Aneka Kuliner Khas Pati dengan Rasa Menggugah Selera, Sudah Coba?

Advertisement

Pati Bumi Mina Tani yang menjadi julukan Kabupaten Pati memiliki daya tarik tersendiri. Bentang alam yang ditawarkan tak perlu ditanyakan lagi. Ada air terjun, waduk, rawa, dan banyak lagi lainnya. Namun, liburan ke sini terasa kurang jika tak sekalian mencoba makanannya enaknya. Penasaran apa kuliner khas Pati yang rasanya jempolan? Yuk, simak rekomendasi dari Kontributor Travelingyuk, MS Fitriansyah.

1. Nasi Gandul

Nasi Gandul via Instagram @foodstoriesid
Nasi Gandul via Instagram @foodstoriesid

Tak asing kan dengan menu ini? Nasi Gandul merupakan kuliner khas Pati yang banyak digemari. Dulunya, pedagang menjual nasi ini dengan dipikul menggunakan dunak atau bakul yang terbuat dari anyaman bambu. Saat dipikul nasi tersebut gondal-gandul sehingga disebutlah sebagai Nasi Gandul.

Sepiring menu ini biasanya berisi nasi putih serta kuah kecokelatan yang terbuat dari beberapa rempah seperti bawah merah, bawah putih, kemiri, santan, hingga cabai. Bumbu spesial tersebut menghasilkan rasa gurih. Keunikan lainnya, hidangan ini disajikan menggunakan daun pisang sebagai pelapis piring. Penggunaan daun ini agar nasi tak terlalu panas, juga tidak cepat dingin.

2. Bandeng Presto

Bandeng Presto via Instagram @bandengkeputren
Bandeng Presto via Instagram @bandengkeputren

Di Pati terdapat kecamatan yang letaknya berada di pesisir utara Jawa. Namanya Juwana yang hampir sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan. Limpahan ikan menjadi sumber pendapatan masyarakat Juwana Pati. Semakin berkembangnya zaman, hasil tangkapan tidak hanya dijual langsung. Namun, ada beberapa orang yang mengolahnya menjadi olahan. Salah satunya Bandeng Presto yang dimasak menggunakan uap air. Menu ini menjadi favorit karena rasanya nendang dengan duri lunaknya.

3. Mangut Ndas Manyung

Mangut Ndas Manyung
Mangut Ndas Manyung, Kuliner Khas Pati via instagram/@movupgyo

Bukan hanya terkenal dengan Bandeng Presto-nya, Juwana Pati juga dikenal dengan kuliner Mangut Ndas Manyung atau Mangut Kepala Manyung. Seperti namanya, olahan ini berbahan dasar ikan Manyung yang dibumbu dengan rempah serta beberapa buah cabai. Bagi pecinta makanan pedas wajib mencoba Mangut Ndas Manyung khas Juwana Pati.

Nah, itulah rekomendasi kuliner khas Pati yang rasanya nendang di lidah. Tidak hanya wisatawan dari luar kota, tokoh nasional juga banyak yang memfavoritkan menu di sini. Seperti pelatih timnas Indonesia u-19, Indra Syafri menyukai nasi gandung. Ada juga Gubernur Jawa Tengah yang ketagihan dengan Mangut Ndas Manyung khas Juwana Pati. Bagaimana dengan Teman Traveler?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Kuliner Pati Pati
Share