Lembah Indah Malang, Sejak Perjalanan sampai Tempat Tujuan Disuguhkan Pesona Alam Luar Biasa

Advertisement

Kabupaten Malang dengan struktur geografisnya yang berbukit-bukit karena dikelilingi oleh banyak pegunungan, membuatnya memiliki pemandangan yang sangat indah. Nama Lembah Indah sudah banyak terdengar di kalangan pencari keindahan alam. Lembah ini berlokasi di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Daerah yang berada di lereng Gunung Kawi ini, memiliki panorama yang sangat indah dengan hijaunya sawah dan juga perkebunan sayur yang terhampar luas.

Lembah Indah (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk menuju ke Lembah Indah dari pusat Kota Malang, Teman Traveler membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit dengan menggunakan motor. Rute yang dilalui adalah Malang – Wagir – Ngajum. Jangan khawatir karena lewat Google Maps sudah bisa terlacak.

1. Medan yang Dilalui Cukup Sulit

Perjalanan menuju lokasi terbilang lumayan menantang, khususnya yang datang dari arah utara atau Wagir. Lain halnya kalau datang dari arah Kepanjen, kamu akan masuk melalui pintu utama dengan jalanan yang lumayan luas dan mobil pun bisa masuk.

Jalur yang cukup sulit (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sisi lain, walaupun perjalanan menuju lokasi Lembah Indah tergolong menantang dengan hanya melalui jalanan setapak yang sangat sempit di tepi jurang, tapi tentunya sangat seru kalau ke tempat ini menggunakan motor trail. Karena memang biasanya lokasi ini digunakan sebagai track motor trail.

Pemandangan indah ilalang dan perbukitan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jalanan tanah sempit yang harus dilalui menggunakan motor, terus berlanjut hingga ke bawah lokasi Lembah Indah. Tapi kamu akan tetap terhibur karena sepanjang perjalanan bakal dihadiahi pemandangan ilalang yang sangat indah di kiri kanan jalan. Tapi perlu hati-hati kalau lewat jalan ini saat musim hujan, karena pasti akan licin. Jadi, disarankan untuk membuka Google Maps dengan pengaturan perjalanan menggunakan mobil agar dituntun ke jalan yang lebih baik, walaupun jaraknya lebih jauh.

2. Pemandangan Luar Biasa dari Kejauhan

Lembah dengan latar belakang Gunung Kawi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Terlepas dari lama waktu perjalanan dan juga medan menantang yang bakal ditempuh, semua itu akan sangat pantas dilakukan untuk menikmati keindahan Lembah Indah yang selama ini tersembunyi. Dari kejauhan sebelum melalui rute turunan ke arah lembah, kamu bisa melihat hijauhnya lembah yang terhampar luas dengan Gunung Kawi yang menjulang Indah di sisi barat.

Hamparan persawahan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tidak cukup melihat hamparan lembah dengan latar Gunung Kawi saja, menengok ke sisi timur kita juga masih bisa melihat hamparan persawahan Lembah Indah dan menyambung dengan pemandangan dataran rendah Kabupaten Malang yang jelas terlihat dari kaki Gunung Kawi ini. Birunya langit juga membuat suasana semakin syahdu.

3. Cocok untuk Wisata Keluarga

Cocok untuk rekreasi keluarga (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Suasana sejuk yang dihadirkan tempat ini, khususnya di pagi dan sore hari, membuatnya sangat cocok untuk menjadi tempat wisata keluarga. Sambil melihat hamparan sawah hijau tentunya. Di sini, anak-anak juga bisa belajar tentang pertanian, karena banyak sekali tanaman-tanaman pertanian mulai dari sayuran hingga persawahan padi.

Bangunan bernuansa kayu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Beberapa fasilitas seperti rumah singgah ada di Lembah Indah ini. Rumah bernuansa kayu dengan 2 lantai ini, sangat cocok untuk disewa sebagai tempat berkumpul untuk mengadakan acara keluarga, atau juga acara bersama teman-teman kerja.

4. Infrastruktur Masih Terus Digarap

Pembangunan terus dilakukan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lembah Indah menjadi tempat yang sangat menarik, megah, dan juga tetap indah tentunya dengan hamparan kebun, hutan, dan juga sawah yang menghijau. Usaha menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata sangat terlihat dengan pembangunan infrastruktur yang ada di tempat ini. Mulai dari pembangunan jalan yang dicor, dinding beton yang menahan bukit dari longsor, hingga fasilitas umum seperti toilet dan juga bangunan musala berbentuk segi 8 yang terbuat dari kayu sudah berdiri di atas sisi jalanan.

Keindahan lembah yang dijaga (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jalanan cor yang dibangun pun mengikuti alur kontur tanah di lembah ini, menjadikannya berkelok-kelok indah dari atas hingga ke bawah dengan pemandangan hijaunya persawahan di sekelilingnya.

5. Menjadi Pusat Kegiatan Pertanian

Jadi pusat pertanian (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jika kita melihat lokasi Lembah Indah ini, arah pembangunan di area ini lebih difokuskan untuk menjadikan Lembah Indah ini sebagai destinasi wisata yang menitik beratkan pada pertanian. Hal itu sangat terlihat dengan adanya lokasi pembibitan tanaman sayur dan juga beberapa bunga. Lokasi pembibitan ini dibangun di area bawah Lembah Indah. Bangunan tempat pembibitan ini berupa gedung transparan sehingga sinar matahari masih bisa masuk.

Pesona Lembah Indah (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Buat kamu yang suka mencari destinai baru, tempat ini sangat cocok untuk didatangi. Tertarik untuk datang?

Advertisement
Tags
Lembah Indah Malang wisata alam malang wisata jawa timur Wisata Kabupaten Malang
Share