Yuk Main Air di Tempat Wisata Alam Sekitar Jogja yang Seru Ini

Advertisement

Menjelajahi Indonesia memang seakan tidak ada habisnya. Dari Papua, Lombok, Bali, Malang, juga Jogja. Bicara tentang Jogja, ternyata banyak juga wisata-wisata yang bisa kamu singgahi selain Malioboro atau wisata Gunung Merapi. Di Jogja juga terdapat beberapa tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu saat bepergian pada musim kemarau. Beberapa spot wisata ini bakal cocok banget untuk menghabiskan waktu liburan musim kemarau sambil bermain air.

Pantai Wediombo Gunung Kidul

Kolam alami di bebatuan bibir pantai Wediombo
Kolam alami di bebatuan bibir pantai Wediombo [image source]
Gunung Kidul, memang memiliki jajaran pantai yang tidak ada habisnya. Pantai Wediombo adalah salah satu dari sekian banyak pantai pada pesisir Gunung Kidul. Wediombo merupakan salah satu pantai yang memiliki wahana cukup lengkap. Dengan ombak yang cukup besar, tempat ini memenuhi kualifikasi untuk menjadi spot surfing. Jika pengunjung ingin snorkerling, pengunjung juga bisa menikmati keindahan terumbu karang yang berada sedikit menuju tengah laut. Tapi yang paling ramai didatangi pengunjung adalah sebuah laguna alami yang terdapat di batu-batuan di bibir pantai Wediombo.

Sunset juga bisa kamu nikmati di patai ini
Sunset juga bisa kamu nikmati di pantai ini [image source]

Air Terjun Lepo

Selain memiliki beberpat tingkatan, air di tempat ini juga berwarna hijau tosca
Selain memiliki beberpat tingkatan, air di tempat ini juga berwarna hijau tosca [image source]
Air Terjun Lepo adalah sebuah spot air terjun yang dikelilingi tebing batu kapur. Tidak seperti air terjun yang memiliki ketinggian luar biasa, Air terjun Lepo tergolong memiliki arus yang sedikit santai. Spot ini memiliki tiga tingkatan air terjun. Masing-masing memiliki kolam yang tidak terlalu dalam dan memiliki air berwarna toska. Air terjun mungil dengan keindahan yang luar biasa ini bertempat di Dlingo, Bantul. Dari kota untuk menuju tempat ini hanya diperlukan sekitar 90 menit perjalanan. Setelah itu, Voila, surga kecil nan indah ini akan menyambut kedatanganmu.

Karena air tidak terlalu deras, pengunjung bisa bersantai di kolam tempat ini
Karena air tidak terlalu deras, pengunjung bisa bersantai di kolam tempat ini [image source]

Kalisuci, Gunung Kidul

Salah satu keseruan yang dapat ditemukan dalam perjalanan cave tubing
Salah satu keseruan yang dapat ditemukan dalam perjalanan cave tubing [image source]
Kalisuci adalah sebuah rute sungai yang mengalir di Gunung Kidul. Aliran sungai ini memiliki dua tipe, yaitu sungai terbuka dan aliran sungai yang melewati gua Gelatik dan gua Grubuk. Keseruan yang bisa dilakukan di aliran sungai ini adalah, kamu dapat melakukan cave tubing bersama teman-temen. Sekaligus merasakan sensasi menyusuri gua dengan menggunakan ban pada aliran sungai bawah tanah. Selama satu jam, kamu akan bertualang melewati gua-gua sempit namun memiliki langit-langit yang tinggi. Tentunya, kamu juga dapat menikmati keindahan air yang berwarna biru.

Jalur yang akan dilewati saat Cave Tubing
Jalur yang akan dilewati saat Cave Tubing [image source]

Air Terjun Kedung Pedut

Pemandangan kolam dan air terjun kedung pedut dari atas
Pemandangan kolam dan air terjun kedung pedut dari atas [image source]
Kulonprogo memang banyak menyimpan tempat-tempat cantik dan mempesona untuk dikunjungi. Seperti air terjun Kedung Pedut yang terletak pada Kecamatan Girimulyo. Keunikan air terjun ini adalah dua warna yang dimilikinya, hijau tosca dan putih jernih. Air yang masih berwarna putih jernih, menandakan bahwa lingkungan ini memang benar-benar dijaga kebersihannya oleh warga setempat. Kemudian warna hijau tosca berasal dari bebatuan gamping di dasarnya. Mengingat tempat ini juga masih masuk dalam kawasan karst, kamu harus berjalanan setidaknya lima belas menit dari tempat parkir kendaraan.

jernihnya air yang ada di air terjun kedung pedut
Jernihnya air yang ada di air terjun kedung pedut

Wisata air mana yang akan kamu jadikan destinasi? Daripada bingung, singgah aja ke empat tempat di atas. Cocok banget kan buat musim kemarau seperti ini.

Advertisement
Tags
Indonesia Wisata Air Yogyakarta
Share