Ternyata Ada Negara yang Memiliki Libur Lebaran Terpanjang. Mana ya?

Advertisement

Momen lebaran memang sangat dinanti-nanti sebagai hari kemenangan setelah menjalani berpuasa selama bulan Ramadan. Akhirnya bisa pulang kampung dan bertemu dengan saudara jauh, juga keluarga besar yang datang dari segala penjuru Indonesia. Tak jarang, keluarga yang ada di luar negeri pun akan pulang ke tanah air.

Seperti biasa, akan ada libur bersama yang digunakan untuk merayakan Hari Raya umat muslim. Menjadi kejutan yang luar biasa bahwa di tahun ini, Presiden Jokowi memutuskan memberikan libur hingga hampir 2 minggu. Wah, selain mudik dan menyantap ketupat opor, ini menjadi kesempatan untuk melakukan traveling keluarga. Tak perlu menunggu cuti lagi, deh.

Hari Raya Idul Fitri
Hari Raya Idul Fitri [image source]
Ternyata, negara-negara lain juga memberlakukan libur Lebaran. Jumlah harinya sangat beragam, tergantung dengan pemerintah masing-masing. Di Indonesia, Idul Fitri ditetapkan dirayakan pada hari Minggu, tanggal 25 Juni 2017 kemarin. Pak Jokowi menambahkan Hari Jumat, 23 Juni 2017 sebagai cuti bersama yang tentu saja disambut warga Indonesia dengan suka cita karena total libur mencapai 10 hari.

Di sisi lain, Arab Saudi yang dikenal sebagai negara Islam terbesar memberlakukan libur Hari Raya Idul Fitri yang sangat panjang, yaitu dengan total 23 hari dimulai tanggal 16 Juni hingga 8 Juli 2017. Sedang, negara muslim lainnya seperti Uni Emirat Arab, Qatar dan Mesir hanya memberlakukan off day sekitar 5 sampai 9 hari saja. Dilansir dari Kompas.com, Indonesia ternyata termasuk negara dengan libur Lebaran terpanjang, lho.

Hari Raya Idul Fitri
Hari Raya Idul Fitri [image source]
Kita wajib bersyukur dengan banyaknya jumlah ‘tanggal merah’ yang bisa digunakan untuk silaturahmi atau liburan ke destinasi impian. Sebab banyak negara yang hanya memberi libur selama 3 hari, seperti Malaysia, Filipina, dan Pakistan. Baru mudik sebentar, sudah harus balik ke kota karena pekerjaan menanti. Jangankan sempat untuk berkunjung ke Wisata Lebaran Rekomendasi Joko Roro Malang, mampir kulineran dan mencicipi Rawon Kalkulator di Surabaya bisa jadi tak ada waktu.

Ilustrasi Silaturahmi saat Idul Fitri
Ilustrasi Silaturahmi saat Idul Fitri [image source]
Mumpung sisa waktu masih banyak sebelum tanggal 3 Juli 2017 mendatang dan harus kembali ke kantor, ada baiknya memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya dengan menjelajah kota asalmu. Yang mudik ke Bogor, jangan lupa mencoba Cungkring Suryakencana untuk sarapan pagi. Kalau kamu, sudah jalan-jalan ke mana saja, nih?

Advertisement
Tags
Arab Saudi liburan Luar negeri
Share