Berikut Kuliner Khas Medan Paling Populer diKalangan Traveler, Mau Coba?

Advertisement

Medan merupakan kota besar ke tiga di Indonesia, tak heran jika banyak ditemukan berbagai jenis suku, budaya, keagamaan, hingga makanan. Inilah sebab banyak traveler yang berkunjung ke kota Medan hanya untuk mencicipi anekaragam jenis kuliner. Makanan khas Medan tentunya menyajikan cita rasa yang sangat unik, banyak diantara penikmat kuliner terasa ngiler seketika.

Kuliner Khas Medan
Kuliner Khas Medan yang begitu menggoda selera. Foto via tripzillaindonesia.com

Jenis makanan mulai dari yang manis, asin, berkuah, kering, dan lain sebagainya dengan mudah kamu dapatkan di kota ini. Berbagai jenis makanan seperti Soto Medan, Lontong Medan, Aneka Mie, dan berbagai camilan seperti risol, dan sebagainya selalu tersedia diberbagai sudut kota. Tak ketinggalan menu makanan manis seperti Bika Ambon menjadikan makanan ini menjadi khasnya kota Medan yang biasa dijadikan oleh-oleh para pelancong.

Nah, Teman Traveler pastinya penasaran dengan makanan khas Medan yang buat kamu ingin mencicipi kembali.

Bika Ambon

Siapa sih yang tidak pernah mencicipi makanan satu ini? Makanan khas Medan ini menjadi salah satu menu oleh-oleh yang terkenal hingga penjuru nusantara. Terbuat dari bahan bahan pilihan seperti tepung tapioka, telur, gula, dan santan. Kini Bika Ambon dijual bukan saja rasa asli tetapi sudah ada varian rasa pandan, durian, keju, dan cokelat.

bika ambon sebagai oleh oleh khas medan
bika ambon sebagai oleh oleh khas medan yang paling populer di nusantara. Foto via hot.liputan6.com

Rasa manis dengan tekstur yang lembut kenyal memberikan suatu pengalaman tersendiri ketika terasa dimulut. Saat memakannya kamu akan merasakan perpaduan rasa menarik antara manis, asam dan gurih. Perpaduan inilah yang akan membuat kita ingin memakannya lagi dan lagi.

Soto Medan

Soto Medan pastinya berbeda dari soto pada umumnya. Ciri khas dari soto ini adalah bagian dari kuahnya yang super lezat, diolah dengan berbagai macam jenis rempah-rempah khas nusantara. Belum lagi topping yang menggoda selera yaitu irisan daging sapi atau ayam serta kentang, bihun, tauge dan bawang goreng yang begitu banyak sehingga aroma kelezatan begitu kentara.

Soto khas Medan dengan kuah yang kental
Soto khas Medan dengan kuah yang kental. Foto via sahabatnestle.com

Gurihnya kuah yang pas dari santan yang kental membuat soto ini selalu dilirik oleh siapapun. Di Medan, soto khas ini paling terkenal ada di kedai Soto Medan Sinar Pagi. Harganya cukup terjangkau sekitar Rp. 20.000 per porsi namun belum tambahan menu lainnya seperti tambah jerohan, empal, dan lain sebagainya.

Lontong Medan

Lontong sayur memang menu andalan masyarakat Indonesia. Diberbagai sudut nusantara dengan mudah kamu dapatkan menu satu ini. Hidangan ini biasanya menjadi menu utama ketika lebaran Idul Fitri. Jadi, teman traveler pastinya sudah tidak heran lagi dengan makanan ini. Tetapi, salah satu daerah memiliki ciri khas dari lontong itu sendiri, misalnya Lontong Medan.

Lontong Medan dengan kuah yang kaya akan bumbu rempah rempah. Foto via briliofood.com

Perbedaan mencolok dari menu lontogn Medan ini adalah penggunaan saos tauco yang menjadi pelengkap paling unik. Kuah santan yang kental dengan rasa yang pedas terasa nikmat ketika dimakan bersama lontong, dicampur dengan sayuran, kacang goreng, sambal teri dan kerupuk ikan. Apalagi kamu tambah dengan lauk seperti ayam kare, telur bumbu bikin selera makan menjadi lebih nikmat.

Advertisement
Tags
kuliner medan Kuliner Nusantara Wisata Kuliner wisata kuliner medan
Share