Deretan Kuliner Pisang Cirebon, Banana Lover Jangan Ketinggalan

Advertisement

Kuliner berbahan dasar pisang belakangan ini tengah jadi tren. Variasinya banyak, mulai dari nugget pisang, pisang crispy, dan masih banyak lagi. Bagi mereka yang tinggal di wilayah sekitar Jawa Barat, ada sejumlah kuliner pisang Cirebon yang cukup menarik.

Seperti panganan kekinian pada umumnya, semua sajian berbahan dasar pisang tersebut tampil menggoda dengan sentuhan bahan modern. Tak heran jika makanan semacam ini lantas digemari para kawula muda. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan daftar kuliner pisang Cirebon yang cukup menarik dicoba.

1. The Bananini

Pisang rasa coklat di Bananini
Pisang rasa coklat di Bananini via Instagram thebananini

The Bananini adalah gerai yang menawarkan sajian pisang nugget dan pisang crispy. Mereka berjualan di Jl Bima, Kejaksaan. Pengunjung bisa memilih topping favorit sesuai selera, mulai dari milo, keju, green tea, ovomaltine, hingga dark chocolate.

Harganya juga tidak terlalu mahal, berkisar antara 12 hingga 15 ribu rupiah. Belakangan The Bananini mengeluarkan varian rasa baru, Blue Barley Mint. Penggemar cemilan pisang yang ingin merasakan sensasi rasa mint wajib mencobanya.

2. Pisang Pasironana

Pisang Pasir Onana
Pisang Pasir Onana via Instagram cirebonkuliner

Pisang Pasironana termasuk pendatang baru di sektor kuliner Cirebon. Dirintis sejak awal April, gerai yang buka di lantai 3 Cherbon Junction ini menawarkan sajian berbahan dasar pisang dengan ragam pilihan topping menggoda.

Hanya dengan merogoh kocek 12 ribu rupiah, pelanggan sudah bisa menebus satu porsi Pisang Pasironana lengkap dengan topping keju dan kelapa. Asyiknya lagi, kita juga diperbolehkan memilih beragam rasa seperti choco ori, choco banana, strawberry, red velvet, dan green tea.

3. Pisang Gober

Tampilan menggoda Pisang Gober
Tampilan menggoda Pisang Gober via Instagram pisang_gober

Pemilik Pisang Gober menyebut usahanya sebagai home industry. Mereka melayani pemesanan secara online, namun juga punya toko sendiri yang terletak di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Jl Raya Manislor. Sajian andalan Pisang Gober adalah pisang krispi yang hadir dalam berbagai varian rasa.

Pilihannya sangat beragam, mulai dari coklat lumer, green tea matcha, vanilla, taro, hingga alpukat apel. Masing-masing rasa ditawarkan dengan harga 20-25 ribu. Jika ingin menambah dengan varian rasa lain, cukup keluarkan kocek ekstra 5 ribu rupiah saja.

4. Pisang Gokil

Kemasan Pisang Gokil
Kemasan Pisang Gokil via Instagram pisang.gokil

Pisang Gokil mencoba memanjakan lidah pelanggannya dengan sajian pisang crispy. Namun berbeda dengan di tempat lainnya, gerai satu ini mengklaim pisang buatan mereka lumer begitu masuk mulut. Bayangkan betapa nikmatnya sensasi menyantap kuliner pisang Cirebon ini.

Buka di Jl Gunung Semeru, Pisang Gokil belum membuka toko dan hanya menerima pemesanan via online. Rasa yang ditawarkan pun cukup beragam, ada coklat, keju, green tea, serta stroberi. Tinggal pilih varian favorit dan pesanan akan segera diantar dengan menggunakan jasa ojek online.

5. Pisang Rakab

Pisang Rakab
Pisang Rakab via Instagram pisangrakab

Sesuai dengan namanya, hidangan andalan Pisang Rakab adalah pisang bakar yang diberi beragam toping. Pelanggan bisa bebas memilih sesuai selera; keju, messes, atau rainbow chip. Selain itu masih ada tambahan saus rasa tiramisu, coklat, dan juga vanila.

Satu porsi Pisang Rakab dibandrol dengan harga delapan ribu rupiah saja. Asyiknya, mereka tidak mengenakan biaya tambahan untuk ongkos kirim, jika pelanggan tinggal di sekitar daerah Talun.

Itulah tadi sekilas mengenai kelezatan dan keiistimewaan beberapa kuliner pisang Cirebon yang menarik dicoba. Bagi para banana lover yang kebetulan berada di sekitar Kota Udang atau malah tinggal di sana, tak ada salahnya menjajal salah satu sajian menggoda di atas.

Advertisement
Tags
Cirebon kuliner Wisata Kuliner
Share