7 Rekomendasi Wisata Kuliner di Dekat Stasiun Pasar Senen, Turun Kereta Langsung Kalap!

Advertisement

Buat kamu yang ingin menikmati liburan di Jakarta, bakal kurang afdal kalau tidak mencicip segala kuliner yang ada. Apalagi kalau kamu melakukan perjalanan menggunakan kereta dan turun di Stasiun Pasar Senen.

Di sekitar stasiun ini, kamu bisa menjumpai sederetan tempat kuliner yang menggugah selera. Tinggal jalan kaki saja, kamu sudah bisa berburu kuliner. Turun kereta dengan perut lapar, bisa langsung kalap!

Warung Arema

Buat kamu yang baru saja naik kereta dan turun di Stasiun Pasar Senen, kamu bisa langsung mengisi perut di Warung Arema. Berjarak sekitar 200 meter dari Stasiun Pasar Senen, warung ini menyajikan masakan khas Jawa Timur yang dibanderol mulai dari Rp15 ribu hingga Rp20 ribu.

Foto via Fridaputri

Kamu bisa pilih beragam menu, mulai dari nasi rawon, nasi pecel, nasi campur, hingga makanan ringan, seperti gorengan. Warung ini buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Nasi Kapau Sabana Bana

Foto via Detikfood

Kalau kamu rindu masakan khas Bukit Tinggi, pesan deh nasi kapau! Berbagai menu seperti dendeng batakok, kari cumi, gule tambusu, dan paru goreng semua tersedia. Harganya pun relatif murah, hanya dipatok sekitar Rp23 ribu per porsinya. Jangan khawatir bila datang malam hari, karena Nasi Kapau Sabana Bana ini buka 24 jam.

Coto Makassar Senen Syamsul Daeng Ngawing

Warung makan yang menjual coto makassar ini pernah mendapat pesanan langsung dari Jusuf Kalla saat menjabat sebagai Wakil Presiden RI. Lokasi tempat ini sekitar 250 meter dari Halte Transjakarta Senen.

Foto via Tribun

Coto Makassar Senen Syamsul Daeng Ngawing merupakan makanan berkuah dengan isian berbagai jeroan yang akan memanjakan lidah. Harga makanan di sini dipatok mulai dari Rp30 ribu dan jam bukanya mulai dari jam 07.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Sate Ayam Cilacap

Mulai berjualan sejak tahun 1963, Sate Ayam Cilacap menyediakan daging ayam yang besar dan tebal. Sebelum dibakar, sate akan diberi bumbu dengan bawang merah, bawang putih, dan kecap untuk menambah cita rasa.

Foto via Hub bite

Untuk menikmati makanan ini, kamu bisa datang mulai pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB agar tak kehabisan. Jaraknya tidak sampai 1 kilometer dari pintu keluar Stasiun Pasar Senen dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Rumah Makan Padang Ibu Kaca Mata

Sederet  dengan Nasi Kapau Sabana Bana, Rumah Makan Padang Ibu Kaca Mata ini pernah di-review oleh food vlogger Nex Carlos. Warung ini sudah ada sejak tahun 1963 dengan menu andalannya, rendang dan tunjang. Selain itu, masih ada menu lainnya seperti dendeng batokok, gulai ayam, hingga ikan kembung bumbu ijo.

Foto via Matain News

Untuk harganya dibanderol mulai dari Rp22.000 hingga yang paling mahal seharga Rp40.000 per porsinya. Kamu bisa datang pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB, namun sayangnya pada hari Minggu mereka tutup.

Soto Tangkar Tanah Tinggi

Bila ingin makanan yang berkuah, Soto Tangkar Tanah Tinggi ini cocok untuk dinikmati. Soto ini juga merupakan soto legendaris di Jakarta. Memiliki isian daging dan jeroan serta bumu rempah yang nikmat.

Foto via Info Kuliner

Untuk harga yang ditawarkan, mulai dari Rp30.000 saja. Jam buka warung makan ini mulai dari pukul 11.00 WIB hingga 16.00 WIB, serta tutup pada hari Jumat. Untuk ke lokasi ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Stasiun Pasar Senen.

Es Krim Baltic

Saatnya cari pencuci mulut setelah menyantap kuliner di dekat Stasiun Pasar Senen pilihanmu. Cobain Es Krim Baltic yang menyajikan berbagai varian rasa. Mulai dari cokelat, peppermint, rum raisin, kopyor, durian montong, greentea, alpukat, moka, hingga peanut butter. Toko es krim ini sudah berdiri sejak 82 tahun silam, lho!

Foto Via Travel Diary

Es Krim Baltic buka setiap hari kecuali Minggu pada pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, hanya Rp6.500 per cup, kamu sudah bisa merasakan kenikmatan es krim satu ini!

Tempat wisata terdekat

Setelah melakukan perjalanan dan mengisi perut dengan kuliner pilihan, energi pun sudah terisi kembali. Teman Traveler bisa melakukan perjalanan dengan berwisata di dekat Stasiun Pasar Senen.

Foto Via Travel kompas dan JawaPos

Beberapa wisata yang bisa kamu kunjungi di antaranya Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, Monumen Nasional (Monas), indonesian Heritage Society Museum Tours, hingga Taman Suropati. Kamu bisa mencapai tempat-tempat wisata ini dengan naik angkot, ojek online, bahkan berjalan kaki. Selain pergi ke tempat wisata, kamu juga bisa berburu pakaian bekas berkualitas di Pasar Senen.

Mau main ke Jakarta? Bisa banget naik kereta dan turun di Stasiun Pasar Senen kemudian mencicip kuliner pilihanmu. Setelah itu, bisa lanjut jalan-jalan deh!

Advertisement
Tags
coto makasar Jakarta kuliner dekat Stasiun Pasar Senen Museum museum indonesia nasi padang Pasar Senen rawon sate ayam tempat makan dekat Stasiun Pasar Senen Wisata Kuliner
Share