4 Kuliner Enak di Palembang Ini Bikin Ketagihan, Sudah Coba?

Advertisement

Kuliner enak di Palembang identik dengan Pempek. Sajian ini begitu nikmat apalagi disantap dengan kuah cukanya. Variannya juga banyak, bahkan ada yang dibakar. Namun, kamu tidak hanya menemukan sajian lezat ini saja saat liburan ke sini. Banyak makanan menggiurkan yang pastinya bikin ketagihan. Seperti di bawah ini.

1. Gulo Puan

Gulo Puan
Gulo Puan via instagram/@iwashere_id

Mau jajanan yang manis-manis? Coba gulo puan yang sudah ada sejam zaman kesultanan di Palembang. Sayang, makanan ini kini mulai langka. Biasanya hanya muncul saat hari Jumat di depan Masjid Agung. Isinya bukan dari gula merah, melainkan campuran gula (gulo) dan susu (puan) kerbau rawa yang dimasak hingga berbentuk karamel. Biasanya, gulo puan dihidangkan bersama dengan roti, pisang, goreng, hingga kopi.

Gulo Puan Palembang
Gulo Puan Palembang via instagram/@ladas_id

2. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah
Es Kacang Merah via instagram/@dentist.chef

Mau yang segar-segar? Coba juga es kacang merah yang khas di Palembang. Sajian ini sederhana karena disajikan di atas mangkuk atau gelas. Isinya tidak hanya berupa kacang hijau saja. Cincau, tape, dan juga potongan alpukat segar yang siap memanjakan lidah. Tak hanya itu, ada tambahan es serut serta cairan gula untuk membuat rasanya makin nikmat.

Es Kacang Merah Palembang
Es Kacang Merah Palembang via instagram/@dentist.chef

3. Sate Cucuk Manis

Sate Sapi Cucuk Manis, Palembang
Sate Sapi Cucuk Manis, Palembang via instagram/@dentist.chef

Jelajah kuliner enak di Palembang, tak lengkap jika belum mencoba satenya. Berbeda dari biasanya, bumbu sate ini tidak memakai kacang dengan rajangan bawang merah. Namun, bumbunya menggunakan campuran tauco, cuka, dan kuah pindang. Warnanya kehitaman dengan aroma yang menggugah selera. Soal rasanya, tak perlu diragukan lagi. Mantap pol.

Sate Sapi Cucuk Manis
Sate Sapi Cucuk Manis via instagram/@dentist.chef

4. Martabak Kari

Martabak Kari Palembang
Martabak Kari Palembang via instagram/@fe.ra27

Sudah biasa dengan martabak manis atau telur? Nah, kamu wajib mencoba martabak unik yang menjadi makanan khas Palembang. Namanya martabak kari yang sajian unik dan menggugah selera. Seporsinya terdiri dari martabak telur dengan isian potongan daging. Keunikanya terdapat pada saus yang diganti dengan siraman kuah kari. Tekturnya tak begitu kental. Namun, kamu pasti ketagihan.

Martabak Kari
Martabak Kari via instagram/@caeciliasusanti70

Nah, itulah empat kuliner enak di Palembang yang dijamin bikin nagih. Bagaimana, kapan nih jelajah kuliner di Sumatera Selatan dan menikmati hidangan di atas?

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner khas Palembang Kuliner Palembang Palembang Sumatera Selatan
Share