7 Kuliner Khas Nusantara yang Mirip Pecel, Sudah Coba Yang Mana?

Advertisement

Pecel merupakan kuliner khas Nusantara yang banyak ditemukan di Jawa Timur. Tapi yang paling terkenal di antara yang lainnya adalah pecel yang berasal dari Madiun. Dalam seporsi pecel biasanya akan ada sayur mayur yang disiram dengan sambal kacang. Rasanya sangat nikmat sekali saat disantap pagi hari. Ternyata, kuliner satu ini memiliki banyak kembaran makanan lainnya yang memiliki rasa tidak kalah lezat. Berikut ada beberapa kuliner khas Nusantara mirip pecel.

1. Rujak Teplak, Tegal

Rujak Teplak khas Tegal, Via Instagram ijanijin
Rujak Teplak khas Tegal, Via Instagram ijanijin

Sama seperti halnya pecel, rujak teplak yang berasal dari tegal ini memiliki komposisi beragam sayur mayur, contohnya saja ada lembayung, kangkung, daun pepaya, tauge, jantung pisang, timun dan juga daun singkong. Sekilas memang mirip pecel, namun yang membedakan adalah sambalnya. Sambal rujak teplak ini terbuat dari singkong yang direbus dan dihaluskan, lalu dicampur dengan aneka bumbu. Dan nama sambalnya sendiri adalah sambal sagul.

2. Rujak Cingur, Surabaya

Rujak Cingur khas Jawa Timur, Via Instagram duniakulinersurabaya
Rujak Cingur khas Jawa Timur, Via Instagram duniakulinersurabaya

Jika Tegal punya rujak teplak, Surabaya juga memiliki rujak cingur yang tidak kalah enaknya. Rujak cingur ini banyak ditemukan di daerah Jawa Timur, khususnya Surabaya. Dalam satu porsi rujak cingur biasanya terdiri atas sayur mayur kemudian diberi siraman bumbu kacang. Bedanya, rujak satu ini menggunakan cingur atau sejenis mulut sapi yang sebelumnya sudah direbus. Selain dinamai rujak cingur, kuliner satu ini juga sering disebut dengan rujak ulek lantaran pembuatan bumbunya diulek.

3. Lotek, Jawa Barat

Lotek khas Jawa Barat, Via Instagram streetfoodstories
Lotek khas Jawa Barat, Via Instagram streetfoodstories

Ada juga kuliner yang mirip pecel yang berasal dari Jawa Barat, namanya adalah lotek. Sepintas mirip dengan pecel, karena olahan ini menggunakan rebusan sayur segar kemudian dicampur dengan bumbu kacang. Uniknya, untuk membuat bumbu kacang biasanya ditambah dengan tempe dan terasi. Umumnya, lotek ini memiliki citarasa yang lebih manis ketimbang pecel.

4. Karedok, Jawa Barat

Karedok khas Jawa Barat, Via Instagram emiliana_ermin
Karedok khas Jawa Barat, Via Instagram emiliana_ermin

Sementara itu di Jawa Barat juga ada kuliner yang mirip dengan pecel. Bedanya, olahan satu ini memanfaatkan sayur-mayur mantah. Sebut saja taoge, kol, kacang panjang, mentimun, dan lain-lain. Sementara itu untuk bumbu kacangnya sendiri ada hampir mirip dengan pecel, tapi bedanya ada terasinya. Karedok banyak digunakan sebagai pelengkap menu sehari-hari.

5. Gado-gado, Betawi

Gado-gado khas Betawi, Via Instagram leukerecepten_nl
Gado-gado khas Betawi, Via Instagram leukerecepten_nl

Kuliner selanjutnya ada gado-gado yang berasal dari Betawi. Hampir mirip dengan pecel, kuliner satu ini juga memanfaatkan sayuran sebagai bahan baku utamanya. Sayur mayur ini kemudian disiram dengan bumbu kacang. Biasanya, akan ada irisan telur rebus, kentang, dan di atasnya ditaburi kerupuk atau emping goreng. Kebanyakan disajikan dengan lontong, tapi ada pula yang mengonsumsinya dengan nasi.

6. Ketoprak

Ketoprak, Via Instagram acen_wong
Ketoprak, Via Instagram acen_wong

Ketoprak juga kuliner lainnya yang mirip dengan pecel. Komposisinya adalah bihun, tahu, menyimun, taoge, telur rebus, kemudian disiram dengan menggunakan sambal kacang. Biasanya juga ditambah dengan kerupuk atau emping mlinjo untuk membuat citarasanya makin nikmat. Ada pula beberapa pembuat yang memanfaatkan tempe sebagai bahan tambahannya.

7. Tahu Gimbal, Semarang

Tahu Gimbal khas Semarang, Via Instagram e_ndro
Tahu Gimbal khas Semarang, Via Instagram e_ndro

Di Semarang ada Tahu Gimbal yang terdiri dari tahu goreng, irisan kol mentah, telur, taoge dan gimbal yang biasanya terbuat dari udang digoreng dengan tepung. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan bumbu kacang. Bedanya dari pecel, sambel kacang untuk tahu gimbal ini menggunakan petis sebagai campurannya, dan teksturnya sedikit encer.

Banyak juga ya kuliner lain yang sekilas mirip dengan pecel. Untuk bisa membedakan rasanya, sepertinya kamu perlu untuk bisa mencicipi satu per satu terlebih dahulu yah. Selamat mencoba.

Advertisement
Tags
kuliner Indonesia kuliner khas Nusantara kuliner mirip pecel Pecel
Share