuliner otentik, tak ada salahnya untuk dicoba.

Advertisement
Tags
Aceh kuliner Wisata Kuliner
Share