5 Kuliner Legendaris Wajib Cicip Tahun 2020, Tetap Bertahan di Tengah Kafe Kekinian

Advertisement

Di tahun 2020, sudah pasti kafe kekinian menjadi lokasi yang paling banyak dikunjungi oleh kalangan milenial. Namun, siapa sangka, di balik kafe-kafe tersebut masih ada tempat makan dengan kuliner legendaris yang bertahan. Bisa dibilang, kuliner legendaris yang ada bisa menjadi rekomendasi wajib cicip di tahun 2020. Kalau kalian penasaran, bisa simak uraian di bawah ini. 

1. Tahu Talaga Bandung 

kuliner legendaris 2020
Tahu Talaga via instagram/tahutalaga

Tahu Talaga atau Yun Sen merupakan salah satu kuliner legendaris di Bandung yang wajib dicoba. Pabrik Tahu Talaga terletak di Jalan Sudirman 227, Bandung yang sudah ada sejak 1923. Cita rasa Tahu ini masih tetap sama dan memiliki rasa yang khas meskipun sudah dikelola selama puluhan tahun. 

Tahu Talaga terdiri dari berbagai jenis dan ukuran, di antaranya, tahu putih, tahu sutra, tahu pong, tahu kuning dan tahu tipis. Harga tahunya berkisar Rp3.000 hingga Rp5.000 untuk jenis tahu organik. Tempat makan ini buka mulai pukul 06.00 sampai 16.00. 

2. Lumpia Gang Lombok Semarang  

kuliner legendaris 2020
Lumpia Gang Lombok via instagram/javafoodie 

Berkunjung ke Semarang, kalian wajib mampir ke warung Lumpia yang berada di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kelebihannya tak hanya lezat, salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Lumpia Gang Lombok adalah aroma rebungnya yang tidak pesing dan langu

Di kedai Lumpia yang berlokasi di wilayah Pecinan Kota Semarang ini, tersedia dua macam Lumpia, yaitu versi basah dan goreng. Keduanya berukuran jumbo dengan isian yang begitu padat. Kalian bisa menikmatinya dengan harga Rp15.000 per lumpia. Lalu, untuk jam operasionalnya, toko ini buka dari jam 08.00 – 17.00. 

3. Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya 

kuliner legendaris 2020
Rujak Cingur Genteng Durasim via instagram/surabayafoodies

Rujak Cingur Durasim sudah berdiri sejak 1942. Jika bukan karena rasanya yang otentik, Rujak Cingur Durasim mungkin tidak bertahan lama di kancah belantara wisata kuliner di Surabaya. Rasa dari sambal bumbu kacang dan petis yang begitu khas dan terasa mantap menjadi salah satu alasan mengapa rujak cingur Durasim begitu melegenda di Surabaya.  

Salah satu yang menjadikan RujakCingur Durasim terkenal adalah cobek yang digunakan untuk mengolah sambal. Menurut pengelola, cobek tersebut sudah berusia 76 tahun, nyaris sama dengan usia berdirinya rujak cingur di Surabaya yang melegenda ini. Tertarik untuk mencicipinya? Datang saja ke Jl. Genteng Durasim No.29, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Buka setiap hari, pada pukul 10.30-17.30 dan harga dari Rujaknya adalah sekitar Rp25.000. 

4. Cungkring Pak Jumat Bogor 

Cungkring Pak Jumat via instagram/stanzazone 

Termasuk kuliner legendaris di Bogor, Cungkring Pak Jumat ini telah populer sejak tahun 1975 silam. Masih eksis hingga saat ini, Cungkring Pak Jumat tersebut biasanya dijajakan di Jalan Suryakencana No. 285, Bogor, Jawa Barat.

Bagi yang belum tahu, Cungkring merupakan potongan kikil kaki sapi yang direbus sampai teksturnya menjadi empuk. Setelah empuk, kikil kaki sapi tadi diolah dengan bumbu rempah yang lezat. Apabila Teman Traveler penasaran dengan kuliner satu ini, datanglah antara pukul 07.00 – 16.00 dan harga untuk seporsi Cungkring adalah sekitar Rp15.000. 

5. Rumah Makan Sinar Pagi Medan 

Soto di Rumah Makan Sinar Pagi via instagram/sasmitaedo

Selanjutnya, ada Rumah Makan Sinar Pagi Medan yang populer dengan sotonya sejak tahun 1961. Di sini wisatawan dapat merasakan soto dengan kuah kental dan kaya dengan rempah-rempah. Bahkan, rasa soto yang khas tersebut mampu membuat lidah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan artis-artis lainnya merasa dimanjakan. 

Untuk dapat menikmatinya, datanglah ke Jl. Sei Deli No. 2, Silalas, Medan Barat, Kota, Medan, Sumatera Utara. Rumah makan ini buka dari jam 07.00-15.00. 

Itulah beragam kuliner legendaris yang wajib kalian coba di tahun 2020 nanti. Rasanya sudah pasti tak kalah dengan makanan-makanan yang ada di resto kekinian. Kira-kira, Teman Traveler mau coba yang mana nih?

Advertisement
Tags
Bandung Bogor Indonesia Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur kuliner kuliner legendaris 2020 Medan semarang Sumatra Utara Surabaya
Share